Roboguru

Keluarga merupakan lembaga yang mempunyai fungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia, yaitu salah satu fungsi keluarga untuk fungsi ….

Pertanyaan

Keluarga merupakan lembaga yang mempunyai fungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia, yaitu salah satu fungsi keluarga untuk fungsi ….undefined  

  1. ekonomiundefined  

  2. reproduksiundefined  

  3. afeksiundefined  

  4. perlindunganundefined  

  5. pengawasanundefined  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Lembaga Keluarga adalah unit sosial terkecil dalam masyarakat atau lembaga yang antar anggotanya memiliki hubungan erat terdiri atas ayah, ibu serta anak anaknya, di landasi pada jiwa setiap anggota selalu menanamkan suasana kasih sayang dan rasa tanggung jawab. Lembaga keluarga memiliki beberapa fungsi yaitu, reproduksi, proteksi, ekonomi, sosialisasi, afeksi, pengawasan sosial, pemberian status dan pengendalian sosial. Pada fungsi reproduksi, suatu keluarga, anak anak adalah wujud dari cinta kasih serta tanggung jawab dari suami istri yang akan meneruskan keturunannya. Keluarga mempunyai fungsi reproduksi berarti dari pernikahan harapannya akan memberikan keturunan.undefined  

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Keluarga yang dibentuk melalui pernikahan dan mempunyai keturunan disebut keluarga ....

Pembahasan Soal:

Lembaga keluarga adalah unit sosial terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Dari keluarga akan melahirkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadian dalam masyarakat. Keluarga yang dibentuk melalui pernikahan dan mempunyai keturunan disebut keluarga prokreasi.undefined 
 

0

Roboguru

Jelaskan tentang fungsi-fungsi keluarga ...

Pembahasan Soal:

Pada poin diatas yang ditanyakan adalah fungsi pranata keluarga. Keluarga menjadi bagian terpenting bagi kehidupan seseorang sejak ia kanak-kanak. Melalui keluarga, karakter dan kebiasaan seseorang terbentuk. Pendidikan yang pertama pun berlangsung di dalam keluarga.  Adapun fungsi dari pranata keluarga yaitu sebagai berikut :

  1. Fungsi agama, keluarga menjadi tempat dimana nilai agama diberikan, diajarkan, dan dipraktikkan. Disini, orangtua berperan menanamkan nilai agama sekaligus memberi identitas agama kepada anak.
  2. Fungsi kasih sayang, sejak bayi dilahirkan, sejak itu pula ia mengenal kasih sayang. Perasaan disayangi sangat penting bagi seorang anak, karena kelak ia akan tumbuh menjadi seseorang yang mampu menyayangi pula.
  3. Fungsi perlindungan, idelanya keluarga merupakan tempat aman dan nyaman bagi setiap anggota keluarganya
  4. Fungsi sosial budaya, keluarga juga punya peran penting dalam memperkenalkan anak kepada nilai-nilai sosial budaya yang ada di masyarakat. 
  5. Fungsi reproduksi, salah satu tujuan sebagian besar umat manusia untuk berkeluarga adalah untuk mendapatkan keturunan. Melalui pernikahan yang sah, keluarga menjadi entitas yang mampu menghasilkan generasi penerus bangsa
  6. Fungsi sosialisasi, keluarga menjadi tempat pertama seorang anak belajar bersosialisasi dengan orang lain, yaitu orangtua dan saudara-saudaranya. Di dalam keluarga pula proses pendidikan untuk pertama kalinya diterima oleh anak.
  7. Fungsi ekonomi, keluarga mampu menumbuhkan jiwa kewirusahaan sehingga dapat membuat anggota keluarganya cerdas dalam mengatur perekonomiannya kelak.space space space   

0

Roboguru

Fungsi pranata keluarga bagi masyarakat adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan tentang pranata keluarga. Keluarga berarti kekerabatan yang dibentuk atas dasar perkawinan dan hubungan darah. Pranata keluarga memiliki bebera Fungsi di antaranya;

  1. Melanjutkan keturunan.
  2. Afeksi.
  3. Sosialisasi atau transmisi kebudayaan.
  4. Ekonomi,
  5. Kontrol Sosial.
  6. dan Proteksi

Dengan melihat penjelasan tersebut, yang termasuk fungsi pranata keluarga adalah A.space 

0

Roboguru

Seorang laki-laki dan perempuan mengikat janji dalam perkawinan dengan tujuan membentuk keluarga sejahtera dan memiliki anak yang dapat menjadi tumpuan hidup pada hari tua. Fenomena tersebut berkaitan...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah fungsi lembaga keluarga

Lembaga keluarga sebagai unit sosial terkecil dalam lingkungan sosial yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anaknya. Yang mana lembaga keluarga terbentuk karena memiliki tujuan yaitu mengatur peran dan status sosial masing-masing anggota keluarga. Pada lembaga keluarga juga terbentuk untuk menyelesaikan fungsi-fungsinya yaitu 

1. Fungsi reproduksi yaitu untuk memenuhi kebutuhan biologis masing-masing individu yang bertujuan untuk memiliki keturunan atau anak. 
2. Fungsi proteksi yaitu untuk memperoleh keterjaminan dan perlindungan baik secara fisik maupun psikologis.
3. Fungsi ekonomi yaitu memenuhi dari kebutuhan ekonomi seorang individu yang didapatkan dari pemberian nafkah dari sorang suami. 
4. Fungsi edukasi yaitu keluarga sabagai lingkungan pertama individu mendapatkan pendidikan dari ayah dan ibu untuk anak-anaknya. 
5. Fungsi sosialiasi yaitu sebagai pembentukan kepribadian seorang individu. 
6. Fungsi afeksi yaitu fungsi yang mempengaruhi dari kepekaan perasaan seorang anak pada orang tuanya, artinya akan mempengaruhi hubungan emosional dan hubungan batin antara anak dan orang tua. 
7. Fungsi religius yaitu keluarga berkewajiban dalam memperkenalkan dan mengajak anaknya serta anggota keluarga lainnya untuk hidup beragama sesuai keyakinan yang dianut. 
8. Fungsi rekreatif yaitu Keluarga haruslah dapat memberikan ketenangan, kenyamanan jiwa, dan suasana damai dalam keluarganya. 
9. Fungsi pengendalian sosial yaitu keluaga sebagai tempat dalam mencegah anggota keluarga untuk melalukan perilaku mneyimpang.

Pada kasus diatas seorang laki-laki dan perempuan mengikat janji dalam perkawinan dengan tujuan membentuk keluarga sejahtera dan memiliki anak yang dapat menjadi tumpuan hidup pada hari tua. Kasus ini merupakan fungsi reproduksi dari lembaga keluarga yaitu untuk meneruskan keturunan untuk menjadi tumpuan hidup pada hari tua. Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Fungsi keluarga yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai keluarga disebut ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan tentang pranata keluarga. Keluarga berarti kekerabatan yang dibentuk atas dasar perkawinan dan hubungan darah. Fungsi keluarga yang berkaitan dengan penanaman nilai keluarga adalah afeksi, yang berarti bentuk kasih sayang keluarga terhadap anaknya. Dalam afeksi akan menciptakan perkembangan individu dan psikososial anggota keluarga untuk berkembang dan hidup dalam masyarakatnya. Pada akhirnya afeksi menjalankan fungsi sebagai penanaman nilai-nilai keluarga.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.space 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved