Roboguru

Kerjasama antar negara-negara ASEAN dalam bidang sosial dilakukan agar tercipta kerukunan dan kemajuan bersama. Kerjasama di bidang sosial dan budaya dilaksanakan oleh seluruh komite, yaitu....

Pertanyaan

Kerjasama antar negara-negara ASEAN dalam bidang sosial dilakukan agar tercipta kerukunan dan kemajuan bersama. Kerjasama di bidang sosial dan budaya dilaksanakan oleh seluruh komite, yaitu....

Pembahasan Soal:

Berdirinya organisasi ASEAN (Association of South East Asian Nations), sebelumnya diawali dengan adanya pertemuan lima menteri luar negeri dari negara-negara Asia Tenggara pada 5 - 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Diakhir pertemuan, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, lima Wakil Negara/Pemerintahan negara-negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Indonesia (Adam Malik), Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan dan Menteri Pembangunan Nasional Malaysia (Tun Abdul Razak), Menteri Luar Negeri Filipina (Narciso Ramos), Menteri Luar Negeri Singapura (S. Rajaratnam), dan Menteri Luar Negeri Thailand (Thanat Khoman) menindaklanjuti Deklarasi Bersama dengan melakukan pertemuan dan penandatanganan Deklarasi ASEAN (The ASEAN Declaration) atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok (Bangkok Declaration). Bentuk kerja sama antar negara-negara ASEAN bidang sosial dan budaya dilaksanakan oleh COSD (Committee on Social Development). Satu contoh bentuk kerja sama negara ASEAN bidang sosial budaya yang paling terkenal adalah pesta olahraga SEA-Games yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali dengan tempat penyelenggaran bergiliran tiap anggota. Tujuan utama kerjasama di bidang sosial budaya sesuai tujuan utama ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC) adalah untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan Komunitas ASEAN yang berorientasi kepada rakyat dan memiliki tanggungjawab sosial untuk mencapai solidaritas dan persatuan di antara bangsa-bangsa dan rakyat ASEAN.

Dengan demikian, maka jawabannya adalah bentuk kerja sama antar negara-negara ASEAN di bidang sosial dan budaya dilaksanakan oleh COSD (Committee on Social Development). Satu contoh bentuk kerja sama negara ASEAN bidang sosial budaya yang paling terkenal adalah pesta olahraga SEA-Games yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali dengan tempat penyelenggaran bergiliran tiap anggota. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Stabilitas regional dari ancaman komunisme di Asia Tenggara telah melahirkan deklarasi….

Pembahasan Soal:

Kawasan Asia Tenggara pernah menjadi kawasan dingin karena menjadi tempat yang strategis baik secara geo-ekonomi dan geo-politik. Negara-negara seperti Vietnam dan Filipina menjadi basis untuk masing-masing blok yaitu Timur dan Barat. Konflik militer juga terjadi antara Laos, Kamboja, dan Vietnam. Selain itu, konflik bilateral juga terjadi antara Indonesia dan Malaysia serta Kamboja dan Vietnam. Diperparah lagi dengan timbulnya konflik internal di beberapa negara yaitu Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Permasalahan-permasalahan tersebut tidak hanya berdampak pada stabilitas pertahanan namun juga stabilitas ekonomi negara-negara di Asia Tenggara. Akhirnya, para pemimpin Negara-negara di Asia Tenggara, yakni Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Rajaratman (Singapura), Thanat Khoman (Thailand), dan Narciso Ramodi (Filipina) tergerak untuk menciptakan suasana aman dan damai dan melakukan pertemuan di Bangkok, Thailand pada 5 hingga 8 Agustus 1967 atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membentuk organisasi regional yang disebut ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) Deklarasi Bangkok bersifat terbuka untuk negara Asia Tenggara lain yang memiliki tujuan yang sama. Atas dasar tersebut, maka negara-negara lain mulai bergabung di ASEAN. ASEAN yang terbentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok beranggotakan 10 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Apa yang memengaruhi keberadaan dan kelangsungan hidup ASEAN?

Pembahasan Soal:

ASEAN, adalah organisasi regional yang terdiri dari negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan 

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi
  2. Memajukan stabilitas dan perdamaian regional
  3. Memajukan kerjasama antar anggota
  4. Menyediakan bantuan satu sama lain
  5. Memajukan studi-studi masalah Asia Tenggara.

Munculnya ASEAN, didorong oleh beberapa faktor, diantaranya adalah

  • Persamaan letak gografis
  • persamaan budaya 
  • Persamaan nasib sebagai bangsa yang pernah dijajah dan
  • persamaan kepentingan.

ASEAN, telah berdiri dari tahun 1967 hingga sekarang. Dalam perjalananya, ASEAN telah berperan aktif menyelesaikan masalah negara-negara anggota, sesuai dengan tujuan dibentuknya organisasi ini.

Peran aktif dan keberlangsungan organisasi yang tetap bertahan hingga sekarang, didorong oleh beberapa faktor, diantaranya,

  • Partisipasi aktif dari negara-negara anggota pada setiap usaha untuk mencapai tujuan bersama dan
  • Adanya peran aktif negara anggota untuk mencegah pengaruh negatif dari pihak asing yang dapat memcah belah persatuan organisasi ASEAN.

Jadi, faktor yang mempengaruhi keberadaan dan kelangsungan hidup ASEAN adalah adanya persamaan letak geografis, budaya dan kepentingan serta peran aktif dari negara-negara anggota pada setiap usaha untuk mencapai tujuan bersama.

0

Roboguru

Negara apa saja yang masuk sebagai anggota ASEAN ? ...

Pembahasan Soal:

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan sebuah organisasi geopolitik regional dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 
Dengan demikian, negara-negara yang termasuk anggota ASEAN adalah:
1) Indonesia; 2) Malaysia; 3) Singapura; 4) Filipina; 5) Vietnam; 6) Thailand; 7) Kamboja; 8) Laos; 9) Myanmar; 10) Brunai Darussalam.
 

0

Roboguru

Keputusan yang dihasilkan dalam KTT ke-26 ASEAN di antaranya adalah ....

Pembahasan Soal:

KTT ke-26 ASEAN diselenggarakan di Kuala Lumpur dan Langkawi, Malaysia, pada 26-28 April 2015. Hasilnya adalah penanggulangan bersama terkait perubahan iklim dan juga bencana alam. Dalam hal ini, ASEAN mencoba mencegah timbulnya risiko baru dan beradaptasi dengan perubahan iklim melalui implementasi ekonomi, sosial, budaya, fisik, dan langkah-langkah lingkungan lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN?

Pembahasan Soal:

Association of South East Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah organisasi regional Asia Tenggara yang berdiri sejak 8 Agustus 1967. Tujuan dari pendirian ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama aktif dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya dengan negara-negara di Asia Tenggara. Pendiri dari organisasi ini adalah:

  1. Indonesia (Adam Malik),
  2. Malaysia (Tun Abdul Razak),
  3. Filipina (Narciso Ramos),
  4. Thailand (Thanat Khoman), dan
  5. Singapura (S. Rajaratnam).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved