Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kecakapan suatu bangsa untuk menerima unsur-unsur kebudayaan asing dan mengolahnya sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, disebut ...

Kecakapan suatu bangsa untuk menerima unsur-unsur kebudayaan asing dan mengolahnya sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, disebut ...

  1. Akulturasi 

  2. Local Genius

  3. Peradaban

  4. Kebudayaan

  5. Seni

Iklan

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi jawaban benar adalah B.

opsi jawaban benar adalah B.

Iklan

Pembahasan

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan beranekaragam suku bangsanya, tentu memiliki banyak kearifan lokal ( local wisdom ). Kearifan lokal dapat dipahami sebagai bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat itu sendiri. Adapun duahal yang terkait dengan kearifan lokal: (1) pengetahuan lokal (l ocal knowledge ), yakni hal yang berkaitan dengan karya atau produk khas dari lokal (daerah) tertentu, (2) kecerdasan lokal ( local genius ), yakni ciri kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat tertentu sebagai hasil dari apa yang telah terjadi di masa lalu. Hakikat dari kecerdasan lokal ( local genius ), pada dasarnya mencakup selektif terhadap kebudayaan asing yang masuk, mampu mengkoordinir unsur yang berbeda dari budaya luar, adanya kemampuan untuk menggabungkan unsur budaya asing ke budaya daerah. Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan beranekaragam suku bangsanya, tentu memiliki banyak kearifan lokal (local wisdom). Kearifan lokal dapat dipahami sebagai bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat itu sendiri.
Adapun dua hal yang terkait dengan kearifan lokal: (1) pengetahuan lokal (local knowledge), yakni hal yang berkaitan dengan karya atau produk khas dari lokal (daerah) tertentu, (2) kecerdasan lokal (local genius), yakni ciri kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat tertentu sebagai hasil dari apa yang telah terjadi di masa lalu. 
Hakikat dari kecerdasan lokal (local genius), pada dasarnya mencakup selektif terhadap kebudayaan asing yang masuk, mampu mengkoordinir unsur yang berbeda dari budaya luar, adanya kemampuan untuk menggabungkan unsur budaya asing ke budaya daerah. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

205

Andini Diana Putri

Makasih ❤️ Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kearifan lokal memiliki hubungan erat dengan local genius (kecerdasan lokal masyarakat). Hubungan ini mengindikasikan bahwa kearifan lokal merupakan . . . .

3

3.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia