Roboguru

Kebakaran lahan gambut dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran udara karena menghasilkan emisi berupa ....

Pertanyaan

Kebakaran lahan gambut dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran udara karena menghasilkan emisi berupa .... space 

  1. gas klorin yang mempercepat pemanasan globalspace 

  2. gas CFC yang menyebabkan penipisan lapisan ozon space 

  3. nitrogen dioksida pemicu terjadinya efek rumah kaca space 

  4. sulfur dioksida yang menyebabkan peristiwa hujan asamspace 

  5. gas karbon dioksida penyebab terjadinya perubahan iklimspace 

Pembahasan Soal:

Kebakaran lahan gambut sering kali terjadi terutama pada musim kemarau. Kondisi kering menyebabkan api cepat menjalar dan sulit dipadamkan. Kebakaran ini juga sering diakibatkan oleh manusia. Kebarakan lahan gambut akan menimbulkan pencemaran karena menghasilkan emisi berupa gas karbondioksida. Gas karbon dioksida termasuk dalam gas rumah kaca yang dapat menaikkan suhu bumi hingga terjadinya perubahan iklim.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu E.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Ahmad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada tahun 2011 terjadi kebakaran hutan hebat di australia hingga merusak 2/3 luas daerah hutan. Proses apakah yang akan terjadi jika tidak ada campur tangan manusia?

Pembahasan Soal:

Kebakaran hutan tersebut membakar sekitar 2/3 area hutan, artinya membakar banyak tanaman dan pepohonan. Asap kebakaran hutan mengandung karbondioksida (CO2), karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NO), dan Sulfur dioksida (SO2). Jika tidak segera ditangani oleh manusia, maka gas tersebut dapat menyebabkan gangguan pernapasan bagi hewan dan manusia, hilangnya habitat atau tempat tinggal hewan, kualitas udara menurun, dan menimbulkan efek rumah kaca yang berdampak pada penipisan lapisan ozon sehingga terjadinya pemanasan global. space 

0

Roboguru

Peningkatan jumlah kendaraan di jalan raya dapat meningkatkan kadar gas karbon di atmosfer. Dampak masalah tersebut terhadap lingkungan adalah ....

Pembahasan Soal:

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor berakibat kepada peningkatan proses pembakaran bahan bakar fosil. Hal tersebut berdampak pada peningkatan sisa emisi karbon seperti gas C O subscript 2 dan C O di atmosfer. Meningkatnya kedua gas tersebut dapat mengakibatkan rusaknya lapisan ozon di atmosfer. Hal tersebut membuat gelombang sinar ultraviolet matahari secara langsung dapat mengenai permukaan bumi. Pancaran gelombang sinar UV yang mengenai permukaan bumi tersebut akan dipantulkan kembali menuju atmosfer agar dilepaskan ke luar angkasa, namun karena masih adanya lapisan ozon, menyebabkan pancaran gelombang sinar UV tersebut terperangkap di atmosfer dan akhirnya meningkatkan suhu permukaan bumi (global warming).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Gas karbon monoksida merupakan gas yang mematikan bagi manusia. SEBAB Gas karbon monoksida tidak berwarn...

Pembahasan Soal:

Gas karbon monoksida (CO) merupakan gas yang tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa. Gas ini biasanya dihasilkan dari proses pembakaran yang tidak sempurna, contohnya dari asap kendaraan bermotor. Gas karbon monoksida berbahaya bila terhirup manusia, karena gas CO di alveolus dapat diikat oleh hemoglobin, sehingga proses pengikatan oksigen menjadi terganggu.

Sehingga pernyataan dan alasan benar.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan peranan lingkungan dalam menyebabkan gangguan kesehatan!

Pembahasan Soal:

Lingkungan menyediakan sumber daya alam yang dibutuhkan manusia untuk menunjang kehidupannya. Namun, berbagai aktivitas manusia menghasilkan limbah atau polutan yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu pencemaran lingkungan yang menyebabkan gangguan kesehatan adalah pencemaran udara. Meningkatnya kegiatan industri atau penggunaan bahan bakar fosil untuk kendaraan bermotor, menyebabkan semakin banyaknya polutan yang terbuang ke udara. Gas polutan seperti undefinedundefined apabila terhirup ke dalam paru-paru akan ikut peredaran darah dan akan menghalangi masuknya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, paru-paru yang terkontaminasi oleh gas tersebut akan membengkak sehingga penderita sulit bernafas yang dapat mengakibatkan kematian. 

0

Roboguru

Polusi udara terutama disebabkan oleh senyawa seperti karbon dioksida, nitrogen, oksida belerang, dan karbon monoksida. Polusi yang disebabkan oleh pembakaran yang kurang sempurna adalah . . .

Pembahasan Soal:

Asap pembakaran tidak sempurna mengandung berbagai senyawa yang dapat membahayakan kesehatan, yaitu

 

  • Karbon monoksida (CO)
    CO dapat mereduksi kemampuan darah untuk menyerap oksigen. Paparan terhadap CO dapat menyebabkan rasa lelah, sakit kepala, mual, gejala yang mirip dengan gejala flu, pusing, gangguan penglihatan, dan kebingungan. Karbon monoksida juga dapat menyebabkan sakit di bagian dada bagi mereka yang memiliki penyakit jantung.
  • Karbon dioksida (begin mathsize 14px style CO subscript 2 end style)
    Meski senyawa ini muncul secara natural di udara, keberadaan begin mathsize 14px style CO subscript 2 end styledengan jumlah yang berlebihan di dalam ruangan tertutup dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan rasa lelah. 
  • Nitrogen dioksida (begin mathsize 14px style NO subscript 2 end style)
    begin mathsize 14px style NO subscript 2 end style dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan, paru-paru, dan sesak nafas, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit sehubungan dengan saluran pernafasan.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved