Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kekerasan merupakan sesuatu alamiah dalam manusia danmanusia merupakan makhluk yang dikuasai oleh doronganirasional, anarkis, saling iri, serta benci sehingga menjadi jahat, buas, kasar, dan berpikir pendek. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh..

Kekerasan merupakan sesuatu alamiah dalam manusia dan manusia merupakan makhluk yang dikuasai oleh dorongan irasional, anarkis, saling iri, serta benci sehingga menjadi jahat, buas, kasar, dan berpikir pendek. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh.. space

  1. ... space

  2. ... space

Iklan

W. Wahyuningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Istilah kekerasan berasal dari bahasa Inggris yaitu violence berasal dari dua kata bahasa Latin : vis yang memiliki arti daya atau kekuatan, dan latus yang memiliki arti(telah) membawa. Dengan demikian, violence diartikan sebagai membawa kekuatan, daya, dan paksaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kekerasan diartikan sebagai perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain, maupun kerusakan fisik dan barang orang lain. Seorang filsuf bernama Thomas Hobes , melihat manusia sebagai makhluk yang dikuasai oleh dorongan yang bersifat irasionil dan anarkistis serta mekanistis yang saling mengiri dan membenci sehingga menjadikan manusia kasar, jahat, buas, pendek pikir. Berdasarkan pandangan tersebut, Hobbes melihat kekerasan sebagai sesuatu yang sangat alamiah bagi manusia.

Istilah kekerasan berasal dari bahasa Inggris yaitu violence berasal dari dua kata bahasa Latin : vis yang memiliki arti daya atau kekuatan, dan latus yang memiliki arti (telah) membawa. Dengan demikian, violence diartikan sebagai membawa kekuatan, daya, dan paksaan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kekerasan diartikan sebagai perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain, maupun kerusakan fisik dan barang orang lain.
Seorang filsuf bernama Thomas Hobes, melihat manusia sebagai makhluk yang dikuasai oleh dorongan yang bersifat irasionil dan anarkistis serta mekanistis yang saling mengiri dan membenci sehingga menjadikan manusia kasar, jahat, buas, pendek pikir. Berdasarkan pandangan tersebut, Hobbes melihat kekerasan sebagai sesuatu yang sangat alamiah bagi manusia. space

Latihan Bab

Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

Sikap-Sikap Pemicu Konflik

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

250

Widati Padmarini

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konflik sosial dan kekerasan merupakan hal yang berbeda, berikut ini perbedaan antara konflik sosial dan kekerasan berdasarkan upaya penyelesaiannya adalah ….

65

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia