Iklan

Iklan

Pertanyaan

Keragaman budaya suatu wilayah bergantung pada faktor geografis. Berdasarkan faktor geografis tersebut, muncul keberagaman budaya pada tiap-tiap wilayah Indonesia. Faktor-faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya Indonesia adalah….

Keragaman budaya suatu wilayah bergantung pada faktor geografis. Berdasarkan faktor geografis tersebut, muncul keberagaman budaya pada tiap-tiap wilayah Indonesia. Faktor-faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya Indonesia adalah….

  1. kondisi ekologi, kondisi cuaca, dan posisi strategis

  2. letak geografis, posisi strategis, dan kondisi topografi

  3. posisi strategis, kondisi ekologis, dan letak geografis

  4. kondisi alam, posisi geografis, dan letak strategis

  5. kondisi cuaca, letak astronomi, dan posisi strategis

Iklan

E. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor-faktor yang berkaitan dengan batas-batas geografis yaitu: Letak geografis. Keadaan geografis Indonesia yang luas dan merupakan negara kepulauan telah memaksa penduduk untuk menetap di daerah yang terpisah satu sama lain. Keterbatasan teknologi komunikasi pada masa lalu menyebabkan isolasi geografis antarmasyarakat yang tersebar di berbagai pulau. Isolasi geografis mengakibatkan penduduk yang menempati setiap pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang hidup terisolasi dari suku bangsa lainnya, sehingga mereka mengembangkan kebudayaan masing-masing yang semakin berbeda dengan kebudayaan asal. Posisi strategis. Posisi Indonesia yang terletak diantara dua benua (Benua Asia dan Australia) dan dua samudra (Samudra Pasifik dan Hindia) menjadikan Indonesia berada di jalur strategis pelayaran dunia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai tempat perlintasan hubungan antarbangsa dan tempat pertemuan budaya dari berbagai bangsa yang datang bersinggah ke Indonesia. Kondisi ekologis. Lingkungan ekologis yang terbentuk dari struktur tanah, iklim, dan topografi dapat memberikan kontribusi bagi kondisi penduduk baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya.

Faktor-faktor yang berkaitan dengan batas-batas geografis yaitu:

  • Letak geografis. Keadaan geografis Indonesia yang luas dan merupakan negara kepulauan telah memaksa penduduk untuk menetap di daerah yang terpisah satu sama lain. Keterbatasan teknologi komunikasi pada masa lalu menyebabkan isolasi geografis antarmasyarakat yang tersebar di berbagai pulau. Isolasi geografis mengakibatkan penduduk yang menempati setiap pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang hidup terisolasi dari suku bangsa lainnya, sehingga mereka mengembangkan kebudayaan masing-masing yang semakin berbeda dengan kebudayaan asal.

  • Posisi strategis. Posisi Indonesia yang terletak diantara dua benua (Benua Asia dan Australia) dan dua samudra (Samudra Pasifik dan Hindia) menjadikan Indonesia berada di jalur strategis pelayaran dunia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai tempat perlintasan hubungan antarbangsa dan tempat pertemuan budaya dari berbagai bangsa yang datang bersinggah ke Indonesia.

  • Kondisi ekologis. Lingkungan ekologis yang terbentuk dari struktur tanah, iklim, dan topografi dapat memberikan kontribusi bagi kondisi penduduk baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya.

Latihan Bab

Pembentukan Kebudayaan Indonesia

Persebaran Budaya Indonesia

Pelestarian Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan Global

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

174

Febrian

Jawaban tidak sesuai

Nenden safira

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak antara dua benua dan dua samudra yang memengaruhi cepatnya kebudayaan Indonesia menjadi kebudayaan global. Hal tersebut disebabkan oleh faktor....

116

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia