Roboguru

Kerajaan Gowa-Tallo mencapai puncak kejayaan pada masa ...

Pertanyaan

Kerajaan Gowa-Tallo mencapai puncak kejayaan pada masa ...

  1. Sultan Malik As-saleh

  2. Sultan Iskandar Muda

  3. Sultan Hasanuddin

  4. Sultan Ageng Tirtayasa

  5. Sultan Baabullah

Pembahasan Soal:

Sejarah Kesultanan Gowa-Tallo sejatinya telah eksis sebelum Islam sampai ke sana, sehingga pada masa itu disebut Gowa-Tallo Pra Islam. Pada periode Gowa-Tallo Pra Islam yang diperkirakan telah ada sejak tahun 1300 masehi, kerajaan ini berasal dari satu keturunan yaitu dari Kerajaan Gowa, akan tetapi, karena terjadi perang saudara sehingga muncul kemudian Kerajaan Tallo, dan bersatu kembali sebagai Kerajaan Makassar pada tahun 1565. 
Seiring dengan proses islamisasi yang terjadi di Nusantara, pada akhir abad ke-16 masehi kerajaan ini berubah menjadi kerajaan bercorak Islam dan berganti dari kerajaan menjadi kesultanan. Adapun raja pertama yang memeluk agama Islam adalah I Mangarangi Daeng Manrabbia, atau dikenal dengan sebutan Sultan Alauddin I (1593-1639).
Kesultanan Gowa-Tallo mencapai kejayaan pada masa Sultan Hasanuddin pada tahun 1653 masehi, dan memiliki julukan Ayam Jantan dari Timur. Pada masa kejayaanya, kesultanan ini menjelma sebagai negara maritim yang menjadi pusat perdagangan wilayah Nusantara bagian timur, pusat perdagangan yang dimaksud tidak hanya untuk wilayah lain di kepulauan Nusantara, melainkan perdagangan internasional yang melibatkan Portugis, Inggris dan Spanyol.

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved