Roboguru

Kelemahan teknik hibridoma adalah . . . .

Pertanyaan

Kelemahan teknik hibridoma adalah . . . .undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teknik hibridoma adalah pengambilan dua sel dari jaringan yang berbeda pada organisme yang sama atau berbeda, kemudian dilebur atau disatukan menjadi sel tunggal yang disebut sel hibridoma. Teknik hibridoma digunakan pada produksi antibodi monoklonal. Kelemahan dari teknik hibridoma adalah membutuhkan biaya yang mahal karena menggunakan teknik dan alat yang modern serta adanya kemungkinan kontaminasi pada kultur sel.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan teknik-teknik bioteknologi!

Pembahasan Soal:

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan organisme untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berdasarkan teknik dan prinsip yang digunakan bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Salah satu karakteristik bioteknologi konvensional adalah memanfaatkan organisme secara langsung melalui teknik fermentasi. Fermentasi merupakan penguraian senyawa organik kompleks menjadi senyawa sederhana dengan bantuan mikroorganisme dalam kondisi anaerob. Berbeda dengan bioteknologi konvensional, bioteknologi modern memiliki beberapa teknik yaitu :

  1. Rekayasa genetika, yaitu teknik memanipulasi atau mengubah DNA organisme dengan cara menyisipkan gen baru ke dalam DNA penerima. Contoh produk hasil rekayasa genetika adalah tanaman transgenik.
  2. Polymerase Chain Reaction (PCR), yaitu teknik biologi molekuler untuk memperbanyak salinan suatu rantai DNA yang spesifik. 
  3. Elektroforesis, yaitu teknik yang mengukur laju perpindahan atau pergerakan partikel-partikel bermuatan dalam suatu medan listrik. Prinsip kerja dari elektroforesis berdasarkan pergerakan partikel-partikel bermuatan negatif (anion), dalam hal tersebut DNA, yang bergerak menuju kutub positif (anoda), sedangkan partikel-partikel bermuatan positif (kation) akan bergerak menuju kutub negatif (anoda).
  4. Hibridoma, yaitu teknik pembuatan sel yang dihasilkan dari fusi limfosit B dengan sel kanker. Contoh produk hasil hibridoma adalah antibodi monoklonal
  5. Fertilisasi in vitro, yaitu fertilisasi yang terjadi di luar tubuh. Contoh penerapan teknik fertilisasi in vitro adalah dalam pembuatan bayi tabung.
  6. Kultur jaringan, yaitu metode isolasi bagian tanaman (sel, jaringan, atau organ) dalam kondisi aseptis untuk menghasilkan individu baru yang indentik dengan induk.undefined 

0

Roboguru

Untuk memperoleh antibodi monoklonal dalam skala besar yang digunakan untuk pengobatan kanker dapat dilakukan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Antibodi monoklonal adalah antibodi yang hanya mengenali dan melawan satu jenis antigen tertentu. Antibodi monoklonal berupa suatu protein imun atau kekebalan tubuh buatan yang dirancang khusus untuk memberikan tanda pada sel-sel kanker yang spesifik. Sehingga, dapat membunuh sel kanker tanpa merusak dan atau menghancurkan sel-sel sehat yang berada disekitarnya. Beberapa jenis kanker yang bisa menggunakan antibodi monoklonal sebagai pilihan terapinya adalah sel kanker payudara, kanker kulit, kanker darah, dan kanker kolorektal. Antibodi monoklonal dapat dihasilkan melalui teknik hibridoma. Tahapan pembentukan antibodi monoklonal yaitu:

  1. Hewan dari kelompok Mammalia (tikus, kelinci, kuda, atau kera) disuntik dengan antigen (misalnya bibit penyakit pada manusia).
  2. Sel limfosit B dari limpa, darah, atau kelenjar limfa yang mampu menghasilkan antibodi dari hewan tersebut, diambil dan difusikan dengan sel mieloma (sel kanker) sehingga dihasilkan sel hibridoma.
  3. Selanjutnya, sel hibridoma tersebut diklon dan diseleksi untuk memperoleh satu sel hibridoma penghasil antibodi monoklonal yang sesuai untuk manusia.
  4. Sel hibridoma yang dipilih dikembangbiakan (dikultur) untuk menghasilkan antibodi monoklonal manusia dan sebagian lainnya dibekukan agar dapat disimpan untuk penggunaan yang akan datang. 

Dengan demikian, untuk memperoleh antibodi monoklonal dalam skala besar yang digunakan untuk pengobatan kanker dapat dilakukan dengan cara teknik hibridoma.

0

Roboguru

Melalui proses rekayasa genetika, manusia dapat menciptakan antibodi monoklonal. Pada teknologi pembuatan antibodi monoklonal ini digunakan sel-sel tumor dan sel-sel limpa pada tubuh manusia. Hasil da...

Pembahasan Soal:

Melalui proses rekayasa genetika, manusia dapat menciptakan antibodi monoklonal. Pada teknologi pembuatan antibodi monoklonal ini digunakan sel-sel tumor dan sel-sel limpa pada tubuh manusia. Hasil dari penggabungan sel tumor dan sel limpa ini dinamakan dengan sel hibridoma yang dapat memproduksi antibodi secara berulang. Berdasarkan uraian tersebut, prinsip yang diterapkan dalam pembuatan antibodi monoklonal, yaitu penggabungan dua sel dari jaringan yang sama atau dua sel dari organisme yang berbeda dalam suatu medan listrik. Prinsip teknik teknologi hibridoma adalah teknik penggabungan dua sel yang berasal dari jaringan berbeda sehingga menghasilkan sel hibrid yang memiliki sifat kedua sel tersebut. Penggabungan dua sel tersebut berlangsung dalam suatu medan listrik

Tahapan pembuatan Antibodi Monoklonal

  • tikus disuntik antigen agar menghasilkan antibodi
  • sel penghasil antibodi diambil dari limpa tikus
  • di sisi lain, sel kanker/tumor diambil dari jaringan kanker
  • sel kanker/tumor dikultur
  • sel penghasil antibodi dan sel kanker/tumor difusikan
  • terbentuk sel hibridoma
  • sel hibridoma dikultur
  • sel hiridoma yang menghasilkan antibodi dipisahkan
  • sel hibridoma penghasil antibodi diperbanyak
  • antibodi monoklonal produk dari sel hibridoma diambil dan disimpan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Penggabungan sel asli dengan sel kanker, menghasilkan sel gabungan atau campuran yang disebut ....

Pembahasan Soal:

Penggabungan sel asli dengan sel kanker, menghasilkan sel gabungan atau campuran yang disebut hibridoma. Hibridoma menghasilkan antibodi monoklonal. Antibodi monoklonal merupakan antibodi yang hanya dapat mendeteksi satu jenis antigen, dengan kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan antibodi poliklonal. Hibridoma merupakan sel hasil penggabungan antara sel limfosit dengan sel kanker. Sel hibridoma dapat memproduksi antobodi monoklonal yang berfungsi dalam pengobatan penyakit kanker. Selain itu, antibodi monoklonal dapat dipakai untuk mendeteksi penyakit menurun pada janin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Bagaimanakah prinsip kloning domba Dolly?

Pembahasan Soal:

Dolly dilahirkan melalui proses kloning yang merupakan teknik pembiakan organisme secara aseksual, bukan hasil pertemuan antara ovum dan sperma. Proses kloning domba Dolly secara garis besar adalah sebagai berikut. Sel ambing (kelenjar susu) seekor domba diambil inti selnya. lnti sel ini kemudian dimasukkan ke dalam sel telur domba lain yang telah dibuang intinya. Lalu, sel telur tadi dipelihara di dalam laboratorium sampai tahap tertentu, selanjutnya ditanam ke dalam uterus domba betina dan sampai saatnya dilahirkan.

Jadi, Prinsip pembuatan kloning domba dolly adalah pengkopian DNA

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved