Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kepatuhan Ibu Rahmat untuk selalu minum obat sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter Ivan adalah contoh interaksi sosial antara dokter dengan pasien. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi mereka adalah ....

Kepatuhan Ibu Rahmat untuk selalu minum obat sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter Ivan adalah contoh interaksi sosial antara dokter dengan pasien. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi mereka adalah ....

  1. motivasi

  2. sugesti

  3. imitasi

  4. simpati

  5. identifikasi

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor yang memengaruhi interaksi sosial salah satunya dapat berupa sugesti. Sugesti merupakan sikap, pandangan, dan pendapat orang lain yang diterima tanpa berpikir ulang. Contoh dari sugesti misalnya anjuran meminum obat dari dokter kepada pasiennya yang kemudian dilakukan (diikuti) oleh pasien tersebut. Dengan demikian, kepatuhan Ibu Rahmat untuk selalu minum obat sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter Ivan merupakan contoh dari sugesti. Adapun faktor yang memengaruhi interaksi sosial lainnya, yaitu: Imitasi merupakan proses peniruan tetapi tidak menyeluruh hanya meniru sebagian saja. Imitasi dapat dilakukan dalam bermacam-macam bentuk misalnya gaya bicara, gaya berpakaian, tingkah laku, adat dan kebiasaan, pola pikir, serta apa saja yang dimiliki atau dilakukan oleh seseorang. Identifikasi merupakan proses peniruan secara menyeluruh atau menjadi sama (identik) dengan pihak lain. Motivasi merupakan proses pemberian pandangan atau pernyataan kepada individu dan diterima dengan pertimbangan rasional. Empati merupakan bentuk simpati yang lebih mendalam sehingga ada tindakan nyata untuk bersimpati. Simpati merupakan proses ketertarikan seseorang kepada orang lain, orang akan menempatkan diri sesuai dengan kondisi orang lain baik sedih atau senang.

Faktor yang memengaruhi interaksi sosial salah satunya dapat berupa sugesti. Sugesti merupakan sikap, pandangan, dan pendapat orang lain yang diterima tanpa berpikir ulang. Contoh dari sugesti misalnya anjuran meminum obat dari dokter kepada pasiennya yang kemudian dilakukan (diikuti) oleh pasien tersebut. Dengan demikian, kepatuhan Ibu Rahmat untuk selalu minum obat sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter Ivan merupakan contoh dari sugesti.

Adapun faktor yang memengaruhi interaksi sosial lainnya, yaitu:

  • Imitasi merupakan proses peniruan tetapi tidak menyeluruh hanya meniru sebagian saja. Imitasi dapat dilakukan dalam bermacam-macam bentuk misalnya gaya bicara, gaya berpakaian, tingkah laku, adat dan kebiasaan, pola pikir, serta apa saja yang dimiliki atau dilakukan oleh seseorang.
  • Identifikasi merupakan proses peniruan secara menyeluruh atau menjadi sama (identik) dengan pihak lain.
  • Motivasi merupakan proses pemberian pandangan atau pernyataan kepada individu dan diterima dengan pertimbangan rasional.
  • Empati merupakan bentuk simpati yang lebih mendalam sehingga ada tindakan nyata untuk bersimpati.
  • Simpati merupakan proses ketertarikan seseorang kepada orang lain, orang akan menempatkan diri sesuai dengan kondisi orang lain baik sedih atau senang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

174

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seseorang yang sedang dalam kondisi krisis, kadang tidak dapat berpikir rasional, seperti halnya Pak Deddy yang langsung menerima saran dari seorang dukun supaya merendam kakinya yang terkena rematik ...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia