Roboguru

Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ...

Pertanyaan

Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah ...

  1. Samudera Pasai

  2. Demak

  3. Perlak

  4. Mataram

  5. Pajang

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah perjalanan kerajaan di Pulau Jawa, terdapat salah satu kerajaan yang terkenal dengan penyatuan seluruh Nusantara yakni Majapahit dengan corak Hindu Buddha. Akan tetapi, seiring dengan beberapa hal seperti perebutan kekuasaan dan datangnya pengaruh Islam, membuat kejayaan Majapahit sedikit demi sedikit hilang.
Di dalam suasana yang demikian, menurut Babad Tanah Jawi, dikatakan bahwa telah lahir seorang putra Raja Majapahit Brawijaya V dengan seorang perempuan asal Tiongkok yang telah memeluk agama Islam, bernama Raden Patah. Dalam perkembangannya kemudian, Raden Patah diberi wilayah kekuasaan Demak Bintoro sebagai bagian dari Kadipaten Majapahit.
Pada tahun 1478, ketika kekuasaan Majapahit mulai runtuh, Demak tampil sebagai Kesultanan Pertama Islam di Pulau Jawa, dengan sultan pertamanya Raden Patah yang memerintah sampai dengan 1518. Di bawah kepemimpinan Raden Patah, Demak menjadi pusat penyebaran agama Islam, dibantu dengan peran sentral dari sembilan orang wali (Wali Songo). 

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah....

Pembahasan Soal:

Kesultanan Demak atau Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama dan terbesar di pantai utara Jawa ("Pasisir"). Menurut tradisi Jawa, Demak sebelumnya merupakan kadipaten dari kerajaan Majapahit, kemudian muncul sebagai kekuatan baru mewarisi legitimasi dari kebesaran Majapahit.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini. Memiliki daerah pertanian luas dan subur. Memiliki komoditi ekspor beras, madu dan lilin. Memperoleh keuntungan besar sebagai bandar transito perdagangan Pern...

Pembahasan Soal:

Letak Demak sangat strategis di jalur perdagangan nusantara memungkinkan Demak berkembang sebagai kerajaan maritim. Dalam kegiatan perdagangan, Demak berperan sebagai penghubung antara daerah penghasil rempah di Indonesia bagian Timur dan penghasil rempah-rempah Indonesia bagian barat. Dengan demikian perdagangan Demak semakin berkembang berkat pelabuhan-pelabuhan di daerah pesisir. Sebagai kerajaan Islam yang memiliki wilayah di pedalaman, maka Demak juga memperhatikan masalah pertanian, sehingga beras merupakan salah satu hasil pertanian yang menjadi komoditi dagang. Pertanian di Demak tumbuh dengan baik karena aliran sungai Demak lewat pelabuhan Bergota dan Jepara. 

Oleh karena itu, jawaban yang sesuai adalah A.

0

Roboguru

Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di tanah Jawa. Sebelumnya di Jawa terdapat Kerajaan Majapahit yang bercorak Hindu dan Buddha. Kaitkan hubungan antara Kerajaan Majapahit dengan Kerajaan...

Pembahasan Soal:

Sebelum menjadi kesultanan, Demak merupakan kadipaten dari Kerajaan Majapahit dengan Raden Patah sebagai adipatinya sejak 1478. Namun di Abad XV, Majapahit semakin melemah karena konflik perebutan kekuasaan dalam keluarga kerajaan. Hal ini dimanfaatkan oleh Raden Patah untuk melepaskan diri dari Majapahit dan mendirikan Kesultanan Demak. Jadi Raden Patah jugalah perintis sekaligus peletak dasar kesultanan ini sejak tahun 1478 itu. Selain itu, apabila dilihat garis keturunan dari Kesultanan Demak juga masih ada kaitannya dengan Kerajaan Majapahit. Dimana Raja Majapahit yang bernama Kertabhumi (Brawijaya V) menikah dengan Putri Champa dan melahirkan seorang putra bernama Jin Boen. Kelak setelah dewasa Jin Boen memilih untuk menganut agama Islam dan mengganti namanya menjadi Raden Patah.

Dengan demikian, hubungan antara Demak dan Majapahit sangat dekat sekali kaitannya. Terlihat bahwa Demak dulunya merupakan kadipaten dari Majapahit. Selain itu, pendiri Demak pun masih keturunan dari Raja Majapahit.

0

Roboguru

Siapa yang mendirikan Kerajaan Demak?

Pembahasan Soal:

Sejarah awal Kerajaan Demak tidak bisa dilepaskan dari runtuhnya Kerajaan Majapahit. Demak sebelumnya merupakan daerah yang dikenal dengan nama Bintoro atau Gelagahwangi yang merupakan daerah kadipaten di bawah kekuasaan Majapahit. Dengan berkembangnya Islam di Demak, maka Demak dapat berkembang sebagai kota dagang dan pusat penyebaran Islam di pulau Jawa. Kerajaan Demak termasuk salah satu wilayah yang melepaskan diri dan menjadi kerajaan yang mandiri. Kerajaan Demak didirikan sekitar tahun 1478 oleh Raden Patah yang merupakan putra terakhir dari Raja Majapahit, yaitu Prabu Brawijaya. Dengan demikian, pendiri Kerajaan Demak adalah Raden Patah.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved