Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kelompok sosial yang ditandai ciri-ciri antar anggotanya saling mengenal, terjalin kerja sama erat, serta bersifat pribadi dapat ditemukan pada kelompok sosial yang memiliki ikatan darah atau garis keturunan sama. Hubungan antaranggota dalam kelompok tersebut diikat oleh kesatuan batian dan rasa kasih sayang. Jenis kelompok sosial yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah kelompok…

Kelompok sosial yang ditandai ciri-ciri antar anggotanya saling mengenal, terjalin kerja sama erat, serta bersifat pribadi dapat ditemukan pada kelompok sosial yang memiliki ikatan darah atau garis keturunan sama. Hubungan antaranggota dalam kelompok tersebut diikat oleh kesatuan batian dan rasa kasih sayang. Jenis kelompok sosial yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah kelompok… space space

  1. Sekunder  space space

  2. Primer  space space

  3. Okupasional  space space

  4. Volunter  space space

  5. Patembayan  space space

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kelompok sosial merupakan kumpulan individu yang saling berinteraksi, anggotanya memiliki kesadaran sebagai bagian dari kelompok, dan memiliki kepentingan atau tujuan yang hendak dicapai bersama. Charles H. Cooley membedakan kelompok sosial menjadi dua, yaitu: Kelompok primer. Kelompok sosial yang hubungan antar anggotanya bersifat erat, akrab, sering berinetraksi secara langsung,dan memiliki solidaritas yang tinggi antar satu anggota dengan yang lainnya. Kelompok sekunder. Kelompok sosial yang hubungan antar anggotanya longgar dan bersifat impersonal, dan kurang mengenal satu sama lain. Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Kelompok sosial merupakan kumpulan individu yang saling berinteraksi, anggotanya memiliki kesadaran sebagai bagian dari kelompok, dan memiliki kepentingan atau tujuan yang hendak dicapai bersama.

Charles H. Cooley membedakan kelompok sosial menjadi dua, yaitu:

  1. Kelompok primer. Kelompok sosial yang hubungan antar anggotanya bersifat erat, akrab, sering berinetraksi secara langsung, dan memiliki solidaritas yang tinggi antar satu anggota dengan yang lainnya.
  2. Kelompok sekunder. Kelompok sosial yang hubungan antar anggotanya longgar dan bersifat impersonal, dan kurang mengenal satu sama lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B. space 

Latihan Bab

Dasar-dasar Pembentukan Kelompok

Ciri-ciri Kelompok Sosial

Bentuk Kelompok Terstruktur

Bentuk Kelompok Tidak Terstruktur

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan dari kelompok primer dan kelompok sekunder!

21rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia