Iklan

Iklan

Pertanyaan

Keberhasilan kegiatan di sekolah dapat dilihat dari seberapa banyak siswanya berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik termasuk dalam mengapresiasi kesenian tradisional. Fungsi laten sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah .......

Keberhasilan kegiatan di sekolah dapat dilihat dari seberapa banyak siswanya berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik termasuk dalam mengapresiasi kesenian tradisional. Fungsi laten sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah ....... space 

  1. mengembangkan kreativitas siswa space 

  2. memberikan bekal keterampilan space 

  3. mendorong individu lebih rasional space 

  4. menumbuhkan sikap adaptif space 

  5. melestarikan budaya lokal space 

Iklan

W. Wahyuningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Fungsi laten lembaga merupakan fungsi yang tidak nampak atau bukan fungsi utama dari suatu lembaga. Fungsi laten muncul sebagai akibat hubungan dari fungsi utama suatu lembaga sosial. berdasarkan soal fungsi laten lembaga sekolah salah satunya adalah menumbuhkan sikap adaptif. Selain itu fungsi laten lembaga pendidikan adalah mengurangi pengendalian orang tua, menyediakan sarana untuk pembangkangan, mempertahankan sistem kelas sosial, memperpanjang masa remaja. Sedangkan untuk pilihan jawaban yanag lain merupakan fungsi manifes dari lembaga pendidikan. Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.

Fungsi laten lembaga merupakan fungsi yang tidak nampak atau bukan fungsi utama dari suatu lembaga. Fungsi laten muncul sebagai akibat hubungan dari fungsi utama suatu lembaga sosial. berdasarkan soal fungsi laten lembaga sekolah salah satunya adalah menumbuhkan sikap adaptif. Selain itu fungsi laten lembaga pendidikan adalah mengurangi pengendalian orang tua, menyediakan sarana untuk pembangkangan, mempertahankan sistem kelas sosial, memperpanjang masa remaja. Sedangkan untuk pilihan jawaban yanag lain merupakan fungsi manifes dari lembaga pendidikan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebagai lembaga sosial, ada beberapa fungsi yang dijalankan oleh lembaga pendidikan. Jelaskan fungsi-fungsi dari lembaga pendidikan!

40

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia