Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kedua laki-istri itu bermufakat akan mencarikan jodoh anak mereka itu. Apakah yang kurang lagi bagi mereka itu akan memperoleh anak dara yang patut-patut? Ayah Aminudin seorang kepala kampung di Luhak Sipirak. Uang banyak, sawah lebar, kerbau dan lembu pun cukup, sedang anaknya orang makan gaji, dibeli pula. Sekali ini haruslah mereka mengambil anak bangsawan sekurang-kurangnya yang sana dengan mereka yang dibawah pantang. Demikian pikiran orang tua itu. Kebiasaan atau adat yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah …

Kedua laki-istri itu bermufakat akan mencarikan jodoh anak mereka itu. Apakah yang kurang lagi bagi mereka itu akan memperoleh anak dara yang patut-patut? Ayah Aminudin seorang kepala kampung di Luhak Sipirak. Uang banyak, sawah lebar, kerbau dan lembu pun cukup, sedang anaknya orang makan gaji, dibeli pula. Sekali ini haruslah mereka mengambil anak bangsawan sekurang-kurangnya yang sana dengan mereka yang dibawah pantang. Demikian pikiran orang tua itu.

Kebiasaan atau adat yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah …

  1. Seorang kepala kampung raya
     

  2. Anak menjadi pegawai agar mendapatkan gaji

  3. Orang tua mencarikan jodoh untuk anaknya

     

  4. Mencarikan jodoh untuk anaknya harus bangsawan

Iklan

L. Indah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kebiasaan atau adat yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah orang tua mencarikan jodoh untuk anaknya. Dengan begitu, jawaban yang paling tepat adalah C.

kebiasaan atau adat yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah orang tua mencarikan jodoh untuk anaknya. Dengan begitu, jawaban yang paling tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Perhatikan kalimat pertama kutipan novel pada soal Kedua laki-istri itu bermufakat akan mencarikan jodoh anak mereka itu . Kalimat ini merupakan kalimat utama dan yang lainnya sebagai penjelas. Jadi, kebiasaan atau adat yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah orang tua mencarikan jodoh untuk anaknya. Dengan begitu, jawaban yang paling tepat adalah C.

Perhatikan kalimat pertama kutipan novel pada soal Kedua laki-istri itu bermufakat akan mencarikan jodoh anak mereka itu. Kalimat ini merupakan kalimat utama dan yang lainnya sebagai penjelas. Jadi, kebiasaan atau adat yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah orang tua mencarikan jodoh untuk anaknya. Dengan begitu, jawaban yang paling tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan novel berikut! Tidak, ia tidak akan menghambakan dirinya kepada laki-lak serupa itu. Percintaan harus berdasar atas dasar yang nyata, sama-sama menghargai. Perempuan tidak harus men...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia