Roboguru

Kesimpulan dari percobaan di atas adalah ....

 

Kesimpulan dari percobaan di atas adalah ....undefined

  1. fotosintesis dipengaruhi oleh klorofil, sinar matahari, dan kadar C O subscript 2 undefined

  2. fotosintesis dipengaruhi oleh klorofil, sinar matahari, dan suhuundefined

  3. fotosintesis dipengaruhi oleh suhu, kadar intensitas, dan kadar undefined undefined

  4. fotosintesis memerlukan suhu dan undefined yang maksimalundefined

Jawaban:

Percobaan di atas merupakan percobaan Ingenhousez, yang bertujuan untuk mengetahui bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Kadar oksigen dapat dilihat dari jumlah gelembung pada tabung reaksi. Reaksi fotosintesis adalah sebagai berikut:

6 C O subscript 2 space end subscript plus space 6 H subscript 2 O space yields with cahaya space matahari space below and klorofil on top C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 space plus space 6 O subscript 2

Berdasarkan reaksi di atas dapat kita lihat bahwa bahan fotosintesis adalah karbondioksida (undefined) dan air (H subscript 2 O) dengan bantuan klorofil dan cahaya matahari. Klorofil merupakan pigmen berwarna hijau yang ada di daun dan berperan untuk menyerap foton pada cahaya matahari. Cahaya matahari berperan untuk memecah molekul air menjadi oksigen. Adapun ahsil fotosintesis adalah berupa glukosa (C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6) dan oksigen (O subscript 2).

Faktor yang mempengaruhi fotosintesis dari gambar di atas adalah suhu, kadar undefined dan intensitas cahaya matahari. Pengaruh suhu dapat terlihat dari tabung II yang diberi es ternyata hanya menghasilkan gelembung oksigen yang sedikit. Berarti suhu yang terlalu dingin kurang optimal untuk terjadinya fotosintesis. Pengaruh intensitas cahaya matahari dapat kita lihat di tabung I yang tidak terkena sinar matahari langsung, hasilnya jumlah gelembung oksigen sedikit sekali. Sedangkan jika terkena sinar matahari langsung jumlah gelembung oksigen banyak seperti pada tabung IV. Adapun pengaruh undefined dapat kita lihat di tabung III yang ditambah Na H C O subscript 3 menghasilkan banyak sedikit gelembung oksigen. Tujuan penambahan undefined adalah untuk menambahkan kadar undefined.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved