Roboguru

Kelenjar garam adalah salah satu bentuk adaptasi pada burung laut untuk bertahan hidup pada lingkungan yang hipertonis terhadap cairan tubuh. Gambar berikut ini menunjukkan perubahan tekanan osmotik dan volume cairan ekstraseluler dari burung laut setelah minum 25 mL air laut dengan molaritas sebesar 0,45 M. Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah. Dari 25 mL air laut yang diminum, burung akan memperoleh 12,5 mL air murni.

Pertanyaan

Kelenjar garam adalah salah satu bentuk adaptasi pada burung laut untuk bertahan hidup pada lingkungan yang hipertonis terhadap cairan tubuh. Gambar berikut ini menunjukkan perubahan tekanan osmotik dan volume cairan ekstraseluler dari burung laut setelah minum 25 mL air laut dengan molaritas sebesar 0,45 M.

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.

Dari 25 mL air laut yang diminum, burung akan memperoleh 12,5 mL air murni.space 

  1. Benarspace 

  2. Salahspace 

Pembahasan Soal:

Ketika burung meminum air laut sebanyak 25 mL dengan molaritas 0.45 M, maka cairan tersebut akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan terjadi absorbsi melalui usus menuju pembuluh darah. Pada proses ini, terjadi difusi air dan juga garam, akibatnya kadar garam di dalam darah meningkat. Hal ini mengaktifkan saluran ion Na+ dan K+ di kelenjar garam. Ketika darah melewat kelenjar garam, saluran yang ada di sana mendorong garam ke lapisan sel epitel menuju tabung kosong di nostril. Dan akhirnya, garam keluar lewat lubang kecil di hidung. Garam yang keluar sebanyak 12.5 mL dengan molaritas 0.9 M, dengan demikian jumlah air murni yang di dapat oleh burung ialah 12.5 mL.

Dengan demikian, penyataan di atas BENAR.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved