Roboguru

Kegiatan perdagangan dan pelayaran yang memerlukan waktu lama mendorong munculnya perkampungan seperti Keling dan Pekojan di daerah pesisir. Dampak positif keberadaan perkampungan tersebut terhadap proses integrasi di Kepulauan Indonesia adalah....

Pertanyaan

Kegiatan perdagangan dan pelayaran yang memerlukan waktu lama mendorong munculnya perkampungan seperti Keling dan Pekojan di daerah pesisir. Dampak positif keberadaan perkampungan tersebut terhadap proses integrasi di Kepulauan Indonesia adalah....

Pembahasan Soal:

Integrasi  suatu  bangsa  adalah  hal  yang  sangat  penting  dalam  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara.  Dengan  adanya  integrasi  akan  melahirkan  satu  kekuatan  bangsa  yang  ampuh  dan  segala  persoalanyang timbul dapat dihadapi bersama-sama. Negara Kesatuan Republik Indonesia  adalah  wujud  konkret  dari  proses  integrasi  bangsa.  Proses  integrasi bangsa Indonesia ini ternyata sudah berlangsung cukup lama bahkan  sudah  dimulai  sejak  awal  tarikh  masehi.  Pada  abad  ke-16  proses  integrasi  bangsa  Indonesia  mulai  mengalami  kemajuan  pesat  sejak  proses  Islamisasi. Pada dasarnya terdapat tiga faktor yang memengaruhi proses integrasi nusantara yaitu peran ulama, peran bahasa dan peran perdagangan antar pulau.

Proses  integrasi  juga  terlihat  melalui  kegiatan  pelayaran  dan  perdagangan antarpulau. Sejak zaman kuno, kegiatan pelayaran dan perdagangan  sudah  berlangsung  di  Kepulauan  Indonesia.  Pelayaran  dan  perdagangan  itu  berlangsung  dari  daerah  yang  satu  ke  daerah  yang lain, bahkan antara negara yang satu dengan negara yang lain. Kegiatan  pelayaran  dan  perdagangan  pada  umumnya  berlangsung  dalam waktu yang lama. Hal ini, menimbulkan pergaulan dan hubungan kebudayaan antara  para  pedagang  dengan  penduduk  setempat.  Kegiatan semacam ini mendorong terjadinya proses integrasi. Pada  mulanya  penduduk  di  suatu  pulau  cukup  memenuhi  kebutuhan  hidupnya  dengan  apa  yang  ada  di  pulau  tersebut.  Dalam  perkembangannya,  mereka  ingin  mendapatkan  barang-barang  yangterdapat di pulau lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terjadilah hubungan  dagang  antar  pulau.  Angkutan  yang  paling  murah  dan  mudah  adalah  angkutan  laut  (kapal/perahu),  maka  berkembanglah  pelayaran  dan  perdagangan.  Terjadinya  pelayaran  dan  perdagangan  antarpulau  di  kepulauan  Indonesia  yang  diikuti  pengaruh  di  bidang  budaya  turut  berperan  serta  mempercepat  perkembangan  proses  integrasi. Misalnya, para pedagang dari Jawa berdagang ke Palembang, atau  para  pedagang  dari  Sumatra  berdagang  ke  Jepara.  Hal  ini  menyebabkan  terjadinya  proses  integrasi  antara  Sumatra dan Jawa. Para pedagang di Banjarmasin berdagang  ke  Makassar,  atau  sebaliknya.  Hal  ini  menyebabkan  terjadi  proses  integrasi  antara  masyarakat   Banjarmasin   (Kalimantan)  dengan masyarakat  Makassar  (Sulawesi).  Para  pedagang Makassar dan Bugis memiliki peranan penting dalam proses integrasi. Mereka berlayar hampir ke seluruh Kepulauan Indonesia bahkan jauh sampai ke luar Kepulauan Indonesia. Dengan  demikian,  terjadi  hubungan dagang antardaerah dan antarpulau. Kegiatan perdagangan antarpulau  mendorong  terjadinya  proses  integrasi  yang  terhubung  melalui  para  pedagang.  Proses  integrasi  itu  juga  diperkuat  dengan  berkembangnya hubungan kebudayaan. Bahkan juga ada yang diikuti dengan perkawinan.


Berdasarkan penjelasan di atas maka dampak positifnya adalah timbul pergaulan dan hubungan kebudayaan antara  para  pedagang  dengan  penduduk  setempat.  Kegiatan semacam inilah yang mendorong terjadinya proses integrasi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved