Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut!


Prestasi gemilang tidak hanya dapat diraih dalam bidang akademik [...] nonakademik. Sekolah kami memang kurang menonjol dalam bidang akademik. Siswa di sekolah kami memang jarang dikirim mengikuti olimpiade pelajar di berbagai tingkat. Namun, kebanggaan lain kami peroleh dari bidang nonakademik, seperti olahraga dan kesenian. [...] beberapa siswa di sekolah kami merupakan atlet nasional serta penyanyi dan penari profesional. undefined

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "tetapi juga" dan "bahkan" .

kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "tetapi juga" dan "bahkan".space

Iklan

Pembahasan

Teks di atas termasuk jenis teks tanggapan. Teks tanggapan atau biasa disebut teks tanggapan kritis, merupakan teks yang berisikan kritik tajam terhadap suatu hal atau persoalan mengenai kesalahan dan biasanya terjadi saat ada perdebatan. Pada dasarnya teks tanggapan kritis dibuat untuk memengaruhi, mendebat, membujuk, atau menyanggah atas suatu hal. Sehingga bahasa yang dipakai menyiratkan persuasif atau ajakan. Salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks tanggapan kritis adalah adanya penggunaan konjungsi atau kata penghubung. Kata penghubung atau konjungsi adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan, atau kalimat-kalimat. Kata penghubung itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu: Konjungsi antarkalimat merupakan kata yang menyambungkan antara kalimat satu dengan kalimat yang lainnya. Sehingga setiap konjungsi ini akan membentuk kalimat yang baru. Contohnya: bahkan , namun, sebaliknya, oleh karena itu, oleh sebab itu , dan sebagainya. Konjungsi intrakalimat adalah kata yang menyambungkan klausa dengan klausa, frasa dengan frasa, dan satuan kata dengan kata. Contohnya: padahal, lalu, kemudian, sedangkan, melainkan, dan, atau, tetapi, tidak hanya-tetapi juga , tidak hanya-bahkan , bukannya-melainkan, jangankan-melainkan, sedemikian rupa-sehingga, dan sebagainya. Berikut ini adalah analisis penggunaan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks di atas, yaitu: Kata penghubung yang digunakan untuk melengkapi teks rumpang pertama di atas yang berbunyi "Prestasi gemilang tidak hanya dapat diraih dalam bidang akademik [...] nonakademik." adalah kata penghubung jenis intrakalimat karena kata hubung tersebut menyambungkan antara kata dengan kata. Adapun kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "tetapi juga" karena memiliki hubungan dengan kata sebelumnya. Kata penghubung yang digunakan untuk melengkapi teks rumpang kedua di atas yang berbunyi "[...] beberapa siswa di sekolah kami merupakan atlet nasional serta penyanyi dan penari profesional." adalah kata penghubung jenis antarkalimat karena terdapat pada kalimat yang baru. Adapun kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "bahkan" karena menunjukkan sebuah penguatan atau bermakna lebih. Berdasarkan analisis di atas, secara keseluruhan teks tersebut berbunyi "Prestasi gemilang tidak hanya dapat diraih dalam bidang akademik tetapi juga nonakademik. Sekolah kami memang kurang menonjol dalam bidang akademik. Siswa di sekolah kami memang jarang dikirim mengikuti olimpiade pelajar di berbagai tingkat. Namun, kebanggaan lain kami peroleh dari bidang nonakademik, seperti olahraga dan kesenian. Bahkan beberapa siswa di sekolah kami merupakan atlet nasional serta penyanyi dan penari profesional. Dengan demikian, kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "tetapi juga" dan "bahkan" .

Teks di atas termasuk jenis teks tanggapan. Teks tanggapan atau biasa disebut teks tanggapan kritis, merupakan teks yang berisikan kritik tajam terhadap suatu hal atau persoalan mengenai kesalahan dan biasanya terjadi saat ada perdebatan. Pada dasarnya teks tanggapan kritis dibuat untuk memengaruhi, mendebat, membujuk, atau menyanggah atas suatu hal. Sehingga bahasa yang dipakai menyiratkan persuasif atau ajakan.

Salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks tanggapan kritis adalah adanya penggunaan konjungsi atau kata penghubung. Kata penghubung atau konjungsi adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan, atau kalimat-kalimat.

Kata penghubung itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Konjungsi antarkalimat merupakan kata yang menyambungkan antara kalimat satu dengan kalimat yang lainnya. Sehingga setiap konjungsi ini akan membentuk kalimat yang baru. Contohnya: bahkan, namun, sebaliknya, oleh karena itu, oleh sebab itu, dan sebagainya.
  • Konjungsi intrakalimat adalah kata yang menyambungkan klausa dengan klausa, frasa dengan frasa, dan satuan kata dengan kata. Contohnya: padahal, lalu, kemudian, sedangkan, melainkan, dan, atau, tetapi, tidak hanya-tetapi juga, tidak hanya-bahkan, bukannya-melainkan, jangankan-melainkan, sedemikian rupa-sehingga, dan sebagainya.

Berikut ini adalah analisis penggunaan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks di atas, yaitu:

  • Kata penghubung yang digunakan untuk melengkapi teks rumpang pertama di atas yang berbunyi "Prestasi gemilang tidak hanya dapat diraih dalam bidang akademik [...] nonakademik." adalah kata penghubung jenis intrakalimat karena kata hubung tersebut menyambungkan antara kata dengan kata. Adapun kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "tetapi juga" karena memiliki hubungan dengan kata sebelumnya.
  • Kata penghubung yang digunakan untuk melengkapi teks rumpang kedua di atas yang berbunyi "[...] beberapa siswa di sekolah kami merupakan atlet nasional serta penyanyi dan penari profesional." adalah kata penghubung jenis antarkalimat karena terdapat pada kalimat yang baru. Adapun kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "bahkan" karena menunjukkan sebuah penguatan atau bermakna lebih.

Berdasarkan analisis di atas, secara keseluruhan teks tersebut berbunyi "Prestasi gemilang tidak hanya dapat diraih dalam bidang akademik tetapi juga nonakademik. Sekolah kami memang kurang menonjol dalam bidang akademik. Siswa di sekolah kami memang jarang dikirim mengikuti olimpiade pelajar di berbagai tingkat. Namun, kebanggaan lain kami peroleh dari bidang nonakademik, seperti olahraga dan kesenian. Bahkan beberapa siswa di sekolah kami merupakan atlet nasional serta penyanyi dan penari profesional.


Dengan demikian, kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah kata "tetapi juga" dan "bahkan".space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

87

syahrul Colling

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tulislah dua kaidah/ciri kebahasaan teks tanggapan beserta bukti/data pendukung yang terdapat pada paragraf di atas!

113

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia