Roboguru

Kepiting adalah contoh hasil perikanan ….

Pertanyaan

Kepiting adalah contoh hasil perikanan ….  

Pembahasan Soal:

Perikanan laut merupakan kegiatan atau usaha penangkapan hewan-hewan laut yang dapat dikelola untuk kegiatan ekonomi. Hasil-hasil perikanan laut adalah berbagai jenis ikan laut, kerang, mutiara, cumi-cumi, udang, kepiting, rumput laut, gurita, terumbu karang, teripang, dan sebagainya.    

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 17 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perikanan berperan penting bagi ketahanan pangan nasional. Produk perikanan dapat dijual mentah atau diolah dahulu untuk meningkatkan nilai jual. Contoh kegiatan untuk meningkatkan penjualan produk pe...

Pembahasan Soal:

Ketahanan pangan bisa bersumber dari produk pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan. Dalam bidang perikanan, ada tahapan praproduksi, produksi, pengolahan, dan pemasaran. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan perikanan merupakan suatu usaha agribisnis. Tahap pengolahan dan pemasaran bisa menambah nilai jual ikan.  Ikan yang tadinya mentah bisa bertambah nilainya jika diolah lebih lanjut menjadi suatu produk, seperti sarden dan abon ikan. Kemudian, produk ini bisa dipasarkan ke masyarakat luas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan kelompok produksi ikan laut yaitu ....

Pembahasan Soal:

Potensi lestari sumber daya ikan laut Indonesia diperkirakan sebesar 12,54 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan ZEE. Laut Indonesia memiliki sekitar 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 biota terumbu karang.  Menurut WPP Indonesia ada banyak potensi sumber daya ikan yang sudah dimanfaatkan untuk konsumsi dunia diantaranya Ikan Demersal, Ikan Karang, Ikan Pelagis Besar dan Kecil, Kepiting, Lobster, Rajungan, dan Udang Penaeid. 

Berdasarkan pernyataan diatas yang tidak termasuk hasil perikanan tangkap dilaut adalah Ikan Nila, karena Ikan Nila biasanya ditangkap melalui budidaya tambak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Daerah Nusa Tenggara Timur merupakan daerah penghasil budi daya laut yang merupakan kontributor terbesar di  Indonesia. Budi daya laut yang dihasilkan oleh daerah tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Perikanan budi daya adalah kegiatan untuk memproduksi biota/organisme akuatik di lingkungan terkendali dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit). Salah satu bentuk perikanan budi daya adalah budi daya laut. Jenis produksi budi daya laut antara lain rumput laut, mutiara, kerang hijau, dan ikan bandeng. Produksi ikan budi daya laut terutama dihasilkan di Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Hasil produksinya mencapai lebih dari sejuta ton.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Di permukaan lubuk laut dan palung laut merupakan daerah tangkapan ikan yang potensial karena....

Pembahasan Soal:

Di permukaan lubuk laut dan palung laut merupakan daerah tangkapan ikan yang potensial karena adanya arus naik yang disebut dengan upwelling. Upwelling adalah fenomena oseanografi yang melibatkan gerak yang dibangkitkan angin dari air yang lebih berat, lebih dingin dan biasanya kaya akan nutrient ke arah permukaan laut, menggantikan air permukaan yang lebih hangat dan kurang nutrient. Karena kaya akan nutrient, maka banyak ikan yang tinggal disana untuk mencari makan dan berkembang biak.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) yang meliputi perairan Selat Karimata, Laut Natuna, dan Laut Tiongkok Selatan adalah ....

Pembahasan Soal:

Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) Negara Republik Indonesia adalah pembagian wilayah pengelolaan perikanan berdasarkan ekologi, karakteristik wilayah, dan sumber daya yang terkandung didalamnya. Berdasarkan peraturan yang berlaku, terdapat 11 WPP Negara Republik Indonesia. Perairan Selat Karimata, Laut Natuna, dan Laut Tiongkok Selatan (Laut Cina Selatan) termasuk dalam WPP Negara Republik Indonesia nomor 711 atau WPPNRI 711.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved