Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kemukakan sebab dan cara penyelesaian konflik yang terjadi di lingkungan sekitar Anda!

Kemukakan sebab dan cara penyelesaian konflik yang terjadi di lingkungan sekitar Anda! space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi.

jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi. space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut. Soal di atasberkaitan dengan upaya penyelesaian konflik dan poin yang ditanyakan adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi. Konflik sosial merupakan proses sosial ketika individu atau sekelompok orang yang dalam mencapai tujuannya menggunakan cara menentang pihak lawan disertai ancaman dan kekerasan. Konflik disebabkan oleh berbagai faktor seperti perbedaan individu, perbedaan kepentingan, perbedaan kebudayaan, dan adanya perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat. Konflik dapat diselesaikan dengan beberapa cara sebagai berikut. Mediasi. Upaya penyelesaian konflik melalui pihak ketiga, dan pihak ketiga dalam hal ini bersifat netral atau hanya sebagai penengah. Contoh: suami istri yang akan bercerai dimediasi oleh mediator agar mempertimbangkan kembali keputusannya. Arbitrasi. Penyelesaian konflik melalui pihak ketiga sebagai pengambil keputusan yang harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang berkonflik. Pihak ketiga dalam hal ini memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari pihak-pihak yang berkonflik. Contoh: konflik antara buruh dengan pihak perusahaan terkait dengan upah kemudian ditangani oleh pemerintah dengan penetapan upah minimum. Koersi. Penyelesaian konflik dengan menggunakan cara paksaan atau kekerasan . Contoh: penyelesaain demonstrasi yang berlangsung diatasi dengan tembakan gas air mata oleh polisi. Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut.

Soal di atas berkaitan dengan upaya penyelesaian konflik dan poin yang ditanyakan adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi.

Konflik sosial merupakan proses sosial ketika individu atau sekelompok orang yang dalam mencapai tujuannya menggunakan cara menentang pihak lawan disertai ancaman dan kekerasan. Konflik disebabkan oleh berbagai faktor seperti perbedaan individu, perbedaan kepentingan, perbedaan kebudayaan, dan adanya perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat. Konflik dapat diselesaikan dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Mediasi. Upaya penyelesaian konflik melalui pihak ketiga, dan pihak ketiga dalam hal ini bersifat netral atau hanya sebagai penengah. Contoh: suami istri yang akan bercerai dimediasi oleh mediator agar mempertimbangkan kembali keputusannya. 
  2. Arbitrasi. Penyelesaian konflik melalui pihak ketiga sebagai pengambil keputusan yang harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang berkonflik. Pihak ketiga dalam hal ini memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari pihak-pihak yang berkonflik. Contoh: konflik antara buruh dengan pihak perusahaan terkait dengan upah kemudian ditangani oleh pemerintah dengan penetapan upah minimum.
  3. Koersi. Penyelesaian konflik dengan menggunakan cara paksaan atau kekerasan. Contoh: penyelesaain demonstrasi yang berlangsung diatasi dengan tembakan gas air mata oleh polisi.

Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah mediasi, arbitrasi, dan koersi. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

prasetyawan aji tama

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik?

59

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia