Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketika bekerja sebagai seorang pegawai, Dedi bergaul erat dengan teman-temannya. Namun kini ia berperilaku berbeda karena telah menjadi pejabat penting di Pemkot daerahnya. kasus tersebut berdampak negatif bagi hubungan pertemanan karena .....

Ketika bekerja sebagai seorang pegawai, Dedi bergaul erat dengan teman-temannya. Namun kini ia berperilaku berbeda karena telah menjadi pejabat penting di Pemkot daerahnya. kasus tersebut berdampak negatif bagi hubungan pertemanan karena .....

  1. perbedaan status dan peran sosial

  2. berkurangnya solidaritas sosial

  3. menimbulkan kesalahpahaman

  4. terjadinya potensi menyimpang

     

  5. menimbulkan perubahan sosial

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Status dan peran merupakan dua konsep yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Status merupakan kedudukan seseorang dalam masyarakat, sedangkan peran adalah hak/kewajiban terhadap status yang dimilikinya. Hal tersebut tercermin dalam soal bahwa perubahan status yang dialami oleh orang tersebut menyebabkan perubahan peran yang dilakukannya. Karena antara dedi dan teman-temannya sudah terjadi status yang berbeda sehingga perannya pun juga berbeda. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Berkurangnya soslidaritas kurang tepat karena di soal terdapat konsep antara status dan peran sehingga hal ini kurang tepat. Menimbulkan kesalahpahaman merupakan dampak dari ketidakjelasan informasi yang disampaikan Terjadinya potensi menyimpang tidak tepat karena terlalu luas dari ilustrasi soal. Menyimpang berarti tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma masyarakat. Menimbulkan perubahan sosial merupakan sesuatu yang terlalu luas untuk mengkaji ilustrasi dalam soal karena di soal hanya membahas tentang hubungan pertemanan.

Status dan peran merupakan dua konsep yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Status merupakan kedudukan seseorang dalam masyarakat, sedangkan peran adalah hak/kewajiban terhadap status yang dimilikinya. Hal tersebut tercermin dalam soal bahwa perubahan status yang dialami oleh orang tersebut menyebabkan perubahan peran yang dilakukannya. Karena antara dedi dan teman-temannya sudah terjadi status yang berbeda sehingga perannya pun juga berbeda.
Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:
  • Berkurangnya soslidaritas kurang tepat karena di soal terdapat konsep antara status dan peran sehingga hal ini kurang tepat.
  • Menimbulkan kesalahpahaman merupakan dampak dari ketidakjelasan informasi yang disampaikan
  • Terjadinya potensi menyimpang tidak tepat karena terlalu luas dari ilustrasi soal. Menyimpang berarti tindakan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan norma masyarakat.
  • Menimbulkan perubahan sosial merupakan sesuatu yang terlalu luas untuk mengkaji ilustrasi dalam soal karena di soal hanya membahas tentang hubungan pertemanan.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

29

Muhammad Ananda Pratama

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jabatan sebagai kepala direksi suatu perusahaan lebih dihormati di lingkungan kerja karena bertugas menentukan strategi pelaksanaan. Sementara itu, seorang karyawan dinilai lebih rendah karena hanya b...

78

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia