Roboguru

Ketika individu atau keluarga tidak bisa memenuhi kebutuhan minimum untuk makanan dan tempat tinggal dapat dikategorikan sebagai kemiskinan . . ..

Pertanyaan

Ketika individu atau keluarga tidak bisa memenuhi kebutuhan minimum untuk makanan dan tempat tinggal dapat dikategorikan sebagai kemiskinan . . ..space 

  1. musiman space 

  2. siklus space 

  3. absolutspace 

  4. relatif space 

  5. friksional space 

Pembahasan Soal:

Pengangguran dapat dikelompokkan menjadi beberapa jika dilihat berdasarkan sifat atau penyebab mengapa dia bisa menganggur, berikut ini adalah pengelompokkannya.

Pengangguran berdasarkan penyebabnya. 

  1. Pengangguran Struktural/absolut : Perkembangan ekonomi dan kebutuhan manusia biasanya diikuti oleh perubahan struktur serta corak ekonomi. Biasanya perubahan ini memerlukan keterampilan-keterampilan baru untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Pengangguran jenis ini terjadi ketika para tenaga kerja tidak dapat mengikuti keterampilan yang diminta karena adanya perubahan struktur ekonomi. Karena itu disebut dengan pengangguran struktural.
  2. Pengangguran Konjungtur: Pengangguran konjungtur adalah pengangguran yang terkena dampak perubahan dalam perekonomian, utamanya adalah dampak dari permintaan-penawaran terhadap suatu barang. Mereka adalah pekerja yang harus dikurangi pada saat produksi menurun karena berkurangnya permintaan, hal ini dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar.
  3. Pengangguran Friksional: Pengangguran ini terjadi karena adanya sebuah kesulitan, yaitu mempertemukan pencari kerja dengan lowongan pekerjaan. Hal ini terjadi karena banyak hal, tetapi biasanya letak geografis dan kekurangan informasi menjadi penyebab utamanya. Selain itu, pencari kerja yang berhenti karena mencari kesempatan yang lebih baik juga termasuk dalam golongan ini.
  4. Pengangguran Musiman: Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan musim. Misalnya petani, mereka hanya akan bekerja pada saat musim tanam dan musim panen, tetapi setelah itu mereka akan menganggur, inilah yang disebut pengangguran musiman.
  5. Pengangguran Teknologi: Pengangguran ini terjadi karena bidang-bidang produksi yang dulunya dikerjakan dengan tenaga manusia, sekarang bisa menjadi lebih mudah jika dikerjakan dengan teknologi. Hal inilah yang membuat posisi manusia tergusur dan digantikan oleh mesin.
  6. Pengangguran Voluntary: Pengangguran ini agak lucu sebenarnya, golongan ini adalah orang-orang yang menganggur dengan sukarela, mereka sebenarnya bisa mendapatkan kerja, tetapi tidak mau/sukarela tidak bekerja. Biasanya hal ini terjadi karena orang tersebut dapat warisan atau faktor lain yang menyebabkan dia tidak perlu bekerja (kaya mendadak).

Jadi, jawabannya adalah C absolutspace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Permasalahan sosial yang dihadapi oleh banyak warga yang mampu negara berkembang adalah kemiskinan: Secara  sosioekonomi, ada dua bentuk kemiskinan. Jelaskan !

0

Roboguru

Mengapa orang-orang yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tidak dapat dikategorikan sebagai kemiskinan absolut?

0

Roboguru

Seseorang yang memiliki taraf hidup di bawah standar, maka disebut miskin. Namun jika seseorang yang berada di atas standar dapat dikatakan tidak miskin. Ukuran kemiskinan tersebut dilihat secara ….

0

Roboguru

Seorang individu memiliki pendapatan yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup  dasar, seperti makanan dan pakaian. Kondisi ini menggambarkan bentuk kemiskinan ...

0

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud dengan kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif!

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved