Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kawat lurus yang panjangnya 10 cm dialiri arus sebesar 4 A kawat tersebut terletak pada daerah yang terinduksi medan magnet sebesar 4 × 1 0 − 1 m 2 wb ​ . Gaya Lorentz yang timbul adalah...

Kawat lurus yang panjangnya 10 cm dialiri arus sebesar 4 A kawat tersebut terletak pada daerah yang terinduksi medan magnet sebesar  . Gaya Lorentz yang timbul adalah... 

  1. begin mathsize 14px style 1 cross times 10 to the power of negative 2 end exponent space straight N end style 

  2. begin mathsize 14px style 1 comma 6 cross times 10 to the power of negative 2 end exponent space straight N end style 

  3. Error converting from MathML to accessible text. 

  4. Error converting from MathML to accessible text. 

  5. Error converting from MathML to accessible text. 

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gaya Lorentz yang timbul adalah (Tidak ada jawaban).

gaya Lorentz yang timbul adalah bold italic F bold equals bold 1 bold comma bold 6 bold cross times bold 10 to the power of bold minus bold 1 end exponent bold space bold N (Tidak ada jawaban).

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Diketahui: L I B ​ = = = ​ 10 cm = 0 , 1 m 4 A 4 × 1 0 − 1 m 2 wb ​ ​ Ditanya: Penyelesaian : Gaya lorentz atau gaya magnet yang dialami oleh kawat lurus berarus listrik yang berada dalam daerah yang terinduksi medan magnet dapat dirumuskan sebagai berikut: F = B ⋅ I ⋅ L ⋅ sin ( θ ) sudut θ adalah sudut yang dibentuk oleh medan magnet B dan arus listirk I. Pada soal tidak diketahui sudut θ tersebut, sehingga kita bisa asumsikan bahwa B dan I tegak lurus, sehingga nilai sin 90 o sama dengan 1. Sehingga, gaya Lorentz yang timbul dapat dicari dengan persamaan : F F F ​ = = = ​ B ⋅ I ⋅ L 4 × 1 0 − 1 ⋅ 4 ⋅ 0 , 1 1 , 6 × 1 0 − 1 N ​ Jadi, gaya Lorentz yang timbul adalah (Tidak ada jawaban).

Diketahui:
 

Ditanya: F equals... ? 
Penyelesaian :

Gaya lorentz atau gaya magnet yang dialami oleh kawat lurus berarus listrik yang berada dalam daerah yang terinduksi medan magnet dapat dirumuskan sebagai berikut:

sudut  adalah sudut yang dibentuk oleh medan magnet B dan arus listirk I. Pada soal tidak diketahui sudut  tersebut, sehingga kita bisa asumsikan bahwa B dan I tegak lurus, sehingga nilai sin 90o sama dengan 1. Sehingga, gaya Lorentz yang timbul dapat dicari dengan persamaan :

 

Jadi, gaya Lorentz yang timbul adalah bold italic F bold equals bold 1 bold comma bold 6 bold cross times bold 10 to the power of bold minus bold 1 end exponent bold space bold N (Tidak ada jawaban).

522

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah kawat tembaga sepanjang 20 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 4 tesla, hitunglah gaya Lorentz yang timbul!

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia