Roboguru

Keanekaragaman yang terdapat pada dua orang saudara kembar merupakan contoh keanekaragaman tingkat ....

Pertanyaan

Keanekaragaman yang terdapat pada dua orang saudara kembar merupakan contoh keanekaragaman tingkat ....space 

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman yang terdapat pada dua orang saudara kembar merupakan contoh keanekaragaman tingkat gen. Keanekaragaman tingkat gen merupakan keanekaragaman atau variasi yang dapat ditemukan di antara organisme dalam satu spesies. Karena keanekaragaman tingkat gen inilah orang kembar tidak memiliki ciri yang sama persis.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan 3 ciri-ciri keanekaragaman genetik!

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman tingkat gen adalah variasi susunan gen pada satu spesies atau jenis. Keanekaragaman gen dalam satu spesies makhluk hidup dapat menimbulkan variasi disebut varietas. Contohnya, varietas buah manga (Mangifera Indica) seperti harum manis, bali, gadung, dan manalagi, dimana tampilan berbagai macam buah mangga ini cukup berbeda dilihat dari warna, tekstur kulit, dan rasa. Ciri dari keanekaragaman genetik yaitu :

  1. Setiap individu memiliki banyak gen, jika terjadi persilangan antar individu yang berkarakter berbeda maka akan menghasilkan keturunan dengan banyak variasi.
  2. Keanekaragaman gen akan semakin tinggi jika mengalami persilangan (crossing over) karena terjadinya penggabungan gen-gen individu melalui dua sel gamet yang berbeda.
  3. Jika dilakukan persilangan maka akan menghasilkan anakan yang bersifat fertil.

Jadi, keanekaragaman genetik memiliki ciri yang dapat membedakannya dengan keanekaragaman tingkat spesies.

0

Roboguru

Perhatikan beberapa gambar berikut! Kedua tumbuhan pada gambar tersebut menunjukkan keanekaragaman tingkat gen. Menurut Anda,benarkah pernyataan tersebut? Berikan alasan Anda!

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman hayati adalah variasi makhluk hidup yang ada di bumi. Terdapat 3 tingkatan keanekaragaman hayati yaitu tingkat gen, tingkat jenis (spesies), dna tingkat ekosistem. Keanekaragaman gen didasarkan pada perbedaan susunan gen namun spesiesnya sama, contoh jahe kuning dan jahe merah. Jahe dan lengkuas merupakan spesies yang berbeda, tetapi masih dalam 1 famili yang sama yaitu Zingiberaceae. Rimpang jahe memiliki daging berwarna kuning hingga kemerahan, kulitnya kusam, dan aromanya khas. Rimpang lengkuas kulitnya mengkilap, beraroma khas berbeda dengan jahe, berserat kasar, dan pedas jika tua. Maka, jahe dan lengkuas bukan termasuk keanekaragaman gen, tetapi keanekaragaman tingkat spesies. 

1

Roboguru

Contoh keanekaragaman tingkat gen adalah ....

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman tingkat genetik terjadi karena adanya pengaruh keanekaragaman susunan gen yang menyebabkan variasi dalam satu jenis. Contoh variasi terlihat dari warna, ukuran dan rasa. Contohnya adalah mangga gadung, mangga manalagi, dan mangga muda yang masih satu spesies yaitu Mangifera Indica.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan keanekaragaman tingkat gen!

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman hayati atau biodiversitas merupakan keseluruhan variasi, baik berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat, yang dapat ditemukan pada tingkat gen, spesies, ataupun tingkat ekosistem. Keanekaragaman tingkat gen merupakan keanekaragaman atau variasi yang dapat ditemukan diantara organisme dalam satu spesies. Misalnya, adanya perbedaan ciri dan sifat di antara sesama manusia. Setiap manusia memiliki bentuk hidung, mata, rambut, tinggi tubuh, warna kulit, ataupun kecerdasan yang berbeda, meskipun mereka tergolong dalam satu spesies yang sama, yaitu Homo sapiens. Keanekaragaman tingkat gen juga ditunjukkan pada tanaman jeruk keprok, di antaranya jeruk keprok garut, jeruk keprok medan, dan jeruk keprok pontianak. Perbedaan ciri dan sifat pada dua contoh di atas terjadi akibat perbedaan susunan gen pada tubuh organisme. Selain perbedaan susunan gen, perbedaan kondisi lingkungan juga mendukung adanya perbedaan ciri dan sifat suatu organisme.space space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar tanaman famili Solanaceae berikut. Tanaman yang termasuk dalam keanekaragaman gen spesies Solanum melongena ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan variasi, baik bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat diemukan pada tingkat gen, spesies ataupun tingkat ekosistem. Keanekaragaman gen merupakan variasi yang dapat ditemukan di antara organisme dalam satu spesies. Misalnya beberapa perbedaan warna pada mawar yaitu mawar putih, mawar merah, mawar merah muda. Pada soal di atas spesies Solanum melongena adalah terong. Sehingga keanekaragaman gen pada terong ditunjukkan oleh nomor 1, 3, dan 5.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved