Roboguru

Kerajaan Holing mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ... yang terkenal karena ketegasannya dalam memerintah.

Pertanyaan

Kerajaan Holing mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan ... yang terkenal karena ketegasannya dalam memerintah.

  1. Raja Sanaha

  2. Ratu Shima

  3. Raja Purnawarman

  4. Raja Sanjaya

  5. Ratu Dyah Pitaloka

Pembahasan Soal:

Salah satu raja terkenal Kerajaan Kalingga adalah Ratu Shima, yang berkuasa antara 674-695 M. Pemimpin Kerajaan Kalingga inilah yang berhasil membawa kerajaan mencapai puncak kejayaan. Ratu Shima memerintah dengan sangat keras, tegas, tetapi juga adil, sehingga rakyatnya hidup dengan aman, tertib, dan teratur. Pada masa kejayaannya, Kerajaan Kalingga menjadi pusat agama Buddha di Jawa. Sepeninggal Ratu Shima, Kerajaan Kalingga ditaklukkan oleh Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Kalingga kemudian dibagi menjadi dua, yaitu Kerajaan Keling yang diperkirakan di sekitar Magelang dan Kerajaan Medang yang diperkirakan di sekitar Yogyakarta.

Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah B.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut berita Tiongkok, pada 674 Masehi Kerajaan Kalingga dipimpin seorang ratu bernama Sima yang menjalankan pemerintahan secara tegas, keras, adil, dan bijaksana. Salah satu aturan yang diterapkan ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kalingga atau Holing, diperkirakan terletak di Jawa bagian tengah. Menurut berita Tiongkok, di sebelah timur Kalingga ada Po-li (Bali sekarang), di sebelah barat Kalingga terdapat To-po-Teng (Sumatra). Sementara di sebelah utara Kalingga terdapat Chen-la (Kamboja) dan sebelah selatan berbatasan dengan samudra. Oleh karena itu, lokasi Kerajaan Kalingga diperkirakan terletak di Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah atau di sebelah utara Gunung Muria. Sumber utama mengenai Kerajaan Kalingga adalah berita Tiongkok, misalnya berita dari Dinasti T’ang. Sumber lain adalah Prasasti Tuk Mas di lereng Gunung Merbabu. Kerajaan Kalingga berkembang kira-kira abad ke-7 sampai ke-9 M.

Ratu Sima adalah penguasa di Kerajaan Kalingga yang terkenal. Ia digambarkan sebagai seorang pemimpin wanita yang tegas, jujur, dan sangat bijaksana. Ia dikenal memiliki peraturan yang tegas soal pencurian. Hukum potong tangan diterapkan bagi siapa saja yang mencuri barang milik orang lain. Hukum yang dibuat itupun berlaku untuk seluruh rakyat termasuk keluarga kerajaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Raja (Ratu) Kalingga yang terkenal karena adil dan jujurnya sehingga mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya Kalingga, yaitu...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kalingga atau Holing mempunyai pemimpin wanita yang termasyur yakni Ratu Sima. Ia menggantikan suaminya yang meninggal yaitu Kartikeyasinga. Dibawah kepemimpinan Ratu Shima selama peiode 674-695 Masehi, kerajaan Kalingga makin dikenal ke seluruh penjuru daerah. Hal itu karena gaya kepemimpinan Ratu Sima yang tegas. Ketegasan tersebut dierapkan dalam sistem hukum pemerintahan. Hal itu ia lakukan agar rakyatnya dapat berbuat jujur. Bahkan, ketegasan tersebut dibuktikan dengan tetap menghukum putranya yang telah mengambil emas di jalan. Dengan demikian, Ratu Shima dikenal sebagai pemimpin yang tegas karena dapat menerapkan keadilan pada siapapun tanpa pandang bulu.

Dengan demikian, ratu yang dimaksud adalah Ratu Sima.

0

Roboguru

Seorang penguasa wanita yang terkenal dengan ketegasannya menegakkan hukum kerajaan pada masa kerajaan Holing bernama...

Pembahasan Soal:

Kalingga (disebut juga Keling atau Holing) adalah kerajaan Hindu yang pernah menjadi salah satu pemerintahan terbesar di Jawa, berpusat di pesisir pantai utara Jawa, tepatnya di wilayah yang kini bernama Jepara, Jawa Tengah. Ratu Shima memerintah sejak tahun 674 hingga 695 Masehi. Ia dikenal sebagai sosok pemimpin perempuan yang tegas. Ia memerintah Kerajaan Kalingga untuk menggantikan suaminya, Raja Kartikeyasinga, yang wafat pada 674 Masehi. Di masa kepemimpinannya, terdapat cerita legenda tentang ketegasan Ratu Shima.

Suatu hari, seorang raja bernama Ta-Shih ingin menguji ketegasan Ratu Shima. Raja yang dikatakan berasal dari Timur Tengah ini pergi ke Kerajaan Kalingga. Secara diam-diam, ia meletakkan sekantung emas di persimpangan jalan, dekat dengan alun-alun kerajaan. Ia ingin mengetahui apakah ada rakyat Kalingga yang berani mengambil barang yang bukan milik mereka.

Setelah beberapa bulan, ternyata kantung tersebut masih tergeletak di sana. Akan tetapi, terjadi kesalahpahaman ketika Pangeran Narayana yang merupakan putra Ratu Shima tidak sengaja menyentuh kantung tersebut dengan kakinya. Sebagai seorang ibu, Ratu Shima tidak pandang bulu dalam memberikan hukuman. Ia menjatuhkan hukuman mati kepada Narayana meskipun sebenarnya Ratu Shima sangat menyayanginya.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Bagaimanakah kehidupan politik masyarakat Kalingga?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kalingga merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu di Jawa. Kerajaan yang muncul sekitar abad ke-6 M tersebut termasyur akan kepemimpinan Ratu Sima yang menjalankan pemerintahan dengan tegas, keras, adil, dan bijaksana. Dia melarang rakyatnya untuk menyentuh dan mengambil barang bukan milik mereka yang tercecer di jalan. Hukuman berat akan diterapkan untuk rakyat yang melanggar aturan tersebut.

Dengan demikian, kehidupan politik Kerajaan Kalingga berjalan tertib dan aman dibawah kepemimpinan Ratu Sima.

0

Roboguru

Jelaskan kondisi sosial-budaya Kerajaan Kalingga

Pembahasan Soal:

Penduduk Kalingga hidup dengan teratur. Ketertiban dan ketentraman sosial di Kalingga dapat berjalan dengan baik berkat kepemimpinan Ratu Sima yang tegas dan bijaksana dalam menjalankan hukum dan pemerintahan.

Dalam menegakkan hukum Ratu Sima tidak membedakan antara rakyat dengan anggota kerabatnya sendiri. Berita mengenai ketegasan hukum Ratu Sima pernah didengar oleh Raja Ta-Shih. Ta-Shih adalah sebutan Cina untuk kaum muslim Arab dan Persia. Raja Ta-Shih lalu menguji kebenaran khabar tersebut.

Dengan demikian kondisi sosial dan budaya Kerajaan Kalingga ialah kehidupan rakyatnya sudah dipengaruhi kebudayaan Hindu-Budha, hidup teratur dan makmur terutama pada masa pemerintahan Ratu Shima.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved