Kesimpulan teks diskusi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Bacalah teks narasi berikut.

Penggunaan Telepon Seluler di Sekolah 

    Di Sekarang ini, banyak siswa dan para guru SMP/SMA yang membawa dan menggunakan telepon seluler di sekolah. Bagi para orang tua, penggunaan telepon seluler oleh anak-anaknya di sekolah dirasa sangat penting agar dapat memonitor keberadaan anak-anaknya di sekolah. Namun, di satu sisi, penggunaan telepon seluler dapat menimbulkan gangguan baru, yakni membuat para siswa sibuk sendiri dengan urusannya tanpa memperhatikan pelajaran di dalam kelas.· 

    Penggunaan telepon seluler di sekolah, baik bagi para siswa maupun bagi para guru menimbulkan pro dan kontra dari semua kalangan, khususnya kalangan pendidik. Pro dan kontra penggunaan telepon seluler di sekolah pun masih terjadi hingga saat ini.

    Muncul pertanyaan yang serius, yakni apakah seorang siswa dan seorang guru diperbolehkan menggunakan telepon seluler atau tidak di dalam kelas. Pihak yang pro berpendapat bahwa penggunaan telepon seluler di kelas dibutuhkan oleh siswa dan guru karena banyak hal baik yang bisa dilakukan melalui penggunaan telepon seluler di kelas, misalnya untuk menambah ilmu, mencari informasi terkait materi pelajaran yang sedang diajarkan, ataupun untuk berkomunikasi.

    Tak sedikit pula pendidik yang telah menolak penggunaan telepon seluler di kelas. Pihak yang kontra terhadap penggunaan·telepon seluler di kelas berpendapat bahwa adanya telepon seluler membuat proses pembelajaran terganggu dan membuat konsentrasi siswa terbagi-bagi ke berbagai persoalan selain pelajaran. Pada saat itu, yang terpikir adalah apa yang terjadi apabila para siswa dan guru menggunakan telepon seluler selama jam pelajaran? Tentu, suasananya akan menjadi sangat tidak baik apabila kita membayangkan ketika guru sedang membahas sebuah topik, misalnya di depan kelas, lalu terlihat para siswa mengambil telepon selulernya tanpa memperhatikan apa yang diajarkan guru di depan kelas. Sebaliknya, ketika para siswa sedang sibuk memperhatikan pelajaran, seorang guru mengambil telepon seluler di sakunya dan sibuk berbicara dengan koleganya tanpa menghiraukan para siswa yang sedang menatapnya dengan perhatian.

    Keadaan seperti itulah yang kemudian membuat banyak pendidik di sekolah memutuskan bahwa penggunaan telepon seluler apa pun bentuknya, baik untuk berbicara maupun untuk memberikan pesan selama pelajaran sedang berlangsung di kelas tetap dilarang. Keputusan itu berlaku, baik untuk para siswa maupun untuk para guru.

    Perlu diakui bahwa telepon seluler merupakan sebuah teknologi yang patut diterima oleh semua kalangan. Hanya, penggunaannya perlu memperhitungkan situasi, kondisi, dan waktu. Para siswa dan para guru bisa membawa telepon seluler ke sekolah, tetapi mereka harus mematikan/ menonaktifkannya ketika di dalam kelas saat pelajaran sedang berlangsung dengan maksud agar norma-norma di dalam kelas tidak terganggu oleh aktivitas penggunaan telepon seluler. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan telepon seluler oleh para siswa dan para guru masih bisa ditoleransi dan diperbolehkan apabila terjadi di luar jam pelajaran di kelas. 

(Diolah dari berbagai sumber) space 

Kesimpulan teks diskusi tersebut adalah .... space 

  1. Telepon seluler dilarang dibawa ke sekolah karena mengganggu proses pembelajaran.space 

  2. Telepon seluler dianjurkan dibawa ke sekolah karena dapat membantu komunikasi para siswa dan guru.space 

  3. Para siswa dan para guru bisa membawa telepon seluler ke sekolah, tetapi mereka harus mematikan/ menonaktifkannya di dalam kelas ketika pelajaran sedang berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi saat belajar.space 

  4. Penggunaan telepon seluler dapat ditoleransi selama tidak mengganggu proses belajar mengajar.space 

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan

    Diskusi merupakan kegiatan tukar pendapat untuk menyelesaikan masalah tertentu. Dalam sebuah forum diskusi, kita dilatih untuk bersifat kritis dan berani dalam mengungkapkan pendapat dan pikiran kita di depan umum mengenai persoalan yang didiskusikan. Masalah yang menjadi topik diskusi merupakan masalah yang kontroversial, yakni masalah yang menimbulkan perdebatan.

    Teks diskusi memiliki empat struktur, yaitu sebagai berikut.

  1. Isu. Bagian ini berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. 
  2. Argumen mendukung,. Bagian ini berisi argumen (alasan) mendukung hal yang menjadi pokok masalah diskusi. 
  3. Argumen menentang. Bagian ini berisi argumen yang bertentangan dengan argumen mendukung.
  4. Kesimpulan. Bagian ini berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. Usahakan mengambil jalan tengah dari isu yang dibahas. 

    Analisis struktur teks diskusi yang berjudul "Penggunaan Telepon Seluler di Sekolah" yaitu sebagai berikut.

1. Bagian isu
Paragraf 1 Banyak siswa dan para guru SMP/SMA yang membawa dan menggunakan telepon seluler di sekolah.
Paragraf 2 Penggunaan telepon seluler di sekolah, menimbulkan pro dan kontra dari semua kalangan, khususnya kalangan pendidik.

2. Bagian argumen mendukung (pro)
Paragraf 3 Pihak yang pro berpendapat bahwa penggunaan telepon seluler di kelas dibutuhkan untuk menambah ilmu, mencari informasi terkait materi pelajaran yang sedang diajarkan, ataupun untuk berkomunikasi.

3. Bagian argumen menolak (kontra)
Paragraf 4 Pendapat pihak yang kontra mengenai adanya telepon seluler yaitu membuat proses pembelajaran terganggu dan membuat konsentrasi siswa terbagi-bagi ke berbagai persoalan selain pelajaran.
Paragraf 5 Banyak pendidik di sekolah memutuskan untuk melarang penggunaan telepon seluler, baik untuk berbicara maupun untuk memberikan pesan selama pelajaran sedang berlangsung di kelas.

4. Bagian kesimpulan
Paragraf 6 Penggunaan telepon seluler oleh para siswa dan para guru masih bisa ditoleransi dan diperbolehkan apabila terjadi di luar jam pelajaran di kelas.

    Berdasarkan analisis di atas, maka kesimpulan teks diskusi yang berjudul "Penggunaan Telepon Seluler di Sekolah" yaitu penggunaan telepon seluler dapat ditoleransi selama tidak mengganggu proses belajar mengajar..

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

537

4.0 (3 rating)

19 9GG Herlan Nur Susanto

Pembahasan terpotong Bantu banget

Pertanyaan serupa

Bagaimana struktur yang membangun teks diskusi?

333

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia