Pertanyaan

Bacalah kutipan buku ilmiah berikut ini dengan saksama!


(1) Sejak UNESCO mengukuhkan wayang sebagai Karya Agung Budaya Dunia (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity), wayang menjadi milik dunia. (2) Penghargaan tersebut diberikan pada tanggal 21 April 2004 oleh direktur jenderal UNESCO, Koichiro Matsuura, kepada ketua Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), H. Solihin, di Paris, Perancis. (3) Dalam sambutannya, Koichiro menekankan agar seniman wayang di Indonesia dapat terus melestarikan dan pengembangan wayang. (4) Berdasarkan amanat UNESCO tersebut, Persatuan Dalang Indonesia (PEDADI) Sumatra Selatan berupaya melakukan daripada pelestarian terhadap wayang di Palembang dengan mengadakan Festival Wayang Kulit Purwa. (5) Festival ini diikuti tujuh orang dalang pada tanggal 10 s/d 11 Pebruari 2007 di Aula RRI Palembang.

(Sumberhttp://www.buku-e.lipi.go.id, dengan pengubahan)space 

Kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat(2) yaitu penulisan....

Kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat (2) yaitu penulisan ....space 

  1. nama jabatanspace 

  2. nama bulanspace 

  3. nama lembagaspace 

  4. singkatan gelarspace 

  5. nama kotaspace 

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Sebagai karya tulis, artikel yangbaik tecermin dari penggunaanejaan yang benar. Ejaan merupakanperangkat bahasa tulis yangmengaturhal-hal mendasar, salah satunya adalahcara menulis huruf-huruf yang meliputi penggunaan huruf kapital. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, profesi, serta nama jabatan dan kepangkatan yang dipakai sebagai sapaan.Pada kalimat (2), "direktur jenderal UNESCO" seharusnya ditulis "Direktur Jenderal UNESCO". Oleh karena itu, kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat(2) yaitu penulisan nama jabatan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Sebagai karya tulis, artikel yang baik tecermin dari penggunaan ejaan yang benar. Ejaan merupakan perangkat bahasa tulis yang mengatur hal-hal mendasar, salah satunya adalah cara menulis huruf-huruf yang meliputi penggunaan huruf kapital.

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, profesi, serta nama jabatan dan kepangkatan yang dipakai sebagai sapaan. Pada kalimat (2), "direktur jenderal UNESCO" seharusnya ditulis "Direktur Jenderal UNESCO".

Oleh karena itu, kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat (2) yaitu penulisan nama jabatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

78

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Empat sifat Tuhan yang sering disebut adalah nama maha Kuasa, maha besar, maha pengasih, dan maha penyayang. Perbaikan penggunaan ejaan yang benar adalah....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia