Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kemajemukan suku bangsa di Indonesia harus dipelihara. Jika tidak, kemajemukan suku bangsa tersebut akan menjadi ....

Kemajemukan suku bangsa di Indonesia harus dipelihara. Jika tidak, kemajemukan suku bangsa tersebut akan menjadi .... space

  1. pemicu konflik space

  2. pendorong integrasi space

  3. penghambat akulturasi space

  4. penghambat integrasi space

  5. pendorong perubahan space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Soal di atas berkaitan dengan permasalahan dari adanya keberagaman di Masyarakat baik secara vertikal maupun horizontal, dan poin yang menjadi pertanyaan adalah permasalahan yang muncul dalam kehidupan masyarakat yang beragam. Keragaman dalam masyarakat baik secara vertikal (stratifikasi sosial) yang memunculkan kelas-kelas sosial seperti kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah yang penetuan kelasnya didasarkan pada beberapa aspek seperti kekayaan, keturunan, maupun kekuasaan juga secara horizontal (diferensiasi sosial, pembedaan sosial namun semua kedudukannya sama) yang terdiri dari diferensiasi agama, ras, suku, klan apabila tidak disikap dengan bijak maka akan memicu munculnya konflik di masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya keragaman tersebut, masing-masing individu atau golongan akan saling mengunggulkan atau menganggap diri atau budayanya yang lebih baik dibandingkan yang lain karena salah satu faktor pemicu konflik adalah perbedaan kebudayaan. Namun apabila disikap dengan bijak, dipahami bahwa perbedaan akan menambah warna dalam kehidupan maka adanya keragaman akan menambah kekayaan budaya bangsa. Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A. Pilihan jawaban Bkurang tepat karena kemajemukan yang tidak terpeihara dengan baik bukan pendorong integrasi sosial. Pilihan jawaban Ckurang tepat karena penghambat akulturasi bukan kemajemukan yang tidak terpelihara namun kurangnya sikap terbuka dari masing-masing budaya. Pilihan jawaban Dkurang tepat faktor peghambat adalah tidak adanya keterbukaan terhadap budaya lain. Pilihan jawaban E kurang tepat karena faktor pendorong perubahan adalah kontak dengan kebudayaan lain.

Soal di atas berkaitan dengan permasalahan dari adanya keberagaman di Masyarakat baik secara vertikal maupun horizontal, dan poin yang menjadi pertanyaan adalah permasalahan yang muncul dalam kehidupan masyarakat yang beragam.

Keragaman dalam masyarakat baik secara vertikal (stratifikasi sosial) yang memunculkan kelas-kelas sosial seperti kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah yang penetuan kelasnya didasarkan pada beberapa aspek seperti kekayaan, keturunan, maupun kekuasaan juga secara horizontal (diferensiasi sosial, pembedaan sosial namun semua kedudukannya sama) yang terdiri dari diferensiasi agama, ras, suku, klan apabila tidak disikap dengan bijak maka akan memicu munculnya konflik di masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya keragaman tersebut, masing-masing individu atau golongan akan saling mengunggulkan atau menganggap diri atau budayanya yang lebih baik dibandingkan yang lain karena salah satu faktor pemicu konflik adalah perbedaan kebudayaan. Namun apabila disikap dengan bijak, dipahami bahwa perbedaan akan menambah warna dalam kehidupan maka adanya keragaman akan menambah kekayaan budaya bangsa.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Pilihan jawaban B kurang tepat karena kemajemukan yang tidak terpeihara dengan baik bukan pendorong integrasi sosial.

Pilihan jawaban C kurang tepat karena penghambat akulturasi bukan kemajemukan yang tidak terpelihara namun kurangnya sikap terbuka dari masing-masing budaya.

Pilihan jawaban D kurang tepat faktor peghambat adalah tidak adanya keterbukaan terhadap budaya lain.

Pilihan jawaban E kurang tepat karena faktor pendorong perubahan adalah kontak dengan kebudayaan lain. space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

96

Claudiya

Pembahasan terpotong

Davi Ferdinand Al Rahman

Jawaban tidak sesuai Pembahasan terpotong Pembahasan tidak menjawab soal Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sistem pendidikan di Indonesia masih banyak diwarnai oleh pola feodalisme, di mana orientasi orang tua menyekolahkan anak-anaknya lebih banyak bertujuan untuk ....

46

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia