Iklan

Iklan

Pertanyaan

Keadaan di dalam gua begitu gelap, hanya ada celah kecil, sehingga hanya seberkas sinar yang dapat masuk ke dalam gua. Dari celah tersebut, Suri Ikun dapat melihat dua ekor anak burung yang kelaparan. Melihat hal itu, Suri Ikun iba hati dan membagi separuh makanannya dengan kedua anak burung rajawali tersebut. Singkat cerita, kedua anak burung tersebut telah tumbuh menjadi burung yang sangat besar dan kuat. Mereka merasa berhutang budi pada kebaikan Suri Ikun yang telah memberinya makan. Mereka ingin membebaskan Suri Ikun dari tawanan hantu-hantu hutan. Ketika hantu-hantu itu membuka pintu gua, dua burung besar yang telah bersiap di belakang pintu dan langsung menerjangnya. Beberapa kali terjangan, hantu-hantu tersebut terkapar tidak berdaya. Terbukalah jalan untuk membawa Suri Ikun keluar dari gua. Kemudian, pintu dibuka lebar dan mereka menerbangkan Suri Ikun keluar gua sampai jauh dan akhirnya hinggap di atas sebuah bukit. Kedua burung rajawali tersebut ternyata bukan sembarang burung. Mereka memiliki kekuatan gaib sebagai burung titisan dewa. Berkat kekuatan gaib yang dimiliki kedua ekor burung tersebut, dalam sekejap terciptalah istana disertai pengawal dan pelayannya. Suri Ikun sangat takjub dan merasa ingin tinggal di istana di atas bukit tersebut. Akhirnya, Suri Ikun memutuskan untuk tinggal dan menetap di bukit. Suri Ikun hidup berbahagia, telah menemukan tempat tinggal yang nyaman, dan terbebas dari kedengkian saudara-saudaranya. Amanat dari kutipan cerita tersebut adalah ....

Keadaan di dalam gua begitu gelap, hanya ada celah kecil, sehingga hanya seberkas sinar yang dapat masuk ke dalam gua. Dari celah tersebut, Suri Ikun dapat melihat dua ekor anak burung yang kelaparan. Melihat hal itu, Suri Ikun iba hati dan membagi separuh makanannya dengan kedua anak burung rajawali tersebut. Singkat cerita, kedua anak burung tersebut telah tumbuh menjadi burung yang sangat besar dan kuat. Mereka merasa berhutang budi pada kebaikan Suri Ikun yang telah memberinya makan. Mereka ingin membebaskan Suri Ikun dari tawanan hantu-hantu hutan.

Ketika hantu-hantu itu membuka pintu gua, dua burung besar yang telah bersiap di belakang pintu dan langsung menerjangnya. Beberapa kali terjangan, hantu-hantu tersebut terkapar tidak berdaya. Terbukalah jalan untuk membawa Suri Ikun keluar dari gua. Kemudian, pintu dibuka lebar dan mereka menerbangkan Suri Ikun keluar gua sampai jauh dan akhirnya hinggap di atas sebuah bukit. Kedua burung rajawali tersebut ternyata bukan sembarang burung. Mereka memiliki kekuatan gaib sebagai burung titisan dewa. Berkat kekuatan gaib yang dimiliki kedua ekor burung tersebut, dalam sekejap terciptalah istana disertai pengawal dan pelayannya. Suri Ikun sangat takjub dan merasa ingin tinggal di istana di atas bukit tersebut. Akhirnya, Suri Ikun memutuskan untuk tinggal dan menetap di bukit.

Suri Ikun hidup berbahagia, telah menemukan tempat tinggal yang nyaman, dan terbebas dari kedengkian saudara-saudaranya.

Amanat dari kutipan cerita tersebut adalah ....

  1. Jangan pernah berurusan dengan hantu

  2. Kebaikan yang kita berikan pasti akan mendapat kebaikan juga

  3. Rajawali adalah burung yang kuat karena dapat mengalahkan hantu

  4. Kita harus selalu menolong rajawali yang kelaparan

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Iklan

Pembahasan

Amanat dari kutipan cerita tersebut adalah kebaikan yang kita berikan pasti akan berbalas kebaikan juga. Hal tersebut dapat kita lihat pada kebaikan Suri Ikun dengan memberikan makanan pada burung yang kelaparan. Burung itu kemudian bertambah besar dan kuat. Burung itu kemudian menyelamatkan Suri Ikun dan memberikannya istana yang megah. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Amanat dari kutipan cerita tersebut adalah kebaikan yang kita berikan pasti akan berbalas kebaikan juga. Hal tersebut dapat kita lihat pada kebaikan Suri Ikun dengan memberikan makanan pada burung yang kelaparan. Burung itu kemudian bertambah besar dan kuat. Burung itu kemudian menyelamatkan Suri Ikun dan memberikannya istana yang megah. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Latihan Bab

Mengenal Buku Sastra

18

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada suatu hari, ada seorang nelayan miskin yang tinggal di dekat pantai. Ia menggantungkan hidupnya dari hasil melaut. Terkadang ia bisa mendapatkan banyak ikan. Namun, ia juga sering tak mendapatkan...

129

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia