Roboguru

Kata kerja pasif dalam kutipan teks tersebut berjumlah ....

Pertanyaan

Kata kerja pasif dalam kutipan teks tersebut berjumlah ....space 

  1. 1 buahspace 

  2. 2 buahspace 

  3. 3 buahspace 

  4. 4 buahspace 

  5. 5 buahspace 

Pembahasan Soal:

Kata kerja pasif adalah kebalikan dari kata kerja aktif, yaitu kata kerja yang siapa yang dibicarakan (subjek) menjadi pengalam atau yang mengalami. Ciri kata kerja ini adalah terdapat awalan di- dan diper- pada bentuk kata dasarnya. Contohnya, Maling itu ditangkap oleh polisi.

Pada kalimat di atas, terdapat 4 buah kata kerja pasif, yaitu:

  1. Untuk dapat melihat gerhana matahari diperlukan teropong khusus atau media yang melindungi mata.
  2. Jika fenomena ini dilihat dengan mata telanjang, tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan.
  3. Hal ini disebabkan retina mata rusak oleh radiasi tinggi dari sinar matahari.
  4. Namun, masih ada cara lain yang bisa dilakukan agar tetap dapat menikmati gerhana matahari.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kata bentukan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Untuk mengetahui bentukan kata yang tepat, kita harus membaca paragraf secara saksama dan memahami konteks kalimat. Pada paragraf tersebut terdapat kalimat:

  • “Pada prinsipnya, hujan buatan merupakan sebuah rekayasa teknologi yang (...) dengan tujuan untuk meningkatkan dan (…) turunnya hujan.”
  • “Agar bisa terbentuk hujan buatan, diperlukan (...) awan yang memiliki kandungan air yang cukup, mempunyai kecepatan angin yang rendah, serta syarat lainnya.”

Kata bentukan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut:

  • Diterapkan bermakna dikenakan (pada); dipraktikkan
  • Mempercepat bermakna menjalankan lebih cepat dari kecepatan semula.
  • Ketersediaan bermakna kesiapan suatu sarana (tenaga, barang, modal, anggaran) untuk dapat digunakan atau dioperasikan dalam waktu yang telah ditentukan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!     Kriminalitas merupakan tindakan kejahatan yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Seorang yang melakukan tindak kriminalitas disebut kriminal. K...

Pembahasan Soal:

Kalimat keempat berisi Kriminal biasanya dilakukan oleh orang-orang yang kekurangan uang. Kalimat tersebut merupakan bentuk kalimat pasif karena terdapat bentuk kata kerja pasif, yakni dilakukan. Selain itu, kalimat tersebut dapat diubah menjadi kalimat aktif Orang-orang yang kekurangan uang biasanya melakukan kriminal.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Buktikan berdarkan kaidah-kaidah kebahasaannya bahwa teks di bawah ini merupakan bagian dari teks eksplanasi!

Pembahasan Soal:

    Berdasarkan kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama dengan kaidah teks prosedur. Sebagai teks yang berkategori faktual (nonsastra), teks eksplanasi banyak menggunakan kata yang bermakna denotatif. Sebagai teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologi, teks tersebut banyak menggunakan konjungsi kausalitas ataupun kronologi.

  • Konjungsi kausalitas, antara lain menggunakan kata sebab, karena, oleh karena itu, oleh sebab itu, sehingga

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Kerusakan terbesar terjadi saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar.

  • Konjungsi kronologis (hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, setelah, pada akhirnya.

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar.

  • Teks eksplanasi pun sering menggunakan kata ganti yang bukan berupa persona atau merujuk pada jenis fenomena yang dijelaskan. Kata ganti yang digunakan untuk fenomenanya itu berupa kata benda, baik konkret maupun abstrak, seperti demonstrasi, banjir, gerhana, embrio, kesenian daerah; dan bukan kata ganti orang, seperti ia, dia, mereka. Karena objek yang dijelaskannya itu berupa fenomena, tidak berbentuk persona (nonhuman participation).

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Tsunami adalah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti 'pelabuhan' dan 'gelombang'.

  • Dalam teks eksplanasi pun banyak ditemukan kata kerja pasif. Hal itu, seperti kata terlihat, terwujud, terbagi, terakhir, dimulai, ditimbun, dan dilahirkan.

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Selain itu, tidak semua letusan gunung merapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan tsunami.space

  • Di dalam teks itupun terdapat kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahas.

Bukti kalimat dalam teks yang berjudul "Tsunami"

Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gempa atau gunung merapi mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut akibat gempa.

    Sebuah teks dapat dikatakan teks eksplanasi apabila menggunakan kebahasaan yang ada di dalam teks eksplanasi, seperti menggunakan konjungsi kausalitas dan kronologi, mengginakan kata denotatif (makna sebenarnya), menggunakan kata teksni (peristilahan), serta menggunakan kata kerja pasif.

    Dengan demikian, teks yang berjudul "Tsunami" merupakan salah satu jenis teks eksplanasi.space

 

0

Roboguru

Setelah pembelajaran di kelas berakhir, kepala sekolah bersama guru-guru mengadakan rapat. Dalam rapat itu membicarakan kelulusan siswa kelas XII. Perbaikan kalimat tidak efektif yang bercetak miring...

Pembahasan Soal:

Kalimat tersebut dikatakan tidak efektif karena menggunakan kata kerja berimbuhan yang tidak tepat. Kata membicarakan seharusnya diubah menjadi dibicarakan, sehingga kalimatnya menjadi "Dalam rapat itu dibicarakan kelulusan siswa kelas XII." Kalimat tersebut akan menjadi efektif apabila verba aktf membicarakan diubah menjadi pasif dibicarakan. 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!     Perilaku menyimpang adalah perbuatan, tingkah laku, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma di dalam masyarakat. Dalam ...

Pembahasan Soal:

Penggunaan kalimat yang dominan dalam kutipan teks tersebut adalah kalimat pasif. Kalimat pasif terdapat pada kalimat 2, 3, dan 4. Kalimat tersebut merupakan kalimat pasif karena menggunakan kata kerja pasif sebagai predikat. Kalimat 2 menggunakan kata kerja dijumpai. Kalimat 3 menggunakan kata kerja disebut. Kalimat 4 menggunakan kata kerja disebut. Kalimat 1 merupakan kalimat aktif karena masih menggunakan kata kerja aktif dalam kalimat tersebut. undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved