Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketika akan mengumpulkan data penelitian, peneliti menemukan populasi yang tersebar luas di berbagai daerah. Untuk memudahkan dalam pengumpulan data, maka ia mengambil sample secara ....

Ketika akan mengumpulkan data penelitian, peneliti menemukan populasi yang tersebar luas di berbagai daerah. Untuk memudahkan dalam pengumpulan data, maka ia mengambil sample secara ....

  1. area sampling

  2. cluster sampling

  3. stratified sampling

  4. purposive sampling

  5. quote sampling

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ketika mengumpulkan data penelitian, peneliti dihadapkan dengan populasi yang tersebar luas di berbagai daerah. Pengambilan sampel yang paling cocok dengan kondisi ini adalah dengan area sampling (B). Area sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah. Adapun teknik pengambilan sampel yang terdapat pada pilihan jawaban lain, yaitu: Stratified sampling adalah c ara mengambil sampel dengan memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi penelitian. Cluster sampling adalah teknik yang digunakan apabila populasi tidak terdiri kelompok-kelompok individu atau cluster . Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Quota sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sampel dari populasi (khususnya yang tidak terhingga atau tidak jelas), kemudian dengan patokan jumlah tersebut peneliti mengambil sampel secara acak asal memenuhi persyaratan sebagai sampel dari populasi tersebut.

Ketika mengumpulkan data penelitian, peneliti dihadapkan dengan populasi yang tersebar luas di berbagai daerah. Pengambilan sampel yang paling cocok dengan kondisi ini adalah dengan area sampling (B). Area sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah.

Adapun teknik pengambilan sampel yang terdapat pada pilihan jawaban lain, yaitu:

  • Stratified sampling adalah cara mengambil sampel dengan memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi penelitian.
  • Cluster sampling adalah teknik yang digunakan apabila populasi tidak terdiri kelompok-kelompok individu atau cluster.
  • Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian.
  • Quota sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sampel dari populasi (khususnya yang tidak terhingga atau tidak jelas), kemudian dengan patokan jumlah tersebut peneliti mengambil sampel secara acak asal memenuhi persyaratan sebagai sampel dari populasi tersebut.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara menentukan sampel proporsi? Jelaskan.

67

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia