Roboguru

Kelenjar buntu dibedakan menjadi 4 macam yaitu...

Pertanyaan

Kelenjar buntu dibedakan menjadi 4 macam yaitu...undefined 

Pembahasan Soal:

Kelenjar endokrin disebut juga kelenjar buntu karena bermuara langsung kepada pembuluh darah yang membawa hormon ke seluruh tubuh. Kelenjar endokrin menghasilkan berbagai hormon penting yang mengatur kinerja tubuh. Terdapat beberapa macam kelenjar hormon yang menghasilkan hormon dengan fungsi tertentu, antara lain:

  1. Kelenjar hipofisis atau pituitari terdiri dari dua kelenjar yakni anterior dan posterior, merupakan master of glands yang menghasilkan hormon pertumbuhan dan hormon yang memicu kelenjar hormon lainnya.
  2. Kelenjar hormon metabolik, yakni paratiroid dan tiroid yang menghasilkan hormon-hormon untuk mengatur laju metabolisme dan keseimbangan tubuh (homeostasis).
  3. Kelenjar hormon pencernaan yakni pankreas, memproduksi hormon yang mengatur sekresi enzimatik organ-organ dan saluran pencernaan.
  4. Kelenjar hormon seks yang menghasilkan hormon seks, yakni testis dan ovarium. Hormon seks mengatur meiosis gamet dari sel-sel germinal dan memicu ciri-ciri seks sekunder.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengubah reaksi kimia dalam sel dan mengubah permeabilitas membran sel terhadap bahan kimia adalah pengertian fungsi hormon untuk ....

Pembahasan Soal:

Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sistem endokrin dalam tubuh dan berfungsi untuk membantu mengendalikan hampir semua fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, hingga kerja berbagai sistem organ, termasuk organ reproduksi. Mengubah reaksi kimia dalam sel dan mengubah permeabilitas membran sel terhadap bahan kimia adalah pengertian fungsi hormon untuk bekerja terhadap sel target dengan tiga mekanisme kerja utama, yaitu:

  1. Mengubah permeabilitas saluran (membran) dengan bekerja pada protein saluran (protein kanal) yang sudah ada.
  2. Bekerja melalui sistem pembawa pesan kedua (second messenger) untuk mempengaruhi aktivitas sel.
  3. Pengaktifan gen spesifik untuk sintesis protein baru. 

0

Roboguru

Apa itu sistem endokrin ?

Pembahasan Soal:

Sistem endokrin merupakan suatu sistem organ yang bekerja dengan perantara hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin merupakan kelenjar buntu yang hasil sekresinya langsung masuk kedalam darah dan cairan limfe serta beredar dalam jaringan tanpa melalui duktus (saluran).  Hormon ini bertindak sebagai transmiter (pembawa pesan) untuk dilepaskan ke aliran darah dan hanya bekerja pada sel tertentu. Kelenjar endokrin pada tubuh manusia antara lain kelenjar hipofisis, tiroid, paratiroid, timus, pankreas, andrenal, ovarium dan testis. Sistem endokrin ini menggunakan hormon-hormon untuk pengendalian dan pengaturan metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan, tingkat energi, reproduksi dan respons terhadap cedera, stres dan suasana hati. 
Jadi sistem endokrin adalah suatu sistem organ yang bekerja dengan perantara hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin/ kelenjar buntu dan beredar tanpa melalui saluran (duktus).
 

0

Roboguru

Adrenalin adalah hormon yang berfungsi . . . .

Pembahasan Soal:

Adrenalin merupakan hormon yang disekresikan oleh kelenjar adrenal/anak ginjal. Adrenalin berpengaruh terhadap penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan tekanan darah dan denyut jantung meningkat, serta mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah). Bersama hormon insulin (sekret dari kelenjar pan kreas), adrenalin mengatur kadar gula dalam darah sampai 0,1 %.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan sistem endokrin? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

Sistem endokrin atau disebut juga sistem kelenjar buntu merupakan kelenjar yang tidak memiliki saluran khusus untuk mengeluarkan sekretnya (hormon). Sedangkan hormon sendiri berperan dalam aktivitas tubuh seperti mempertahankan homeostasis, meregulasi perkembangan, pertumbuhan serta reproduksi. Kelenjar endokrin meliputi kelenjar hipofisis atau pituitari, kelenjar pineal, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, kelenjar pankreas, kelanjar timus, kelenjar gonad (kelenjar testis dan ovari)

0

Roboguru

Berikut adalah tabel kelenjar endokrin, hormon dan fungsinya! Pernyataan yang benar tentang jenis-jenis kelenjar, hormon yang dihasilkan dan fungsinya adalah ....

Pembahasan Soal:

Hermon dibentuk pada suatu kelenjar, akan tetapi menunaikan fungsinya di tempat lain. Kelenjar endokrin pada tubuh manusia, antara lain kelenjar hipofisis, tiroid, paratiroid, timus, pankreas, adrenal, ovarium, dan testis.

  • Hipofisis anterior: menghasilkan hormon prolaktin, TSH, FSH, ACTH. LH, dan hormon pertumbuhan
  • Pankreas: menghasilkan hormon insulin (mengendalikan glukosa menjadi glukagon), glukagon (mengubah glikogen menjadi glukosa), dan stomatostatin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved