Roboguru

Kepunahan massal dinosaurus terjadi pada akhir masa ....

Pertanyaan

Kepunahan massal dinosaurus terjadi pada akhir masa ....

  1. Trias

  2. Jura

  3. Perm

  4. Kretaseus

  5. Devon

Pembahasan Soal:

Zaman mesozoikum merupakan tingkat kehidupan pertengahan terdiri atas masa Trias, Jura dan Kretaseus. Keadaan iklim pada zaman ini bersifat panas dan basah, hal ini diketahui dari pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna pada saat ini. Pada akhir masa Trias dinosaurus mendominasi Bumi mulai dari daratan hingga lautan. Pada awal masa Jura, benua Laurasia kembali  terpecah menjadi Amerika Utara dan Eurasia, Gondwana terpecah pada pertengahan masa Jura. Pada akhir masa Kretaseus dinosaurus mengalami kepunahan massal, terjadi pengangkatan dasar laut hingga menyatu dengan daratan yang sudah ada dan membentuk pegunungan. 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Anggraeni

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini. Munculnya hewan vertebrata (bertulang belakang) Terbentuknya karbon, pegunungan, dan batubara Banyak dinosaurus muncul dengan ukuran yang besar Munc...

Pembahasan Soal:

Mesozoikum atau disebut juga zaman pertengahan. Mesozoikum dibagi  menjadi tiga tahapan yaitu TRIAS, JURA, dan KAPUR.

Masa Jura dicirikan dengan :

  1. Banyak  ditemukan dinosaurus muncul dengan ukuran yang sangat besar
  2. Ditemukannya spesies burung pertama kali
  3. Mulai Munculnya tumbuhan bunga-bungaan

Jadi, jawaban benar adalah E.

0

Roboguru

Dinosaurus pertama kali muncul pada saat zaman ….

Pembahasan Soal:

Trias merupakan masa yang terdapat pada zaman Mesozoikum. Masa Trias berlangsung setelah Permian dan dilanjutkan oleh Jura. Masa Trias diikuti oleh kepunahan massal terbesar dalam sejarah bumi. Peristiwa ini terjadi di akhir Permian, ketika 85–95% spesies invertebrate marine dan 70% vertebrata terestrial mati. Selama pemulihan kehidupan pada masa Trias, hewan–hewan yang ada di daratan mulai berkembang. Reptil meningkat dari segi keanekaragaman dan jumlahnya, dan untuk pertama kalinya dinosaurus muncul sebagai hewan yang bertubuh besar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara pangaea dan gondwana!

Pembahasan Soal:

Pada awalnya benua yang ada di bumi hanya 1 dan berukuran sangat besar yang disebut benua Pangea. Benua Pangea ada pada zaman akhir Paleozoikum dan awal Mesozoikum yang terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu. Kemudian Pangea retak dan dan pecah menjadi dua benua, yaitu Laurasia (benua bagian utara) dan Gondwana (benua bagian selatan) pada masa Mesozoik. Saat ini Laurasia (benua bagian utara) terdiri atas benua Eropa dan Asia (Eurasia) serta benua Amerika Utara, sedangkan Gondwana terdiri atas benua Australia, benua Afrika, benua Asia bagian Selatan, dan benua Amerika Selatan. 

0

Roboguru

Sejarah bumi dapat dibagi ke dalam kurun waktu yang disebut apa saja?

Pembahasan Soal:

Pembagian kurun waktu sejarah bumi adalah sebagai berikut.

  1. Pra Kambrium, terjadi sejak 4,5 milyar tahun yang lalu. Era ini merupakan era awal pembentukan batuan kerak bumi.
  2. Paleozoikum, diperkirakan berlangsung sejak 590 juta hingga 250 juta tahun yang lalu. Era Paleozoikum terbagi menjadi lima masa, yaitu Kambrium, Silur, Devon, Karbon, dan Perm.
  3. Mesozoikum, diperkirakan berlangsung sejak 250 juta hingga 65 juta tahun yang lalu. Era Mesozoikum terbagi menjadi tiga masa, yaitu Trias, Jura, dan Kapur.
  4. Kenozoikum (Neozoikum), diperkirakan berlangsung sejak 65 juta tahun yang lalu hingga sekarang. Era Kenozoikum terbagi menjadi masa tersier dan kuarter.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sejarah bumi dapat dibagi ke dalam kurun waktu Pra Kambrium, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum. 

0

Roboguru

Bagaimanakah kondisi flora dan fauna pada era mesozoikum?

Pembahasan Soal:

Zaman Mesozoikum terbagi menjadi tiga periode yaitu terdiri dari Zaman Kapur (< 90 juta tahun), Jura (145 juta tahun) dan Trias (190 juta tahun). Setiap periodenya memiliki perkembangan fauna dan pergerakan lempeng yang berbeda-beda. Berikut pembagian Zaman Mesozoikum:

  • Zaman Trias diperkirakan berlangsung pada 245-208 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini, hewan reptil dan dinosaurus semakin bermunculan. Mamalia dan reptilia air seperti kura-kura dan penyu juga semakin meningkat. Selain itu, Amonit, Gastropoda dan Bivalvia juga semakin banyak.
  • Zaman Jura menjadi era kejayaan untuk Dinosaurus yang hidup di daratan. Sementara itu, lautan dikuasai oleh reptilian laut seperti Ichthyosaurus dan Plesiosaurus. Kemudian, udara didominasi oleh reptilia terbang seperti Pterosaurus dan Pterodactyl. Sejumlah jenis buaya, Amonit, dan Belemnit juga semakin banyak. Lalu, tumbuhan seperti Benetit, Sequoia, dan Ginku juga semakin berkembang. 
  • Zaman Kapur menjadi masa kejayaan untuk Dinosaurus yang hidup di udara. Pada masa ini, mamalia dan tumbuhan berbunga juga semakin berkembang. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved