Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kedudukan pasukan Jepang dalam Perang Pasifik terdesak oleh Amerika. Hal ini mendorong Perdana Menteri Koiso untuk. . . .

Kedudukan pasukan Jepang dalam Perang Pasifik terdesak oleh Amerika. Hal ini mendorong Perdana Menteri Koiso untuk. . . .

  1. membeli lebih banyak persenjataan dari Rusia

  2. mengajak tokoh-tokoh nasionalis bekerja sama

  3. melatih pemuda Indonesia menjadi militer yang tangguh

  4. memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia

  5. membekukan organisasi-organisasi masyarakat yang radikal

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Setelah posisi Jepang semakin terdesak maka mendorong Jepang untuk memberikan janji kemerdekaan pada Indonesia. Jepang telah mengalami keru nt uhan dominasi militer yang berlangsung cepat. Kekuatan armada Jepang yang masih tersisa pada Oktober 1944, t elah disapu bersih oleh pasukan Amerika di Teluk Leyle. Tidak berhenti sampai di sana, pada Januari 1945 te nt ara Amerika menyerbu Luzon di Filipina, dan secara keseluruhan Filipina dapat ditaklukan pada Februari setelah pertahanan Jepang di Manila dihancurkan. Pemberian janji kemerdekaan oleh Jepang tersebut tidak sepenuhnya memuaskan hati rakyat Indonesia. Pada Februari 1945, tentara Peta di Bli t ar, Jawa Timur, menyerbu gudang persenjataan dan membunuh beberapa tentara Jepang. Secara tidak langsung, Jepang mulai menyadari bahwa bibit-bibi t revolusi t elah muncul di Jawa, sehingga pemerimah Jepang memutuskan u nt uk mengurangi kekangan-kekangan t erhadap kekuatan rakyat yang ada. Berdasarkan penjelasan berikut maka k edudukan pasukan Jepang dalam Perang Pasifik terdesak oleh Amerika. Hal ini mendorong Perdana Menteri Koiso untuk memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia .

Setelah posisi Jepang semakin terdesak maka mendorong Jepang  untuk memberikan janji kemerdekaan pada Indonesia. Jepang telah mengalami keruntuhan dominasi militer yang berlangsung cepat. Kekuatan armada Jepang yang masih tersisa pada Oktober 1944, telah disapu bersih oleh pasukan Amerika di Teluk Leyle. Tidak berhenti sampai di sana, pada Januari 1945 tentara Amerika menyerbu Luzon di Filipina, dan secara keseluruhan Filipina dapat ditaklukan pada Februari setelah pertahanan Jepang di Manila dihancurkan. Pemberian janji kemerdekaan oleh Jepang tersebut tidak sepenuhnya memuaskan hati rakyat Indonesia. Pada Februari 1945, tentara Peta di Blitar, Jawa Timur, menyerbu gudang persenjataan dan membunuh beberapa tentara Jepang. Secara tidak langsung, Jepang mulai menyadari bahwa bibit-bibit revolusi telah muncul di Jawa, sehingga pemerimah Jepang memutuskan untuk mengurangi kekangan-kekangan terhadap kekuatan rakyat yang ada. Berdasarkan penjelasan berikut maka kedudukan pasukan Jepang dalam Perang Pasifik terdesak oleh Amerika. Hal ini mendorong Perdana Menteri Koiso untuk memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Setelah menyerah kepada Sekutu, Jepang tak mungkin memenuhi janjinya memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia karena...

35

3.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia