Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kenakalan remaja merupakan salah satu permasalahan sosial yang sangat memprihatinkan dan apabila tidak segera disikapi oleh pemerintah dan warga masyarakat, akan bertambah tingginya tingkat kenakalan remaja setiap tahunnya. Sebagai pelajar yang bijak dan inovatif serta kreatif, coba anda analisis faktor apa saja penyebab kenakalan remaja? Serta dampak-dampak yang akan ditimbulkannya dan bagaimana pemecahan masalah tersebut?

Kenakalan remaja merupakan salah satu permasalahan sosial yang sangat memprihatinkan dan apabila tidak segera disikapi oleh pemerintah dan warga masyarakat, akan bertambah tingginya tingkat kenakalan remaja setiap tahunnya. Sebagai pelajar yang bijak dan inovatif serta kreatif, coba anda analisis faktor apa saja penyebab kenakalan remaja? Serta dampak-dampak yang akan ditimbulkannya dan bagaimana pemecahan masalah tersebut?space space

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja , diantaranya : Sosialisasi tidak sempurna. Perilaku menyimpang terjadi akibat kegagalan salah satu agen sosialiasi dalam proses sosialiasi kepada seorang individu. Sehingga,individu tidak mampu mendalami norma-norma dalam masyrakat yang berlaku. Hal ini bisa terjadi pada keluarga yang broken home dan orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Sub kebudayaan menyimpang.Perilaku menyimpang terjadi pada masyarakat yang memiliki nilai-nilai sub kebudayaan yang menyimpang, yaitu suatu kebudayaan khusus yang normanya bertentangan dengan norma-norma budaya pada umumnya. Dampak yang ditimbulkan dari kenakalan remaja adalah : Dapat menghancurkan masa depan seorang individu. Mencemari nama keluarga. Bisa dikucilkan oleh lingkungan masyarakat. Upaya pengendalian sosial yang dapat dilakukan dalam mengatasi kenakalan remaja diantaranya : Pengendalian represif, yaitu pengendalian sosial yang dilakukan setelah terjadinya penyimpangan seperti orangtua yang menghukum anaknya akibat lalai terhadap tugas sekolah. Pengendalian koersif, yaitu pengendalian sosial yang dilakukan dengan cara kekerasan seperti penertiban yang dilakukan oleh polisi terhadap suatu kelompok yang sedang bermabuk-mabukan.

Faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja, diantaranya :

  1. Sosialisasi tidak sempurna. Perilaku menyimpang terjadi akibat kegagalan salah satu agen sosialiasi dalam proses sosialiasi kepada seorang individu. Sehingga, individu tidak mampu mendalami norma-norma dalam masyrakat yang berlaku. Hal ini bisa terjadi pada keluarga yang broken home dan orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya.
  2. Sub kebudayaan menyimpang. Perilaku menyimpang terjadi pada masyarakat yang memiliki nilai-nilai sub kebudayaan yang menyimpang, yaitu suatu kebudayaan khusus yang normanya bertentangan dengan norma-norma budaya pada umumnya.

Dampak yang ditimbulkan dari kenakalan remaja adalah :

  1. Dapat menghancurkan masa depan seorang individu.
  2. Mencemari nama keluarga.
  3. Bisa dikucilkan oleh lingkungan masyarakat.

Upaya pengendalian sosial yang dapat dilakukan dalam mengatasi kenakalan remaja diantaranya :space space

  1. Pengendalian represif, yaitu pengendalian sosial yang dilakukan setelah terjadinya penyimpangan seperti orangtua yang menghukum anaknya akibat lalai terhadap tugas sekolah.
  2. Pengendalian koersif, yaitu pengendalian sosial yang dilakukan dengan cara kekerasan seperti penertiban yang dilakukan oleh polisi terhadap suatu kelompok yang sedang bermabuk-mabukan.space space

453

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa perilaku menyimpang tetap ada walaupun nilai dan norma ada dalam masyarakat?

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia