Roboguru
SD

Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kau Pemerintahan, Kau Pembangunan dan Kau Keuangan Apabila dikaitkan dengan gejala sosial akibat heterogenitas sosial, kesimpulan tepat berkaitan dengan struktur pemerintahan pada gambar adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan struktur pemerintah desa berikut!

 undefined

Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kau Pemerintahan, Kau Pembangunan dan Kau Keuangan Apabila dikaitkan dengan gejala sosial akibat heterogenitas sosial, kesimpulan tepat berkaitan dengan struktur pemerintahan pada gambar adalah ... undefined

  1. struktur pemerintah desa termasuk contoh stratifikasi sosial tertutup dalam masyarakat undefined

  2. masyarakat dapat menempati jabatan dalam struktur pemerintah desa sesuai kepemilikan harta benda undefined

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

James Samuel Coleman mendefinisikan struktur sosial merupakan pola hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia. Sementara Soerjono Soekanto, struktur sosial merupakan hubungan timbal balik antar posisi-posisi dan peranan-peranan sosial. Di masyarakat, struktur sosial dibagi menjadi beberapa macam sebagai berikut.

  1. Struktur sosial kaku. Struktur sosial yang sulit mengalami perubahan dan biasanya diwariskan secara turun temurun. Misalnya sistem kasta di Bali
  2. Struktur sosial luwes. Strukur sosial yang bersifat fleksibel dan mudah mengalami perubahan. Contoh: Posisi kepala desa yang dipilih berdasarkan suara terbanyak dan kemampuan tidak harus dari keturunan bangsawan.
  3. Struktur sosial formal. Strukutr sosual yang diakui oleh hukum atau pihak berwenang di suatu daerah. Contoh: Bupati, Pemerintah Daerah.
  4. Struktur sosial informal. Struktur sosial yang keberadaannya ada di masyarakat, memiliki fungsi, tetap tidak memiliki ketetapan hukum dan tidak diakui pihak berwenang. Contoh tokoh adat, tokoh masyarakat yang memiliki wibawa dan disegani oleh masyarakat.
  5. Struktur sosial homogen. Struktur sosial yang memiliki latar belakang identitas yang sama, seperti suku, agama.
  6. Struktur sosial heterogen. Struktur sosial yang memiliki keanekaragaman identitas anggota masyarakatnya mulai dari latar belakang ras, suku, maupun agama. 
  7. Struktur sosial mekanis. Struktur sosial yang menuntut kesamaan posisi dari anggota masyarakat dengan tujuan anggota masyarakat dapat menjalankan fungsinya. Contoh: suatu kedudukan dalam masyarakat yang dapat digantikan anggota masyarakat yang lain.
  8. Strukutr sosial statistik. Struktur sosial yang dapat berfungsi apabila syarat anggotanya terpenuhi.
  9. Struktur atas dan bawah. Struktur sosial yang ditandai dengan kelompok orang yang menguasai masing-masing bidang misa politik, ekonomi, dan budaya.
  10. Struktur horizontal dan vertikal. Pembedaan atau penggolongan masyarakat secara horizontal berdasarkan aspek diferensiasi dan secara vertikal berdasarkan aspek stratifikasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka struktur pemerintahan desa pada gambar di atas termasuk dalam struktur formal, luwes, mekanis, dan terbuka masyarakat apabila memiliki kemampuan yang dipersyaratkan. 

485

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Struktur sosial yang unsur-unsurnya mempunyai pengaruh yang sama terhadap dunia luar adalah struktur....

108

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia