Roboguru

Kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf kapital ditandai nomor ....

Pertanyaan

Kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf kapital ditandai nomor ....space 

Pembahasan Soal:

Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), huruf kapital digunakan untuk:

  1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Misalnya: Dia membaca buku.
  2. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat setelah petikan langsung.
  3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam kata dan ungkapan yang berhubungan dengan agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan. Misalnya: Bimbinglah hamba-Mu, ya Tuhan, ke jalan yang Engkau beri rahmat.
  4. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang. Misalnya: Sultan Hasanuddin
  5. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan yang diikuti nama orang, nama instansi, atau nama tempat yang digunakan sebagai pengganti nama orang tertentu. Misalnya: Wakil Presiden Adam Malik
  6. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama jabatan atau nama instansi yang merujuk kepada bentuk lengkapnya. Misalnya: Sidang itu dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia.
  7. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur unsur nama orang. Misalnya: Dewi Sartika
  8. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama singkatan nama orang yang digunakan sebagai nama jenis atau satuan ukuran. Misalnya: N --> Newton
  9. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Misalnya: bahasa Indonesia.
  10. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari raya. Misalnya: tahun Hijriah
  11. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama peristiwa sejarah. Misalnya: Perang Dunia I
  12. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama diri geografi. Misalnya: Banyuwangi, Asia Tenggara
  13.  Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi. Misalnya: Bukit Barisan, Danau Toba
  14. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya. Misalnya: asinan Bogor
  15. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua unsur nama resmi negara, lembaga resmi, lembaga ketatanegaraan, badan, dan nama dokumen resmi, kecuali kata tugas, seperti dan, oleh, atau, dan untuk. Misalnya: Republik Indonesia, Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 1972
  16. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap unsur bentuk ulang sempurna yang terdapat pada nama lembaga resmi, lembaga ketatanegaraan, badan, dokumen resmi, dan judul karangan. Misalnya: Perserikatan Bangsa-Bangsa
  17. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur kata ulang sempurna) di dalam judul buku, majalah, surat kabar, dan makalah, kecuali kata tugas seperti di, ke, dari, dan, yang, dan untuk yang tidak terletak pada posisi awal. Misalnya: Saya telah membaca buku Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma.
  18. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan yang digunakan dengan nama diri. Misalnya: Dr.  --> doktor
  19. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata Anda yang digunakan dalam penyapaan. Misalnya: Sudahkah Anda tahu?
  20. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama pada kata, seperti keterangan, catatan, dan misalnya yang didahului oleh pernyataan lengkap dan diikuti oleh paparan yang berkaitan dengan pernyataan lengkap itu.

Kata Presiden Soekarno merupakan nama jabatan yang diikuti nama orang sehingga penulisannya sudah benar jika ditulis dengan huruf kapital tiap awal kata. Kata Satpol PP merupakan lembaga resmi pemerintah daerah sehingga ditulis menggunakan huruf kapital tiap awal kata. Kata Lapangan Monas merupakan unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi sehingga ditulis menggunakan huruf kapital.

Jadi, kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf kapital ditandai nomor 2, 3, dan 4.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Febriyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikilah kalimat-kalimat di atas menjadi kalimat yang baik dan benar !

Pembahasan Soal:

Kalimat yang baik dan benar adalah kalimat yang dapat diterima oleh pembaca dengan menggunakan kaidah yang tepat. Kaidah yang dimaksud misalnya ejaan, tata bahasa, bahkan kalimat yang efektif. Kesalahan dalam kalimat-kalimat di atas adalah:

  • Penggunaan huruf kapital untuk nama bulan, jalan, dan nama kota/kabupaten pada kalimat Kebakaran telah terjadi pada 18 januari 2021 tepat pukul 17.00 di jalan mangga, pekalongan. Perbaikan kalimat tersebut adalah Kebakaran telah terjadi pada 18 Januari 2021 tepat pukul 17.00 di Jalan Mangga, Pekalongan.
  • Ejaan kepolisisan pada kalimat Menurut hasil penyelidikan pihak kepolisisan, kejadian diakibatkan hubungan arus pendek dari rumah salah satu warga. Perbaikan yang sesuai ejaan adalah kepolisian.
  • Penggunaan konjungsi sehingga pada kalimat Sehingga terjadi kemacetan arus lalu lintas selama 1 jam. Konjungsi sehingga tidak digunakan sebagai kata hubung antar kalimat, melainkan kata hubung intrakalimat.
  • Penulisan kalimat efektif pada kalimat Ratusan juta rupiah diperkirakan harta benda yang terbakar. Kalimat tersebut bermakna kerugian yang diakibatkan kebakaran itu.

Dengan demikian, perbaikan kalimat-kalimat di atas menjadi kalimat yang baik dan benar adalah Kebakaran telah terjadi pada 18 Januari 2021 tepat pukul 17.00 di Jalan Mangga, Pekalongan. Api sangat cepat menjalar dan menghanguskan rumah-rumah warga. Menurut hasil penyelidikan pihak kepolisian, kejadian diakibatkan hubungan arus pendek dari rumah salah satu warga. Puluhan mobil pemadam dikerahkan sehingga terjadi kemacetan arus lalu lintas selama 1 jam. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah dari harta benda yang terbakar.space

0

Roboguru

Penggunaan huruf kapital yang tidak tepat terdapat pada kalimat nomor ...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut merupakan kutipan dari teks berita. Teks berita adalah teks yang berisi atau memberitakan segala peristiwa yang terjadi di dunia. Teks berita disebarkan melalui berbagai media seperti radio, televisi, internet, situs web, ataupun media yang lainnya.

Penggunaan huruf kapital yang tidak tepat terdapat pada kalimat nomor (2) dan (3), berdasarkan kutipan berikut:

(2) Tak banyak yang tahu bahwa banjir di kabupaten Bekasi, jawa Barat jauh lebih gawat. (3) Hingga kini banjir di bekasi masih belum surut seluruhnya.

Seharusnya menjadi:

(2) Tak banyak yang tahu bahwa banjir di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat jauh lebih gawat. (3) Hingga kini banjir di Bekasi masih belum surut seluruhnya.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Bacalah kalimat berikut!  Hari Selasa dilaksanakan pertemuan Presiden dengan Para Gubernur di Istana Bogor.  Kesalahan penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Berikut adalah beberapa kaidah penulisan huruf kapital menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia:

  1. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya.
  2. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi.
  3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.

Berdasarkan kaidah tersebut, kesalahan penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah “Presiden”, “Para”, dan “Gubernur”.


Dengan demikian, kesalahan penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah “Presiden”, “Para”, dan “Gubernur”.space  

0

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut! Rumah Sakit Dr. Kanujoso menerima pasien rujukan dari puskesmas dan yang langsung tanpa rujukan. Perbaikan penulisan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Singkatan untuk profesi dokter adalah dr. (huruf /d/ kecil dan diakhiri titik). Kemudian, rumah sakit yang diikuti nama diri harus diawali dengan huruf kapital. Selain itu, kata puskesmas tidak perlu diawali huruf kapital jika tidak diikuti oleh nama diri. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Penulisan huruf kapital yang tidak sesuai dengan aturan EYD terdapat dalam kalimat ....

Pembahasan Soal:

EYD adalah Ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Dalam penggunaan huruf kapital, ada beberapa kaidahnya, khususnya penggunaan dalam nama geografi, yaitu:

  • Huruf pertama nama geografi yang bukan nama diri tidak ditulis dengan huruf kapital.
  • Huruf pertama nama diri geografi yang dipakai sebagai nama jenis tidak ditulis dengan huruf kapital.

Oleh karena itu, penulisan huruf kapital yang tidak sesuai dengan aturan EYD terdapat dalam kalimat "Dalam beberapa menit lebih dari 200-an rumah di Kawasan Cianjur, Jawa Barat, porak-poranda akibat angin puting beliung."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved