Roboguru

Kelemahan Orde Baru adalah …

Pertanyaan

Kelemahan Orde Baru adalah … space

  1. Tidak melaksanakan gerakan reformasi di seluruh bidang kehidupan space

  2. Tidak menyadari pentingnya kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia space

  3. Tidak mampu menyelenggarakan Pemilu yang berdasarkan asas luber space

  4. Tidak mampu meratakan hasil pembangunan space

  5. Tidak mampu memajukan perekonomian Indonesia space

Pembahasan Soal:

Masa pemerintahan Presiden Soeharto lebih dikenal dengan pemerintahan Orde Baru berlangsung hingga 32 tahun lamanya, yaitu sejak tahun 1966 sampai 1998. Pemerintahan ini bertujuan untuk menata kembali kehidupan bangsa Indonesia dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Dalam mencapai tujuannya, pemerintahan Orde Baru banyak melakukan berbagai penataan baik di bidang politik maupun di bidang ekonomi. Dalam beberapa hal, apa yang dilakukan oleh pemerintah sangat mendukung kemajuan masyarakat Indonesia. Walaupun demikian, Orde Baru memiliki kelemahan, yaitu tidak mampu meratakan hasil pembangunan. Hal ini disebabkan oleh pembangunan yang cenderung terfokus pada Pulau Jawa saja sehingga menghasilkan kesenjangan sosial bagi masyarakat di luar Pulau Jawa yang tidak turut merasakan pembangunan nasional.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada 1996-1997 terjadi kekacauan pemerintahan, perekonomian, serta tingginya praktik KKN. Kondisi tersebut menyebabkan  ...

Pembahasan Soal:

Ketidakstabilan kondisi politik dan ekonomi dunia ditambah berbagai masalah yang muncul di dalam negeri menyebabkan stabilitas bangsa Indonesia goyah. Memasuki tahun 1997, tingkat kepercayaan rakyat terhadap pemerintah Orde Baru menurun. Kondisi ini terjadi karena adanya kekacauan sistem pemerintahan, kekacauan perekonomian bangsa, serta maraknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Rakyat menganggap pemerintah tidak mampu lagi menjalankan pemerintahan dengan baik sehingga muncul gelombang unjuk rasa yang menuntut agar terjadinya suatu perubahan atau reformasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Penyebab ketidakpercayaan rakyat Indonesia terhadap pemerintah Orde Baru ditunjukkan oleh kombinasi ...

Pembahasan Soal:

Krisis Asia yang dimulai di Thailand menghantam Indonesia. Rupiah selama ini berada dalam kisaran Rp 2.500/US$, namun nilai itu segera merosot pada Juli 1997. Pada Agustus 1997, nilai rupiah turun 9 persen. Bank Indonesia mengakui tidak bisa membendung rupiah terus merosot. Pada Januari 1998, rupiah tenggelam hingga level Rp 17.000/US$ atau kehilangan 85 persen. Kondisi itu membuat hampir semua perusahaan modern di Indonesia bangkrut. Respon pertama pemerintah terhadap krisis ekonomi dengan diumumkan reformasi. Namun proyek-proyek para kroni dan keluarga masih dilindungi. Perjanjian dengan IMF pada 1997 mengakibatkan 16 bank tutup, hanya dua bank milik keluarga dibuka kembali. Kondisi tersebut semakin meneguhkan anggapan para pengamat dalam dan luar negeri bahwa rezim Orde Baru sudah terbelit nepotisme, korupsi, dan inkompetensi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu peristiwa yang mengguncang pada akhir pemerintahan Orde Baru adalah kerusuhan anti-Tionghoa. Salah satu faktor penyebab terjadinya kerusuhan anti-Tionghoa pada masa itu adalah....

Pembahasan Soal:

Gelombang protes dan gerakan reformasi 1998 salah satunya disebabkan oleh adanya krisis ekonomi. Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia selanjutnya berubah menjadi krisis sosial dan kerusuhan di dalam masyarakat. Salah satu kelompok yang menjadi sasaran kerusuhan adalah etnis Tionghoa atau Cina. Faktor penyebab etnis Cina menjadi sasaran utama dalam kerusuhan 1998 karena etnis Cina dianggap sebagai pemegang kendali atau penguasa perekonomian Indonesia. Selain itu juga nampak kesenjangan, baik secara ekonomi maupun sosial, dari etnis Cina dengan pribumi. 

Dengan demikian salah satu penyebab terjadinya kerusuhan anti-Tionghoa adalah kesenjangan ekonomi dan sosial yang terjadi antara etnis Tionghoa dengan pribumi serta prasangka bahwa etnis Tionghoa yang telah mengendalikan perekonomian Indonesia.

0

Roboguru

Peran media sebagai sistem informasi, salah satu contohnya adalah….

Pembahasan Soal:

Negara dengan sistem demokrasi memberikan peran media untuk mengawasi jalannya pemerintahan. Media menjadi agent of control. Adanya media massa memungkinkan masyarakat dapat mengawasi dan mengontrol jalannya pemerintahan tersebut.

Dengan demikian salah satu peran media adalah alat kontrol dan pengawasan jalannya pelaksanaan pemerintahan.

0

Roboguru

Sebutkan penyimpangan-penyimpangan pemerintah masa Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan pemerintahan setelah Orde Lama yang dipimpin oleh Sukarno. Pada masa ini dipimpin oleh Suharto selama 32 tahun masa jabatannya. Pada awal pemerintahannya, terjadi peningkatan perekonomian yang pesat. Beberapa peraturan negara yang telah ada pada masa Orde Lama diperbaiki dan diperbarui, salah satunya dengan memberlakukan P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). Meski demikian, nyatanya masih ada beberapa penyimpangan yang terjadi, yakni sebagai berikut.

  • Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang terjadi karena adanya pemusatan pemerintahan di tangan Presiden. Semua lembaga negara yang ada dikendalikan oleh Presiden dan tidak ada rencana suksesi kekuasaan ke presiden selanjutnya. Kekuasaan kehakiman juga dicampuri sehingga tidak dapat membuat keputusan sendiri.
  • Penyimpangan Pancasila, pada masa ini penafsiran terhadap nilai dan butir-butir Pancasila dilakukan sesuai kepentingan pemerintahan. Salah satu bentuk penyimpangannya adalah hanya orang – orang terdekat Suharto yang dipercaya untuk menguasai perusahaan – perusahaan besar negara dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia merupakan penyimpangan dari kelima sila Pancasila.
  • Pembatasan kebebasan pers,  kebebasan pers diawasi dengan ketat dan dibelenggu sehingga tidak dapat mengapresiasikan suara rakyat atau bahkan dapat menyampaikan kritiknya kepada umum. Pada masa ini banyak sekali koran dan majalah yang mengalami pembredelan. 
  • Pelanggaran HAM, terjadi dengan alasan keamanan pemerintah. Pada masa ini kekerasan seperti penembakan misterius atau penculikan dilakukan pada orang-orang yang mecoba menyampaikan pendapatnya terhadap pemerintah. 

Dengan demikian, penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada masa Orde Baru adalah KKN, penyimpangan Pancasila, pembatasan kebebasan pers, dan pelanggaran HAM.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved