Roboguru

Kesultanan berikut yang ada di Kalimantan Timur adalah ...

Pertanyaan

Kesultanan berikut yang ada di Kalimantan Timur adalah ...

  1. Banjar

  2. Pontianak

  3. Kotawaringin

  4. Kutai Kertanegara

  5. Makassar

Pembahasan Soal:

Kesultanan Islam yang ada di Kalimantan Timur, adalah Kutai Kartanegara, tepatnya berlokasi di Tepian Batu, Kutai Lama (kini termasuk wilayah Anggana, Kabupaten Kuta Kartanegara, Kalimantan Timur). 
Kesultanan Kutai Kartanegara berbeda dengan Kerajaan Kutai Martadipura yang seringkali dikenal dengan kerajaan Hindu tertua di Nusantara. Dari segi periodisasi, Kutai Martadipura telah ada sejak abad ke-5 masehi, sementara Kutai Kartanegara mulai eksis pada abad ke-14 masehi. Kutai Kartanegara mulai menjadi kerajaan Islam pada tahun 1575 masehi, dengan sultan pertamanya adalah Aji Raja Mahkota Mulia Alam. 
Pada perkembangan kemudian, Kesultanan Kutai Kartanegara memperluas wilayahnya hingga mampu menguasai Kutai Martadipura dan menjadi satu pemerintahan, sehingga sejak tahun 1635 masehi, nama Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martapura mulai muncul. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang Perjanjian Bongaya di Sulawesi!

Pembahasan Soal:

Perjanjian Bongaya disahkan pada tanggal 18 November 1667 oleh Sultan Hasanuddin yang merupakan raja dari Kerajaan Gowa pada masa itu. Perjanjian ini berisi hubungan yang mengatur antara Kerajaan Gowa dan VOC. Namun perjanjian ini diambil dalam keadaan Kerajaan Gowa yang sedang terdesak oleh VOC sehingga Sultan Hasanuddin tidak ingin mengambil risiko besar untuk mengorbankan banyak pasukannya. Ketika perjanjian itu telah disahkan ternyata isi dari perjanjian tersebut lebih banyak menimbulkan kerugian bagi Kerajaan Gowa.

Maka makna yang bisa kita pelajari dari Perjanjian Bongaya adalah dalam situasi apapun kita harus dapat berpikir secara matang sehingga dapat mengambil keputusan yang bijak untuk meminimalisir adanya dampak besar yang merugikan bagi orang banyak dan diri sendiri. space 

2

Roboguru

Jelaskan proses Islamisasi di Maluku!

Pembahasan Soal:

Proses Islamisasi di Maluku terjadi sekitar abad ke-13, pada tahun 1465 seorang pedagang dari Gresik Datu Hussein Maulan datang ke Ternate. Selain seorang pedagang ia juga seorang muballigh dengan pengetahuan Islam yang cukup luas. Dalam proses penyebaran Islam ia berhasil menjalin hubungan dengan Kerajaan Ternate dan membuat seorang penerus kekuasaan Kerajaan Ternate Zainal Abidin berguru kepadanya. Selain itu ZainaL Abidin juga berguru agama Islam ke Sunan Giri.

Sehingga ketika Zainal Abidin diangkat menjadi seorang raja, ia membuat banyak perubahan mengenai sistem kehidupan di Ternate, seperti merubah gelar raja yang tadinya Kolano menjadi Sultan, Kerajaan menjadi Kesultanan, serta menempatkan agama Islam di posisi yang penting pada sistem pemerintahannya. Penyebaran Islam di Maluku melalui jalur perdamaian sehingga tidak ada konflik yang terjadi. undefined 

0

Roboguru

Ceritakan secara singkat tentang Sultan Baabullah!

Pembahasan Soal:

Sultan Baabullah merupakan seorang Sultan dari Ternate, ia menggantikan ayahnya Sultan Khairun Jamilu. Sejak muda Sultan Baabullah sudah memiliki jiwa kepemimpinan yang berani, dimana ia bergabung ke pasukan Ternate serta menjabat Kapita Laut, jabatan militer tertinggi di struktur Kesultanan Ternate. Ketika Sultan Baabullah diangkat menjadi Sultan tindakan pertama yang ia lakukan yaitu mengusut kematian ayahnya yang dibunuh oleh pihak Portugis.

Pada masa kepemimpinan Sultan Baabullah, Kesultanan Ternate semakin meluas. Terbukti dengan 72 wilayah kerajaan yang berada di bawah pengaruh Kesultanan Ternate. Kehebatan dari Sultan Baabullah juga terlihat ketika ia berhasil mengusir bangsa Portugis dari Ternate tepatnya pada tahun 1575. Selain mengurusi pemerintahan,  Sultan Baabullah juga turut serta dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Ternate. space 

 

1

Roboguru

Kesulatanan berikut yang ada di Kalimantan Timur adalah....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai Kartanegara yang kemudian menjadi Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura berdiri pada awal abad ke-13 di daerah yang bernama Tepian Batu atau Kutai Lama (kini menjadi sebuah desa di wilayah Kecamatan Anggana) dengan rajanya yang pertama yakni Aji Batara Agung Dewa Sakti (1300-1325). Kerajaan ini disebut dengan nama Kerajaan Tanjung Kute dalam Kakawin Nagarakretagama, yaitu salah satu daerah taklukan di Pulau Kalimantan oleh Patih Gajah Mada dari Majapahit. Berdiri pada awal abad ke-13 di daerah yang bernama Tepian Batu atau Kutai Lama (kini menjadi sebuah desa di wilayah Kecamatan Anggana) dengan rajanya yang pertama yakni Aji Batara Agung Dewa Sakti (1300-1325). Kerajaan ini disebut dengan nama Kerajaan Tanjung Kute dalam Kakawin Nagarakretagama, yaitu salah satu daerah taklukan di Pulau Tanjungnagara oleh Patih Gajah Mada dari Majapahit.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan bukti bahwa Islam masuk kedalam Kerajaan Pontianak!

Pembahasan Soal:

Kesultanan Kadriah Pontianak didirikan pada tahun 1771 oleh penjelajah dari Arab Hadramaut yang dipimpin oleh al-Sayyid Syarif 'Abdurrahman al-Kadrie. Ia melakukan dua pernikahan politik di Kalimantan, pertama dengan putri dari Panembahan Mempawah dan kedua dengan putri Kesultanan Banjarmasin (Ratu Syarif Abdul Rahman, puteri dari Sultan Sepuh Tamjidullah I).Setelah mereka mendapatkan tempat di Pontianak, kemudian mendirikan Istana Kadariah dan mendapatkan pengesahan sebagai Sultan Pontianak dari Belanda pada tahun 1779. Bukti dari eksistensi Kerajaan Pontianak adalah Keraton Kadriyah, Masjid Agung Pontianak, dan Makam Batu Layang. 

Dengan demikian, bukti peninggalan Kesultanan Pontianak adalah Keraton Kadriyah, Masjid Agung Pontianak, dan Makam Batu Layang. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved