RoboguruRoboguru
SD

Keragaman masyarakat di Indonesia ditandai dengan perbedaan jenis mata pencaharian seperti sebagai petani, peladang dan berkebun. Faktor penyebab perbedaan tersebut adalah….

Pertanyaan

Keragaman masyarakat di Indonesia ditandai dengan perbedaan jenis mata pencaharian seperti sebagai petani, peladang dan berkebun. Faktor penyebab perbedaan tersebut adalah….

  1. lokasi letak strategis Indonesia

  2. kotak budaya dan bangsa lain

  3. variasi iklim dan struktur tanah

  4. kondisi wilayah yang berupa pulau

  5. sejarah perjuangan bangsa masa lalu

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

masyarakat pada daerah seperti itu pola hidup dan mata pencahariannya adalah menjadi petani. Sedangkan pada daerah yang berupa dataran tinggi dengan karakteristik seperti itu akan berkembang masyarakat yang hidup dengan berkebun. Daerah dengan iklim panas tetapi sedikit turun hujan menyebabkan daerah tersebut kurang subur. Daerah ini banyak ditumbuhi semak belukar dan rumput, sehingga menjadi daerah padang rumput yang luas. Masyarakat yang tinggal di daerah seperti ini kemudian berkembang dengan pola hidup sebagai peternak.

Pembahasan

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk (multikultural). Banyak kebudayaan yang mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda-beda pada tiap-tiap daerah. Perbedaan yang timbul dalam masyarakat Indonesia salah satunya dipengaruhi oleh variasi iklim dan struktur tanah.
Sebagai contoh daerah yang mempunyai iklim yang panas dengan banyak sinar matahari dan curah hujannya akan menjadi daerah yang subur. Karena itu, masyarakat pada daerah seperti itu pola hidup dan mata pencahariannya adalah menjadi petani. Sedangkan pada daerah yang berupa dataran tinggi dengan karakteristik seperti itu akan berkembang masyarakat yang hidup dengan berkebun. Daerah dengan iklim panas tetapi sedikit turun hujan menyebabkan daerah tersebut kurang subur. Daerah ini banyak ditumbuhi semak belukar dan rumput, sehingga menjadi daerah padang rumput yang luas. Masyarakat yang tinggal di daerah seperti ini kemudian berkembang dengan pola hidup sebagai peternak.

974

3.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Masyarakat wilayah pesisir dan dataran rendah cenderung bersuara keras, sedangkan masyarakat wilayah pegunungan cenderung bersuara pelan. Perbedaan yang ada pada masyarakat ini disebabkan oleh ….

143

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia