Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kenyamanan belajar di kelas dipengaruhi oleh cara mengajar guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Jika hal itu akan dijadikan judul penelitian, variabel terikatnya adalah . . . .

Kenyamanan belajar di kelas dipengaruhi oleh cara mengajar guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Jika hal itu akan dijadikan judul penelitian, variabel terikatnya adalah . . . . 

  1. kenyamanan belajar 

  2. materi pelajaran 

  3. cara mengajar

  4. kondisi kelas 

  5. guru di kelas 

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pada umumnya, variabel penelitian dibedakan menjadi dua, yakni variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen) . Variabel bebas merupaka n variabel yang mempengaruhi atau menjadi penyebab terjadinya perubahan pada variabel lain. Lalu, variabel terikat adalah variabel yang keberadaannya dipengaruhi atau menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Dinamakan variabel terikat karena kondisi atau variasinya terikat atau dipengaruhi oleh variasi variabel lain, yaitu dipengaruhi oleh variabel bebas. Berdasarkan ilustrasi pada soal, jika dijadikan judul penelitian, maka judulnya adalah Pengaruh Cara Mengajar Guru dalam Menyampaikan Materi Pelajaran terhadap Kenyamanan Belajar Siswa di Kelas. Mengacu pada judul penelitian tersebut, maka variabel bebasnya adalah cara mengajar guru, sedangkan variabel terikatnya adalah kenyamanan belajar.

Pada umumnya, variabel penelitian dibedakan menjadi dua, yakni variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen). Variabel bebas merupakan variabel yang mempengaruhi atau menjadi penyebab terjadinya perubahan pada variabel lain. Lalu, variabel terikat adalah variabel yang keberadaannya dipengaruhi atau menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Dinamakan variabel terikat karena kondisi atau variasinya terikat atau dipengaruhi oleh variasi variabel lain, yaitu dipengaruhi oleh variabel bebas.

Berdasarkan ilustrasi pada soal, jika dijadikan judul penelitian, maka judulnya adalah Pengaruh Cara Mengajar Guru dalam Menyampaikan Materi Pelajaran terhadap Kenyamanan Belajar Siswa di Kelas. Mengacu pada judul penelitian tersebut, maka variabel bebasnya adalah cara mengajar guru, sedangkan variabel terikatnya adalah kenyamanan belajar.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

38

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rumusan judul berbunyi : "Pengaruh Pola Asuh terhadap Kemandirian Remaja". Dalam judul penelitian tersebut variabel terikatnya adalah….

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia