Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kemajemukan masyarakat Indonesia antara lain ditandai oleh kenyataan adanya keragaman budaya, suku bangsa, dan kelompok etnis. Faktor yang menyebabkan kemajemukan demikian adalah ........

Kemajemukan masyarakat Indonesia antara lain ditandai oleh kenyataan adanya keragaman budaya, suku bangsa, dan kelompok etnis. Faktor yang menyebabkan kemajemukan demikian adalah ........

  1. wilayah yang terdiri atas ribuan pulau besar maupun kecil

  2. wilayah yang letaknya diantara dua benua dan dua samudera

  3. latar belakang sejarah dan pengaruh kebudayaan luar daerah

  4. variasi iklim dan perbedaan antara kawasan barat dengan timur

  5. perbedaan jenis dan kesuburan tanah antara jawa dengan luar jawa

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kemajemukan masyarakat indonesia yang menciptakan banyak perbedaan perbedaan yang dapat dilihat secara langsung disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah latar belakang sejarah dan pengaruh kebudayaan luar daerah. Latar belakang sejarah menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari yunani, yaitu wilayah di Tiongkok bagian selatan. Mereka datang secara bergelombang dalam waktu dan jalur yang berbeda sehingga mendiami wilayah yang berbeda juga yang mengakibatkan penduduk yang menempati pulau pulau itu tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang terisolasi dengan yang lain, kemudian mereka mengembangkan bahasa, ikatan ikatan kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sehingga berdasarkan ilustrasi yang menjelaskan adanya keragaman budaya, suku bangsa, dan kelompok etnis disebabkan karena latar belakang sejarah dan pengaruh kebudayaan luar daerah. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Wilayah yang terdiri dari atas ribuan pulau besar dan kecil menyebabkan banyak keragaman bukan hanya dari suku bangsa dan budaya saja. Wilayah yang letaknya diantara dua benua dan dua samudra menyebabkan adanya keragaman agama di masyarakat, karena letaknya strategis sehingga banyak negara lain datang ke indonesia salah satunya membawa pengaruh agama. Variasi iklim dan perbedaan kawasan bagian barat dengan timur menyebabkan keragaman ras atau ciri fisik bawaan di masyarakat indonesia. Perbedaan jenis dan kesuburan tanah antara Jawa dengan luar Jawa menyebabkan adanya keragaman mata pencaharian masyarakat.

Kemajemukan masyarakat indonesia yang menciptakan banyak perbedaan perbedaan yang dapat dilihat secara langsung disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah latar belakang sejarah dan pengaruh kebudayaan luar daerah. Latar belakang sejarah menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari yunani, yaitu wilayah di Tiongkok bagian selatan. Mereka datang secara bergelombang dalam waktu dan jalur yang berbeda sehingga mendiami wilayah yang berbeda juga yang mengakibatkan penduduk yang menempati pulau pulau itu tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang terisolasi dengan yang lain, kemudian mereka mengembangkan bahasa, ikatan ikatan kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sehingga berdasarkan ilustrasi yang menjelaskan adanya keragaman budaya, suku bangsa, dan kelompok etnis disebabkan karena latar belakang sejarah dan pengaruh kebudayaan luar daerah.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Wilayah yang terdiri dari atas ribuan pulau besar dan kecil menyebabkan banyak keragaman bukan hanya dari suku bangsa dan budaya saja.
  • Wilayah yang letaknya diantara dua benua dan dua samudra menyebabkan adanya keragaman agama di masyarakat, karena letaknya strategis sehingga banyak negara lain datang ke indonesia salah satunya membawa pengaruh agama.
  • Variasi iklim dan perbedaan kawasan bagian barat dengan timur menyebabkan keragaman ras atau ciri fisik bawaan di masyarakat indonesia.
  • Perbedaan jenis dan kesuburan tanah antara Jawa dengan luar Jawa menyebabkan adanya keragaman mata pencaharian masyarakat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang karyawan atau pegawai suatu perusahaan atau departemen walaupun hanya duduk di ruang jaga sepanjang hari sebagai operator telepon, ia akan menikmati suatu status yang lebih tinggi walaupun den...

103

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia