Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kecenderungan masyarakat untuk mengalami kemunduran seiring berjalannya waktu adalah...

Kecenderungan masyarakat untuk mengalami kemunduran seiring berjalannya waktu adalah... 

  1. ... undefined

  2. ... undefined

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , disintegrasi dapat diartikan sebagai suatu keadaan tidak bersatu padu; terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan. Menurut Soekanto Soekamto , disintegrasi merupakan suatu kondisi dalammasyarakat yang ditandai dengan situasi yang tidak teraturdanmemudarnya norma dan juga nilai yang sudah ada di masyarakat. Disintegrasi disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut. Tidak adanya pandangan yang sama anggota masyarakat terhadap nilai dannorma yang semula dijadikan pegangan oleh anggota masyarakat. Tidak berfungsinya norma masyarakatdengan baik sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan masyarakat. Munculnyapertentangan norma dalam masyarakat Tidak adasanksi yang tegas bagi pelanggar norma di masyarakat. Tindakan anggota masyarakat tidak sesuai lagi dengan norma masyarakat. Dari penjelasan tersebut dapaot disimpulkan bahwa adanya disintegrasi akan membawa kemunduran pada masyarakat karena masyarakat akan memiliki dampak dampak pada masyarakat secara signifikan yang mempengaruhi bidang-bidang kehidupan. Contohnyapudarnya sistem kekeluargaan akibat perubahan zaman, dimana anggota keluarga mulai terpisah karena pekerjaan atau pendidikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, disintegrasi dapat diartikan sebagai suatu keadaan tidak bersatu padu; terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan.
Menurut Soekanto Soekamto, disintegrasi merupakan suatu kondisi dalam masyarakat yang ditandai dengan situasi yang tidak teratur dan memudarnya norma dan juga nilai yang sudah ada di masyarakat.
Disintegrasi disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Tidak adanya pandangan yang sama  anggota masyarakat terhadap nilai dan norma yang semula dijadikan pegangan oleh anggota masyarakat.
  2. Tidak berfungsinya norma masyarakat dengan baik sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan masyarakat.
  3. Munculnya pertentangan norma dalam masyarakat
  4. Tidak ada sanksi yang tegas bagi pelanggar norma di masyarakat.
  5. Tindakan anggota masyarakat  tidak sesuai lagi dengan norma masyarakat. undefined

Dari penjelasan tersebut dapaot disimpulkan bahwa adanya disintegrasi akan membawa kemunduran pada masyarakat karena masyarakat akan memiliki dampak dampak pada masyarakat secara signifikan yang mempengaruhi bidang-bidang kehidupan. Contohnya pudarnya sistem kekeluargaan akibat perubahan zaman, dimana anggota keluarga mulai terpisah karena pekerjaan atau pendidikan. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Aspek sosialbudaya yang diwarnai oleh berbagai macam perbedaan menjadikan kehidupan bangsa Indonesia menyimpan potensi terjadinya …

18

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia