Roboguru

Keadaan di mana glomerulus meradang, ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya sering disebut penyakit ….

Pertanyaan

Keadaan di mana glomerulus meradang, ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya sering disebut penyakit ….space space 

  1. batu ginjalspace 

  2. diabetes insipidusspace 

  3. diabetes melitusspace 

  4. nefritisspace 

  5. emfisemaspace 

Pembahasan Soal:

Peradangan (inflamasi) pada nefron yang disebabkab oleh infeksi bakteri Streptococcus yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan disebut nefritis. Dari saluran pernapasan, bakteri terbawa oleh darah ke ginjal. Peradangan pada ginjal tersebut menyebabkan protein yang masuk bersama urin primer tidak dapat disaring (filtrasi) sehingga dapat mengakibatkan urin primer ikut keluar bersama urin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Muftin

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan kelainan dan gangguan yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia!

Pembahasan Soal:

Gangguan pada sistem ekskresi itu bisa dibedakan menjadi 2, yaitu gangguan sistem urinaria dan gangguan hati.

  • gangguan sistem urinaria

Albuminuria adalah penyakit yang terjadi akibat ginjal tidak dapat melakukan penyaringan protein (albumin). Protein (albumin) yang tidak dapat disaring tersebut akan keluar bersama urin. Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan pada glomerulus.

Batu ginjal atau kencing batu adalah penyakit karena adanya pengendapan pada rongga ginjal atau kandung kemih. Endapan bisa berupa senyawa kalsium dan penumpukan asam urat, kelainan metabolisme. Selain itu, ketika kamu sering menahan buang air kecil dan kurang minum, batu ginjal juga bisa terbentuk.

Diabetes mellitus (kencing manis) juga merupakan kelainan pada sistem ekskresi. Diabetes mellitus adalah penyakit yang terjadi karena terdapat glukosa dalam urin. Kondisi ini terjadi karena adanya penurunan produksi insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Menurunnya hormon insulin menyebabkan terganggunya proses perombakan glukosa menjadi glikogen dan reabsorpsi glukosa dalam glomerulus.

Diabetes insipidus disebabkan oleh kurangnya hormon ADH (antidiuretic hormone) sehingga ekskresi urin meningkat. Pada umumnya urin yang diekskresikan berjumlah antara 4-6 liter perhari, tetapi penderita diabetes jenis ini dapat mencapai 12-15 liter setiap hari, tergantung dari jumlah air yang diminum. Penderita disarankan banyak minum agar tidak terjadi dehidrasi.

Uremia adalah keadaan toksik dalam darah karena mengandung banyak urea. Hal ini terjadi karena adanya kegagalan fungsi ginjal dalam proses pembuangan urea keluar tubuh.

nefritis adalah radang nefron pada ginjal yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus. Bakteri ini dapat masuk melalui saluran pernapasan dan peredaran darah hingga ginjal.

  • gangguan hati

Sirosis hati (cirrhosia) adalah kondisi berubahnya sel-sel hati menjadi jaringan ikat fibrosa, sehingga sel-sel hati itu kehilangan fungsinya. Sirosis dapat disebabkan oleh minuman keras.

Hemokromatosis adalah kelainan secara genetik yang menyebabkan tubuh banyak menyerap zat besi dari makanan. Akibatnya, zat besi banyak tersimpan di dalam organ-organ tertentu, seperti hati, jantung dan pankreas.  undefined 

0

Roboguru

Kerusakan nefron karena infeksi mikroorganisme dikenal dengan penyakit ....

Pembahasan Soal:

Kerusakan nefron karena infeksi mikroorganisme dikenal dengan penyakit nefritis. Nefritis merupakan peradangan pada nefron pada bagian glomerolus karena infeksi mikroorganisme. Karena glomerolus yang mengalami peradangan, maka proses pembentukan urin tidak dapat berjalan lancar dan sisa air dalam tubuh akan terkumpul di bagian tubuh bawah dan mengakibatkan pembengkakan di kaki yang disebut dengan oedema.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Perhatikan beberapa gangguan berikut ini! radang pada nefron kekurangan hormon antidiuretik radang pada pankreas radang pada apendiks Gangguan yang menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal adal...

Pembahasan Soal:

Gangguan yang menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal adalah 1 dan 2. Radang pada nefron disebut dengan nefritis, umumnya disebabkan oleh infeksi mikroorganisme pada bagian glomerolus. Kekurangan hormon antidiuretik akan mengakibatkan kelainan berupa diabetes insipidus, dimana urin yang diproduksi sangat banyak dan encer.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Jelaskan gangguan pada sistem ekskresi Netritis!

Pembahasan Soal:

Nefritis merupakan peradangan yang terjadi pada nefron ginjal yang dapat disebabkan oleh infeksi mikroorganisme. Bagian nefron yang sering mengalami peradangan yaitu glomerolus, sehingga proses filtrasi darah menjadi terganggu dan akan mengakibatkan menumpuknya air di tubuh yang sering disebut dengan oedema.space space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar nefron berikut ini! Jika terjadi kerusakan pada gambar berlabel X akan mengakibatkan gangguan yang disebut....

Pembahasan Soal:

Gambar yang berlabel X adalah glomerulus yang berfungsi sebagai penyaringan eritrosit. Jika glomerulus mengalami gangguan, tubuh akan mengalami penyakit nefritis atau gagal ginjal karena glomerulus tidak dapat menyaring eritrosit dengan baik sehingga membiarkan senyawa seperti protein hingga eritrosit itu sendiri tetap berada pada urine primer.undefined 

Jadi, jika berlabel X mengalami gangguan maka akan memicu munculnya penyakit nefritis.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved