Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kegiatan manusia seperti apa sajakah yang dapat memengaruhi ekosistem?

Kegiatan manusia seperti apa sajakah yang dapat memengaruhi ekosistem?space 

Iklan

F. Haris

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalahsegala kegiatan yang menyebabkan ketidakseimbangan keadaan atau jumlah faktor biotik dan abiotik suatu ekosistem, seperti alih fungsi suatu lingkungan, atau pemanfaatan berlebihan suatu sumber daya alam, dan lainnya.

kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalah segala kegiatan yang menyebabkan ketidakseimbangan keadaan atau jumlah faktor biotik dan abiotik suatu ekosistem, seperti alih fungsi suatu lingkungan, atau pemanfaatan berlebihan suatu sumber daya alam, dan lainnya.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan lingkungan di sekitarnya. Makhluk hidup sebagai komponen biotik dan lingkungan yang berupa komponen abiotik saling mempengaruhi satu sama lain dan tergabung dalam satu kesatuan sistem. Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan hidupnya adalah ekologi. Ekosistem terbentuk oleh komponen-komponen penyusunnya yang terbagi menjadi dua yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik yaitu komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup yang terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan komponen abiotik yaitu komponen lingkungan yang terdiri atas benda mati. Komponen abiotik terdiri atas tanah, air, suhu, udara, kelembapan, dan cahaya matahari. Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem terbagi menjadi dua yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Contoh : danau, laut, padang rumput, dan hutan. Sedangkan ekosistem buatan merupakan ekosistem yang terbentuk karena adanya campur tangan manusia. Contoh : sawah, waduk, dan akuarium. Keseimbangan ekosistem dapat terwujud jika jumlah komponen biotik dan abiotik seimbang. Penyebab terganggunya ekosistem dibedakan menjadi dua yakni faktor alami dan manusia. Faktor alami yang menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem adalah bencana alam. Sementara faktor manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem diantaranya adalah segala kegiatan yang menyebabkan ketidakseimbangan keadaan atau jumlah faktor biotik dan abiotik suatu ekosistem, diantaranya adalah penebangan hutan, pembakaran hutan, perburuan liar, alih fungsi suatu lingkungan,pemanfaatan sumber daya alam berlebihan, penggunaan pupuk buatan yang berlebih serta pencemaran lingkungan. Jadi, kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalahsegala kegiatan yang menyebabkan ketidakseimbangan keadaan atau jumlah faktor biotik dan abiotik suatu ekosistem, seperti alih fungsi suatu lingkungan, atau pemanfaatan berlebihan suatu sumber daya alam, dan lainnya.

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan lingkungan di sekitarnya. Makhluk hidup sebagai komponen biotik dan lingkungan yang berupa komponen abiotik saling mempengaruhi satu sama lain dan tergabung dalam satu kesatuan sistem. Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan hidupnya adalah ekologi.

Ekosistem terbentuk oleh komponen-komponen penyusunnya yang terbagi menjadi dua yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik yaitu komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup yang terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan komponen abiotik yaitu komponen lingkungan yang terdiri atas benda mati. Komponen abiotik terdiri atas tanah, air, suhu, udara, kelembapan, dan cahaya matahari.

Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem terbagi menjadi dua yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Contoh : danau, laut, padang rumput, dan hutan. Sedangkan ekosistem buatan merupakan ekosistem yang terbentuk karena adanya campur tangan manusia. Contoh : sawah, waduk, dan akuarium.

Keseimbangan ekosistem dapat terwujud jika jumlah komponen biotik dan abiotik seimbang. Penyebab terganggunya ekosistem dibedakan menjadi dua yakni faktor alami dan manusia. Faktor alami yang menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem adalah bencana alam. Sementara faktor manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem diantaranya adalah segala kegiatan yang menyebabkan ketidakseimbangan keadaan atau jumlah faktor biotik dan abiotik suatu ekosistem, diantaranya adalah penebangan hutan, pembakaran hutan, perburuan liar, alih fungsi suatu lingkungan, pemanfaatan sumber daya alam berlebihan, penggunaan pupuk buatan yang berlebih serta pencemaran lingkungan.

Jadi, kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalah segala kegiatan yang menyebabkan ketidakseimbangan keadaan atau jumlah faktor biotik dan abiotik suatu ekosistem, seperti alih fungsi suatu lingkungan, atau pemanfaatan berlebihan suatu sumber daya alam, dan lainnya.space 

Latihan Bab

Tingkatan Organisasi Kehidupan

Interaksi antar Makhluk Hidup

Dinamika Populasi

Konsep Kilat

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa petani sangat dirugikan jika terjadi perburuan ular di ladang? Jelaskan!

28

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia