Roboguru

Kata kunci dari bacaan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Kata kunci dari bacaan tersebut adalah ....space

Pembahasan Soal:

Kata kunci adalah kata atau ungkapan yang mewakili sebuah konsep dari keseluruhan teks. Kata kunci menjadi kata-kata yang penting dalam suatu paragraf. Kata-kata penting yang mewakili keseluruhan paragraf tersebut berkaitan dengan jenis sampah yaitu sampah anorganik dan sampah organik. Dalam kalimat selanjutnya, perbedaan sampah anorganik dan organik dijelaskan dari segi terurai dan tidak terurai, serta pengolahan sampah anorganik

Dengan demikian, kata kunci dari bacaan tersebut adalah sampah anorganik dan sampah organik.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

lstilah yang terdapat dalam teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang bertujuan memberikan informasi mengenai suatu objek atau situasi setelah dilakukan penelitian secara sistematis. Teks laporan hasil observasi memiliki ciri kebahasaan. Salah satunya penggunaan istilah. Penggunaan istilah merupakan kata atau gabungan kata yang mengungkapkan makna konsep, keadaan, sifat, atau proses dalam bidang tertentu. 

Teks laporan hasil observasi di atas berisi informasi mengenai pengamatan terhadap rumput laut. Oleh karena itu, istilah yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi tersebut adalah flora, ekosistem, karang.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Makna kata etnobotani pada teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kata atau istilah teknis merupakan kata yang memiliki makna tertentu dalam suatu bidang keilmuan. Kata etnobotani merupakan bidang ilmu botani mengenai pemanfaatan tumbuh-tumbuhan dalam keperluan kehidupan sehari-hari dan adat suku bangsa.

Jadi, makna kata etnobotani pada teks tersebut adalah museum yang berisi pemanfaatan tumbuh-tumbuhan dalam keperluan kehidupan sehari-hari dan adat suku bangsa.space 

0

Roboguru

Temukan istilah dan kalimat definisi dalam teks laporan hasil observasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Beberapa kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah penggunaan istilah dan kalimat definisi.

Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Pada teks di atas, istilah yang digunakan adalah obesitas, diabetes, osteoporosis.

Kalimat definisi adalah kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang suatu hal atau istilah yang biasanya menggunakan kata adalah, ialah, merupakan, yakni, yaitu. Salah satu kalimat definisi yang terdapat pada teks di atas adalah "Jalan kaki merupakan salah satu olahraga murah dan ringan."

Dengan demikian, istilah yang digunakan pada teks di atas adalah obesitas, diabetes, osteoporosis. Kalimat definisi yang terdapat pada teks di atas adalah "Jalan kaki merupakan salah satu olahraga murah dan ringan."space 

0

Roboguru

Di bawah ini merupakan salah satu istilah yang terdapat dalam teks soal di atas tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang disusun berdasarkan hasil pengamatan suatu objek, peristiwa, dan sebagainya.

Teks laporan hasil observasi memiliki kaidah kebahasaan sebagai berikut. 

  • Penggunaan kalimat definisi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi yaitu kalimat kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; batasan.
  • Penggunaan sinonim, yaitu kata-kata yang memiliki persamaan makna.
  • Penggunaan antonim, yaitu kata-kata yang memiliki makna yang berlawanan.
  • Penggunaan konjungsi (kata hubung), yaitu kata-kata yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, misalnya kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat.
  • Penggunaan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur kalimat.
  • Penggunaan kalimat simpleks, yaitu kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur kalimat.
  • Penggunaan istilah, yaitu kata-kata yang bersifat keilmuan atau teknis.
  • Penggunaan data atau angka
  • Penggunaan kalimat baku

Salah satu kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah penggunaan istilah. Pada kutipan tersebut terdapat kalimat, “Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan.” Salah satu istilah yang terdapat dalam teks tersebut adalah berkembang biak. Kata tersebut merupakan salah satu istilah bidang biologi yang memiliki makna bertambah banyak (tentang tanaman, ternak, piaraan, dan sebagainya).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.  

0

Roboguru

Dilihat dari istilah-istilah yang digunakan, wacana tersebut berhubungan dengan masalah peternakan ....

Pembahasan Soal:

Istilah adalah kata yang penggunaannya khusus pada bidang tertentu. Kalimat di atas menggunakan kata khusus yang berkaitan dengan bidang peternakan atau disebut istilah peternakan. Peternakan itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai pemeliharaan dan pembiakan ternak.

Berikut ini adalah analisis penggunaan istilah peternakan yang terdapat pada wacana tersebut, yaitu:

  1. Pada kalimat pertama yang berbunyi "Timbulnya virus tetelo yang menyerang sebagian ternak di Jawa disebabkan oleh beberapa faktor." terdapat istilah peternakan tepatnya pada kata "tetelo".
  2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tetelo adalah penyakit menular pada unggas, disebabkan oleh virus yang sangat merugikan peternakan ayam, biasanya berjangkit pada peralihan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.
  3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), unggas itu sendiri adalah hewan bersayap, berkaki dua, berparuh, dan berbulu, yang mencakupi segala jenis burung, dapat dipiara dan diternakkan sebagai penghasil pangan (daging dan telur).
  4. Hewan sapi, kelinci, dan kambing bukan termasuk unggas karena tidak bersayap.

Berdasarkan analisis istilah peternakan di atas, maka wacana tersebut berhubungan dengan masalah peternakan unggas.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved