Roboguru

Kenapa Indonesia mempunyai iklim tropis?

Pertanyaan

Kenapa Indonesia mempunyai iklim tropis?space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Indonesia beriklim tropis karena secara astronomis  indonesia terletak di 6o LU – 11o LS itu artinya indonesia masuk pada zona Tropis, yaitu zona yang terletak pada  lintang 23,5° LU dan 23,5° LS. Adanya iklim tropis ini membuat  indonesia menjadi negara yang mendapat penyinaran cahaya matahari sepanjang tahun dan Indonesia memiliki curah hujan yang cenderung tinggi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di indonesia terdapat 3 jenis iklim, yaitu :

Pembahasan Soal:

Iklim merupakan rata-rata keadaan udara suatu daerah yang sangat lama dan meliputi wilayah yang luas. Indonesia dipengaruhi oleh iklim:

  1. Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap waktu. Tetapi biasanya perubahan satu periode sekitar 6 bulan sekali.
  2. Iklim Laut, terjadi karena indonesia memiliki begitu luas laut sehingga menimbulkan penguapan dan mengakibatkan terbentuknya hujan dan amplitudo suhu harian, bulanan, dan tahunan tidak jauh perbedaannya.
  3. Iklim tropis, Iklim ini disebabkan karena letak Indonesia yang berada di sekitar garis khatulistiwa

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Jelaskan pola iklim yang ada di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Iklim di Indonesia memiliki 3 macam iklim yaitu iklim musim (iklim muson), iklim tropika (iklim panas), dan iklim laut. Berikut penjelasan dari ketiga pola iklim tersebut :

  1. Iklim musim (muson), Iklim musim merupakan iklim yang terjadi karena adanya angin musim, yang bertiup dan berganti arah setiap setengah tahun sekali, dimana Angin musim ini terdiri dari angin musim barat dan angin musim timur, angin musim barat ini merupakan angin yang terjadi pada bulan oktober-April dan angin ini membawa banyak uap air sehingga indonesia akan mengalami musim penghujan.Sedangkan angin musim  timur adalah angin yang terjadi pada bulan april-oktober dan  membawa sedikit uap air sehingga indonesia mengalami musim kemarau.
  2. Iklim tropika (panas), Indonesia memiliki 2 musim , yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Dengan adanya iklim tropik ini membuat Indonesia mendapat penyinaran cahaya matahari sepanjang tahun dan Indonesia memiliki curah hujan yang cenderung tinggi
  3.  Iklim laut ,Iklim laut  merupakan Iklim yang banyak mendatangkan hujan, karena iklim ini bersifat lembab .Nah iklim laut ini bisa terjadi di indonesia karena  Indonesia memiliki lautan yang sangat luas. Oleh sebab itu, tingkat penguapan di Indonesia cederung tinggi.

0

Roboguru

3 jenis iklim yang sangat memengaruhi keadaaan iklim di Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Tiga jenis Iklim di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Iklim tropis
    Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat negara kita menjadi negara tropis.
  • Iklim Muson atau Iklim Musim
    Iklim monsun terjadi karena adanya angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Angin muson barat menyebabkan Indonesia mengalami musim penghujan dan angin muson timur menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau.
  • Iklim Laut
    Iklim laut terjadi karena Indonesia berbentuk kepulauan dan memiliki laut yang luas. Keberadaan laut yang luas serta adanya penyinaran matahari relatif stabil sepanjang tahun menyebabkan tingkat evaporasi tinggi yang berdampak pada tingginya curah hujan di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

1

Roboguru

Perubahan iklim akan memicu terjadinya bencana alam....

Pembahasan Soal:

Perubahan iklim adalah perubahan pola dan intensitas unsur iklim dalam periode waktu yang sangat lama. Bentuk perubahan berkaitan dengan perubahan kebiasaan cuaca atau perubahan persebaran kejadian cuaca. Penyebab utama terjadinya perubahan iklim yaitu pemanasan global. Perubahan iklim akan memicu terjadinya bencana alam klimatik. Bencana alam klimatik adalah bencana alam yang disebabkan oleh faktor iklim yang meliputi suhu, sinar matahari, kelembapan, angin, dan curah hujan. Contoh bencana alam klimatik adalah banjir, banjir rob, kekeringan, kebakaran hutan, dan sebagainya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Berdasarkan letak astronomis Indonesia termasuk ke dalam wilayah …

Pembahasan Soal:

Letak astronomis dapat diartikan sebagai letak wilayah  berdasarkan kedudukan garis lintang dan bujur. Secara astronomis, wilayah Indonesia berada antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT. Letak lintangnya menyebabkan Indonesia beriklim tropis, karena berada zona tropis yaitu di antara 23,5° LU dan 23,5° LS.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved