Roboguru

Kepala sekolah SMA Bangun Negeri selalu memberikan bimbingan etika dan moral kepada siswa setiap hari Senin pada waktu upacara berlangsung. Sementara itu, guru kelas menambahkan nasehat agar murid-mur

Kepala sekolah SMA Bangun Negeri selalu memberikan bimbingan etika dan moral kepada siswa setiap hari Senin pada waktu upacara berlangsung. Sementara itu, guru kelas menambahkan nasehat agar murid-muridnya selalu bersikap disiplin, tertib, dan takwa.

Berdasarkan contoh tersebut, tujuan sosialisasi yang dilakukan sekolah adalah ...

  1. mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi era global

  2. mendidik siswa agar terampil, disiplin, dan tertib di sekolah

  3. membentuk pribadi siswa agara tertib, teratur, dan berakhlak mulia

  4. agar siswa menjadi anak yang cerdas mempelajari berbagai ilmu

  5. agar siswa terampil dalam melakukan berbagai kegiatan di sekolah

Jawaban:

Sosialisasi merupakan proses penanaman atau proses belajar kebiasaan-kebiasaan, nilai dan norma dalam suatu kelompok masyarakat. Dalam sosiologi kepribadian dikenal dengan sebutan diri atau self. Sosialiasi bertujuan untuk membentuk diri atau self seseorang agar dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang dianut masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya. Berdasarkan soal ditekankan pada proses bimbingan etika dan moral kepada siswa setiap hari senin dan bimbingan dari guru agar selalu bersikap disiplin, tertib dan takwa. Sehingga bimbingan etika moral dan takwa bertujuan untuk membentuk pribadi yang beraklak mulia sedangkan disiplin, dan tertib untuk membentuk pribadi siswa yang teratur, dan tertib.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved