Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut. 


    Di dalam dunia tumbuh-tumbuhan, dikenal kelompok monokotil dan dikotil. Monokotil merupakan tumbuhan biji berkeping satu. Adapun dikoti ialah tumbuhan biji berkeping dua. Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang memiliki biji tunggal atau tidak terbelah. Ciri-ciri tumbuhan monokotil antara lain berbiji tunggal atau berkeping satu, tidak membelah saat berkecambah, akarnya serabut, daunnya berbentuk halus, dan bertulang sejajar. Contoh tumbuhan monokotil adalah jagung, kunyit, jahe, anggrek pisang, nanas, kelapa, dan padi. Sementara itu, tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang bijinya berkeping dua. Ciri-ciri tumbuhan dikotil, antara lain memiliki biji berkeping dua, membelah saat berkecambah, berakar tunggang, memiliki batang bercabang, dan tulang daunnya berbentuk oval atau berjari. Contoh tumbuhan dikotil adalah tumbuhan bergetah, seperti tanaman karet, pohon jarak, tumbuhan kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang panjang, cabai, tomat, bunga matahari, lamtoro, putri malu, jengkol, kakao, dan cabai.

(Sumber: Detik.com)space  

Kata kunci yang digunakan untuk mengembangkan paragraf tersebut adalah ....space 

  1. tumbuh-tumbuhan - kelompok - berbiji - ciri-ciri - berjenisspace  space 

  2.  tumbuh-tumbuhan - dikotil - monokotil - seperti - merupakanspace  

  3. tumbuh-tumbuhan - dikotil - monokotil - contoh - biji - bungaspace  space 

  4. tumbuh-tumbuhan - monokotil - dikotil - ciri monokotil - ciri dikotilspace  

  5. tumbuh-tumbuhan - dikenal - berbiji berbunga - contohnyaspace 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.space ​​​​

Pembahasan

Kata Kunci adalah unsur penting setiap paragraf. Dalam paragraf setiap teks, kita juga dapat mencari kata kunci yang dimuat dalam ide pokok setiap paragraf.

Cara menemukan kata kunci dalam sebuah paragraf adalah :

  1. Mencari kata yang diulang. Salah satu ciri kata kunci dalam paragraf adalah penggunaannya yang diulang dan dituliskan berkali-kali.
  2. Mencari dalam ide pokok. Kata kunci juga akan ditemukan dalam ide pokok karena kata kunci menjadi unsur penting paragraf dan karena ide pokok berisikan kalimat penting paragraf, salah satunya kata kunci.
  3. Kata kunci bisa ditulis dengan kata ganti lain. Kata ganti untuk kata kunci ini dituliskan dengan beberapa tujuan pada paragraf itu.Tujuan pertama adalah untuk menghemat penggunaan kata, terlebih kalau kata kunci terdiri lebih dari satu kata.Tujuan kedua adalah mempertegas atau memperjelas pembaca mengenai pentingnya kata-kata itu dalam paragraf.undefined 

Pada paragraf di atas, kata kunci yang sesuai adalah tumbuh-tumbuhan - monokotil - dikotil - ciri monokotil - ciri dikotil. Kata-kata tersebut sebagai kata kunci karena kata tersebut diulang dan menjadi unsur penting paragraf.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space ​​​​

29

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Osteoporosis (penipisan tulang) memang suatu risiko terjadinya fraktur (tulang patah). Namun, fraktur tidak hanya terjadi karena osteoporosis. Ada beberapa faktor lain yang dapat mempermudah terjadiny...

30

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia