Roboguru

Ketika bumi berotasi dan berevolusi terhadap matahari, semua permukaan bumi mengalami perubahan sebagai akibat dari dua gerakan bumi tersebut. Bagaimana dampak rotasi dan revolusi bumi terhadap keadaan di Indonesia?

Pertanyaan

Ketika bumi berotasi dan berevolusi terhadap matahari, semua permukaan bumi mengalami perubahan sebagai akibat dari dua gerakan bumi tersebut. Bagaimana dampak rotasi dan revolusi bumi terhadap keadaan di Indonesia?

  1. Kelembapan udara tinggi, angin berubah setiap musim dan topografi bervariatif

  2. Penyinaran sepanjang tahun, temperatur udara stabil, dan topografi bervariatif

  3. Tekanan udara tinggi, angin berbalik arah di khatulistiwa, dan topografi berbukit

  4. Curah hujan tinggi, tekanan udara tinggi, dan topografi datar

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Secara umum gerakan planet bumi terbagi menjadi:

  • Revolusi Bumi adalah gerakan bumi mengitari Matahari, yang berlangsung selama periode 1 tahun penuh sampai kembali ke titik awalnya.
  • Rotasi Bumi adalah gerakan bumi berputar pada porosnya, dari arah barat ke timur, dan memerlukan periode waktu selama kurang lebih 24 jam.

Dampak rotasi dan revolusi bagi Indonesia yaitu membuat Indonesia memiliki iklim tropis,  yang menjadikan Indonesia  memiliki 2 musim yaitu musim penghujan dan kemarau. Dengan adanya ke dua musim ini membuat Indonesia mendapatkan penyinaran cahaya matahari sepanjang tahun dan Indonesia memiliki curah hujan yang cenderung tinggi,adanya curah hujan yang tinggi membuat kelembaban udara di Indonesiapun menjadi tinggi. Temen temen adanya musim penghujan dan musim kemarau ini disebabkan oleh adanya angin muson yang bertiup setiap setengah tahun sekali di Indonesia, yaitu  angin muson barat dan angin muson timur. Dimana angin musim barat ini merupakan angin yang terjadi pada bulan oktober-April dan angin ini membawa banyak uap air sehingga indonesia akan mengalami musim penghujan.Sedangkan angin musim  timur adalah angin yang terjadi pada bulan april-oktober dan  membawa sedikit uap air sehingga indonesia mengalami musim kemarau. Nah dengan  adanya ke dua musim tersebut secara bergantian yaitu kemarau dan penghujan secara silih berganti membuat topografi Indonesia menjadi bervariatif. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan adanya rotasi dan revolusi bagi indonesia membuat indonesia mempunyai kelembapan udara tinggi, mempunyai angin berubah setiap musim dan mempunyai topografi bervariatif

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Amatilah gambar di bawah ini! Tulis sebanyak mungkin apa saja yang kalian lihat pada gambar tersebut.

Pembahasan Soal:

Peredaran bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah barat ke timur disebut dengan rotasi bumi. Lama proses peredaran bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Kala rotasi dikenal dengan satu hari. Akibat dari rotasi bumi adalah sebagai berikut.

  • Terjadinya Siang dan Malam, rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lagi membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari mengalami waktu siang; bagian yang membelakangi matahari mengalami waktu malam.
  • Gerak Semu Harian Matahari, matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet di dalam orbitnya, termasuk bumi. Peristiwa itu disebut gerak semu harian matahari. Pergerakan semu harian matahari disebabkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seolah-olah mengelilingi bumi. Matahari merupakan bintang yang menghasilkan energi atau cahaya sendiri. Matahari bergerak mengelilingi sebuah lubang hitam yang berada di pusat galaksi Bima Sakti.
  • Perbedaan Waktu, rotasi bumi berpengaruh pada perbedaan waktu di bagian-bagian bumi. Terdapat 24 daerah waktu yang ada di bumi. Pusat waktu berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰. Setiap selisih bujur 15⁰, perbedaan waktu mengalami selisih satu jam. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari Greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lambat.
  • Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi, rotasi bumi mengakibatkan gerakan yang arahnya menjauhi pusat. Akibatnya, bumi menjadi tidak bulat sempurna. Ada bentuk tidak baku di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa, sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter khatulistiwa. Hal ini berakibat pada percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.
  • Pembelokan Arah Arus Laut, angin mengakibatkan terjadinya arus laut. Pada belahan bumi selatan, arah arus laut berbelok searah perputaran jarum jam. Pada belahan bumi bagian utara, arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Gerak pembelokan arah angin dan pembelokan arus laut disebut efek Coriolis.space 

0

Roboguru

Indonesia memiliki tiga pembagian waktu, yaitu WIB, WITA, dan WIT. Hal ini terjadi karena adanya peristiwa alam, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Perbedaan waktu tidak terlepas dari zona waktu. Perbedaan setiap 15° garis bujur akan memiliki perbedaan waktu 1 jam.  Zona waktu di dunia ditetapkan berdasarkan hubungan antara garis bujur, rotasi bumi, dan waktu. Rotasi Bumi membuat kota yang terletak di posisi yang lebih ke timur mengalami siang yang lebih cepat daripada kota yang terletak di posisi yang lebih barat. Perbedaan ini dipengaruhi oleh posisi suatu tempat pada garis bujur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Planet Bumi memiliki gerakan berputar pada porosnya yang dalam sekali putaran membutuhkan waktu ….

Pembahasan Soal:

Bumi memiliki gerakan berputar pada porosnya yang disebut sebagai rotasi. Untuk menyelesaikan satu kali rotasi, Bumi membutuhkan waktu selama 24 jam. Sumbu rotasi Bumi juga tidak lurus, akan tetapi miring sebesar 23,5 derajat terhadap garis yang tegak lurus ekliptika atau orbit Bumi mengitari matahari.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Pengamat di belahan Bumi selatan dapat mengamati bintang-bintang yang berada di selatan ekuator langit mulai dari terbit hingga terbenam selama lebih dari 12 jam. Peristiwa ini hanya terjadi pada ....

Pembahasan Soal:

Pengamatan bintang selama lebih dari 12 jam hanya terjadi jika malam lebih panjang dari siang. Situasi ini terjadi ketika daerah selatan mengalami musim dingin.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Pada bulan Desember, belahan bumi selatan berdekatan dengan matahari, sedangkan belahan bumi utara berjauhan dengan matahari. Hal ini menyebabkan….

Pembahasan Soal:

Pada bulan Desember, matahari berada di atas garis lintang selatan. Belahan bumi selatan mengalami siang yang lebih panjang. Sebaliknya, belahan bumi utara mengalami siang yang lebih pendek. Oleh sebab itu, belahan bumi selatan mengalami musim panas, sedangkan belahan bumi utara mengalami musim dingin.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved