Roboguru

Ketika mendengar bunyi harimau mengaum, mereka serentak berhenti bekerja. Wak Katok menghentikan pisaunya sekaligus melepaskan kulit rusa dari badannya dan yang lain duduk atau berdiri kaku. Latar (suasana) kutipan cerita tersebut adalah ....

Pertanyaan

Ketika mendengar bunyi harimau mengaum, mereka serentak berhenti bekerja. Wak Katok menghentikan pisaunya sekaligus melepaskan kulit rusa dari badannya dan yang lain duduk atau berdiri kaku.


Latar (suasana) kutipan cerita tersebut adalah ....space 

  1. gembiraspace 

  2. bahagiaspace 

  3. dukacitaspace 

  4. menegangkanspace 

Pembahasan Soal:

Cerpen merupakan sebuah cerita yang tidak benar-benar terjadi pada dunia nyata dan ceritanya singkat dan pendek. Cerpen merupakan suatu tulisan yang tidak terlalu panjang yang berisi kisah tunggal. Latar suasana pada cerpen berkaitan dengan perasaan atau suasana kejadian peristiwa dalam cerpen itu terjadi.

Pada cerita di atas, digambarkan latar suasana menegangkan. Pernyataan diperkuan dengan kalimat Wak Katok menghentikan pisaunya sekaligus melepaskan kulit rusa dari badannya dan yang lain duduk atau berdiri kaku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bukti bahwa latar waktu kutipan tersebut pada siang hari ditunjukkan pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.

Latar waktu merupakan waktu berlangsungnya suatu peristiwa. Latar waktu terbagi atas dua jenis, yaitu latar eksplisit dan juga latar implisit.

Pada kutipan cerpen terdapat kalimat, “Saat pulang sekolah, ia mendapat tawaran dari pamannya Abdulmanam, untuk bersekolah di Jakarta.” Saat pulang sekolah menyatakan bahwa cerpen tersebut memiliki latar di siang hari.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Bacalah teks cerita pendek di bawah ini! Candi Prambanan     Konon, tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka. Beliau bertakhta di Prambanan. Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan be...

Pembahasan Soal:

a. Bandung Bandowoso dan Roro Jonggrang

b. Cerita itu berlangsung pada zaman dahulu, setelah Raja Pengging mengalahkan Prabu Baka, sedangkan tempat terjadinya peristiwa tersebut adalah di Istana Prambanan

c. Cerita itu berlangsung pada pagi dan malam hari.

    "Semuanya harus selesai dalam waktu semalam..."

    "Sesudah pukul empat pagi hanya tinggal lima buah candi yang harus disiapkan."

d. Peristiwa gagalnya Bandung Bandowoso untuk mempersunting Roro Jonggrang karena tidak berhasil membuat seribu candi dalam satu malam.

e. Tokoh dalam cerita tersebut memiliki karakter yang kuat. Bandung Bondowoso digambarkan sebagai laki-laki yang kuat dan bertekad besar, tetapi juga pendendam. Sementara itu, Roro Jonggrang digambarkan sebagai perempuan lemah lembut yang tidak mau menyakiti perasaan orang lain dan cerdik.

f. Tokoh utama cerita tersebut adalah Bandung Bondowoso, sedangkan tokoh pendukungnya adalah Roro Jonggrang, Raja Pengging, Prabu Baka, dan perempuan di sekitar Prambanan.

g. Cerita tersebut berakhir dengan Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca dan perempuan di sekitar Prambanan menjadi prawan tua.

h. Bagian orientasi terletak pada paragraf 1.

i. Bagian komplikasi terletak pada paragraf 2.

j. Bagian resolusi terletak pada paragraf 4. 

Jadi, itulah jawaban dari soal-soal tersebut.

0

Roboguru

Latar kutipan cerpen tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Indikasi siang hari dapat dilihat melalui kalimat “Matahari semakin terik”. Dapat disimpulkan, hari sudah siang. Sementara itu, kalimat “Mereka berjalan ke luar kelas” mengindikasikan bahwa mereka sedang berada di dalam kelas.

 

0

Roboguru

Bukti bahwa latar waktu kutipan tersebut pada siang hari ditunjukan pada nomor ...

Pembahasan Soal:

Latar adalah gambaran situasi mengenai peristiwa yang terjadi dalam sebuah cerita. Latar waktu berkenaan dengan kapan perisitiwa dalam cerita itu terjadi. Latar waktu dalam teks di atas dapat dilihat pada kalimat Saat pulang sekolah ia mendapat tawaran dari pamannya Abdulmanam. Frasa saat pulang sekolah menggambarkan bahwa latar waktu dalam kutipan teks di atas terjadi saat siang hari.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan B.space 

0

Roboguru

Perbedaan karakteristik kedua kutipan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Cerita fiksi adalah cerita khayalan yang tidak terjadi sebenarnya. Cerita fiksi dibuat berdasarkan pada imajinasi dan kreativitas dari si penulis cerita. Karya sastra ini biasanya menggambarkan kejadian atau pengalaman seseorang, atau sejarah yang dibumbui dengan imajinasi dari penulis.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan tersebut adalah kutipan 1 bercerita seputar istana sentris yang berkisah di kerajaan. Hal itu dapat dilihat dari kutipan berikut.

Dengan kesaktiannya diciptakannya kembali Kerajaan Puspa Sari dengan segala perlengkapannya seperti dahulu kala. Usaha penjualan tiket pesawat pun kulakoni hingga membuahkan beberapa kantor cabang di berbagai kota negeri ini.

Sementara itu, kutipan 2 seputar masyarakat sentris karena berkisah tentang kehidupan sosial masyarakat saat ini. Hal itu dapat dilihat dari kutipan berikut.

Jaringan konsumen luas semakin membuka peluang untuk berkiprah di bidang lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved